Beranda > Finansial > Penting, Ini Dia 9 Tips Investasi bagi Anak Muda Berusia 20-an!

Penting, Ini Dia 9 Tips Investasi bagi Anak Muda Berusia 20-an!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Penting, Ini Dia 9 Tips Investasi bagi Anak Muda Berusia 20-an!watermark

TUNAIKU.COM – “Jika kamu nggak menemukan cara untuk menghasilkan uang saat kamu tertidur, kamu akan terus bekerja keras sampai mati.” 

 

Begitulah sebuah quote yang dikatakan oleh Warren Buffett, seorang investor andal sekaligus orang terkaya nomor 3 di dunia. Warren Buffett sendiri memulai berinvestasi sejak usia 11 tahun. Sungguh usia yang sangat muda untuk memulai investasi.

 

Cerita lainnya, teman saya saat kuliah dulu juga sudah sadar berinvestasi sejak usia muda, hingga saat kuliah dia sudah bisa menikmati hasil investasinya dan nggak kebingungan lagi saat akan membayar uang kuliah sendiri. 

 

Berinvestasi di usia muda merupakan tantangan tersendiri bagi banyak orang, apalagi jika kamu saat ini berada di usia 20an, sebuah usia yang matang untuk mulai berinvestasi. Nah, sebelum berinvestasi di usia dini, ada baiknya kamu untuk mempersiapkan diri dengan tips-tips di bawah ini, ya.

 

1. Tentukan jangka waktu investasi

Berinvestasi bisa dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Jadi, sebelum berinvestasi, kamu perlu menetapkan tujuan terlebih dahulu akan untuk apa uang investasi kamu ke depannya. Misalnya, jika kamu berinvestasi untuk tambahan uang membeli barang idaman, investasi jangka pendek adalah jawaban yang tepat. Namun, jika kamu ingin berinvestasi untuk masa depan setelah kamu pensiun nanti, disiplin berinvestasi jangka panjanglah yang harus kamu geluti.

 

2. Sesuaikan dengan kondisi keuanganmu

Berinvestasi butuh kedisiplinan menyisihkan sejumlah uang secara rutin. Nah, jika keuangan kamu setiap bulannya masih sangat terbatas akibat harus membantu keluarga, memenuhi kebutuhan hidup atau membayar cicilan, cobalah pikirkan kembali untuk berinvestasi. Namun, jangan patah semangat, kamu bisa mencoba untuk mencari tambahan penghasilan melalui pekerjaan tambahan dan uangnya digunakan untuk investasi.

 

Artikel Terkait: Investasi untuk Pemula

  1. Investor Pemula Mau Cepat Kaya? Lirik Investasi Ini yang Meningkat Setiap Tahun
  2. 5 Portal Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, Bermodal Hanya Rp100 Ribu
  3. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam

 

3. Cari banyak informasi tentang investasi

Saat ini sudah banyak cara untuk mempelajari investasi, bisa melalui internet bahkan akun media di Instagram. Kalau perlu, cari mentor dengan mengikuti seminar-seminar tentang investasi yang kredibel, agar lebih mudah dalam terjun ke dunia investasi.

 

4. Pilih investasi yang paling cocok

Jika sudah menemukan jangka waktu investasi yang kamu inginkan, kamu perlu menentukan instrumen investasi apa yang akan kamu geluti. Bisa saham, reksa dana, tabungan berjangka, deposito, emas, ataupun properti. Pahami dulu bagaimana mereka bekerja dan bersiaplah untuk fokus dalam berinvestasi.

 

5. Disiplin dalam mengatur keuangan

Saat terjun dalam dunia investasi, kamu berarti harus mendisiplinkan diri dalam mengatur keuangan untuk dialokasikan ke instrumen investasi yang sudah dipilih. Jika kamu memang serius untuk berinvestasi, saat kamu mendapatkan gaji bulanan, investasikan dulu sejumlah uang barulah kamu bisa menggunakan sisanya untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, jangan terbalik dengan menggunakan uang kamu dulu baru sisanya dialokasikan untuk berinvestasi karena nanti investasinya akan lama terkumpul.

 

6. Miliki investasi alternatif

Dunia investasi memiliki risiko, semakin tinggi risiko maka makin besar keuntungannya. Kamu juga nggak tahu bagaimana nasib uang investasi kamu ke depannya. Sehingga ada baiknya untuk berinvestasi di lebih dari satu instrumen investasi. Jadi, jika salah satunya sedang mengalami kerugian, kamu masih memiliki harapan di instrumen investasi lainnya.

 

7. Pantau investasimu

Setelah mengalokasikan sejumlah uang, selalu pantau jalannya investasi kamu, pantau juga hal-hal yang terjadi di sekitar kita, karena nggak jarang investasi akan dipengaruhi oleh kejadian-kejadian yang ada di Indonesia dan dunia. Selain itu, sering memantau jalannya investasi juga membuatmu lebih peka dalam memprediksi laju investasimu ke depannya.

 

Artikel Terkait: Kiat Mengatur Keuangan

  1. Bagaimana sih Cara Menabung Lebih Banyak? Lakukan 5 Hal Berikut!
  2. Selain Uang Tak Cepat Habis, Ini Keuntungan Nabung Deposito
  3. Kamu Bakalan Rugi Kalau Nggak Memanfaatkan Trik-trik Jitu Menabung Saham Ini!

 

8. Utamakan komitmen

Jika kamu berinvestasi, tentukan jangka waktunya dan berkomitmenlah untuk nggak mengambil uang investasi itu hingga jangka waktu yang kamu tentukan agar lebih maksimal. Biasanya, jika kamu sudah terbiasa mengambil uang investasi, nanti kamu jadi terlena dan uang investasi kamu lama-lama akan berkurang karena sering kamu pakai sebelum saatnya tiba.

 

9. Berinvestasi sejak dini

Investasi sudah semakin ngetren belakangan ini dan ada banyak kemudahan yang diberikan oleh layanan penyedia investasi. Mulai dari pendaftaran online hingga modal yang minim. Bahkan, mulai Rp100 ribu kamu sudah bisa berinvestasi. Jadi, nggak ada alasan lagi untuk nggak berinvestasi sedini mungkin, karena nanti kamu bakal menikmatinya di hari tua, sebelum kamu menyesal saat sudah tua nggak berinvestasi sejak dini.

 

Hal-hal inilah yang perlu kamu pikirkan agar lebih mantap dalam memulai investasi sejak dini. Jangan ragu untuk memulai, ya. Semoga sukses menjadi seorang investor andal!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

 

 

 

 

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett