03 September 2017

TUNAIKU.COM – Setiap buka Instagram, isi timeline saya adalah foto aneka tanaman, mulai dari sayuran hingga bunga. Maklum saja, saya memang mengikuti banyak akun berkebun di Indonesia hingga Jepang. Saya nggak mau dong ketinggalan tren berkebun di dunia.

 

Selain memang hobi berkebun, perjuangan teman-teman urban gardening ini memang patut diacungi jempol. Komunitas berkebun yang saya ikuti sering sering mengadakan acara adopsi tanaman dalam misi penghijauan. Ada pula yang memberikan giveaway bibit tanaman dengan tujuan agar budaya budaya berkebun makin berkembang. Harapannya, nanti masyarakat Indonesia bisa menjadi bagian dari misi ketahanan pangan.

 

Lalu, yang paling menarik adalah bisnis tanaman makin diminati. Mulai dari alat berkebun, bibit, hingga tanaman hidup bisa kamu beli secara online. Beberapa minggu yang lalu, salah satu teman kantor saya baru saja membeli kaktus satu kardus secara online.

 

Setelah melihat fakta ini, ternyata tanaman memang nggak sebatas menjadi penghias rumah semata ya. Karena terdapat berbagai jenis tanaman yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal. Inilah 5 jenis tanaman rumah yang bermanfaat bahkan bisa dijadikan bisnis!

 

1. Tanaman untuk penghias rumah

Sesuai dengan namanya, kamu bisa memanfaatkan aneka tanaman hias untuk mempercantik kebun di rumahmu, lho! Bahkan, ada berbagai jenis tanaman rumah seperti kaktus yang sering dijadikan hiasan ruangan. Kaktus memang nggak memerlukan perawatan khusus dan nggak harus disiram setiap hari.

 

Kamu siram beberapa hari sekali saja nggak akan rewel, kok. Apalagi nih, sekarang makin banyak model kaktus yang unik dan cantik. Teman saya pun membeli banyak kaktus mini untuk menghiasi kafe barunya. Nah, sudah tahu sendiri kan kalau tanaman hias memang memberikan nilai estetika pada suatu ruangan? Selain kaktus, kamu juga bisa membeli bunga mawar, anggrek, hingga alamanda untuk menambah koleksi kebunmu.

 

Artikel terkait: Memulai Usaha dari Hobi

  1. Jastip Alias Jasa Titip Bisa Jadi Peluang Bisnis Menguntungkan!
  2. Ibu Rumah Tangga yang Hobi Belanja Murah Bisa Coba Usaha Ini
  3. Tahukah Kamu 5 Hobi Receh ini Bisa Menghasilkan Uang Banyak!

 

2. Tanaman pengusir serangga

Beberapa hari yang lalu, saya dapat telepon dari rumah. Ibu saya begitu bersemangat untuk bercerita kalau misi kami menanam sereh wangi berhasil! Karena rumah kami berada di area pegunungan, maka setiap malamnya selalu diserang oleh nyamuk. Saya pun enggan untuk memakai produk kimia untuk mengusir nyamuk demi alasan kesehatan.

 

Alhasil, kami sekeluarga memutuskan untuk menanam sereh wangi. Sereh wangi memang berkhasiat untuk mengusir nyamuk. Dan setelah kami coba, ternyata sukses besar. Kami sudah berhenti memakai bahan kimia untuk mengusir nyamuk. Bau daun sereh memang nggak disukai oleh nyamuk.

 

Tipsnya adalah ambil beberapa helai batang atau daun sereh wangi, potong-potong dan letakkan di area yang banyak nyamuknya. Lama-kelamaan, nyamuk akan meninggalkan tempat tersebut.

 

3. Tanaman organik untuk sumber penghasilan

Baru pindah ke rumah baru.. . . #hidroponikpemula #hidroponik #sayuranorganik #tanamanorganik

A post shared by Rano Karno (@si.rano) on

Kini model berbisnis sayuran organik makin marak lho! Meningkatnya jumlah kelas menengah diikuti oleh kesadaran untuk memilih sayuran sehat. Aneka tanaman sayuran seperti selada, brokoli, kangkung, bayam dan lainnya yang berlabel organik makin mudah dijumpai di supermarket. Harganya tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan sayuran umumnya.

 

Nah, inilah salah satu peluang besar untuk memulai bisnis yaitu sayuran organik. Tren pasar yang makin meningkat akan makanan sehat, membuat sayuran organik pun diburu. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis.

 

4. Tanaman herbal untuk kesehatan

Minuman herbal juga sedang diminati oleh masyarakat. Selain karena bebas kimia, aneka tanaman herbal juga dipercaya punya banyak khasiat. Misalnya adalah tanaman seperti jahe, kunyit, dan kencur. Kamu bisa menanamnya dengan mudah di area pekarangan. Kamu bisa memanennya dan mengolahnya untuk minuman kesehatan.

 

Selain minuman kesehatan, jenis tanaman ini bisa juga kok dipakai untuk bumbu dapur. Saya juga menanam kunyit dan jahe untuk kebutuhan dapur. Kalau sewaktu-waktu butuh jahe untuk memasak semur, tinggal ambil saja dari kebun pribadi. Lebih hemat dan nggak perlu repot untuk membelinya.

 

Artikel terkait: Menjalankan Hobi untuk Sumber Penghasilan

  1. Hobi Jalan-jalan Juga Bisa Menghasilkan Uang, Lho! Bagaimana Caranya?
  2. Food Blogger: Dari Hobi Foto Makanan Jadi Pekerjaan
  3. Ubah Hobi Main Game-mu Jadi Sumber Penghasilan

 

5. Tanaman untuk peredam bising

“Berderet” #pseudosasajaponica #bambujepang #fence #selasarsunaryoartspace #landscapearchitecture

A post shared by Gunawan (@gunawangunn1) on

Kalau kamu tinggal di perkotaan dan sering stres karena lingkungan yang bising, bisa mempertimbangkan jenis tanaman ini nih. Tanaman yang bermanfaat sebagai peredam suara adalah Bambu Jepang atau Ficus pumila. Tanaman ini memang dapat digunakan untuk membentengi rumahmu dari suara bising yang berasal dari lingkungan sekitar.

 

Coba saja untuk menanam Bambu Jepang di area pekarangan karena tanaman ini bisa dijadikan pagar rumah. Ukurannya yang nggak terlalu tinggi dan memiliki bentuk yang indah, membuatnya menjadi tanaman yang diminati di perkotaan. Harganya cukup terjangkau kok, mulai dari Rp30 – 60 ribu setiap rumpunnya.

 

Sekarang, kamu sudah tahu kan 5 jenis tanaman rumah yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Kini, berkebun nggak hanya diminati oleh ibu rumah tangga saja. Tetapi banyak anak muda yang mulai tertarik untuk berkebun organik dan memulai bisnis tanaman secara online. Pilih sendiri tanaman yang sesuai dengan kebutuhanmu ya!

 

pinjaman tunaiku

 


DEWI AYU NURJANAHDEWI AYU NURJANAH