SWARA – Pengin gaya hidup yang lebih baik? Belajarlah pada orang Jepang. Pasalnya, mereka bisa dibilang sangat baik. Selain disiplin, orang-orang Jepang juga telaten merawat diri. Termasuk soal keuangan.

 

Kamu yang sudah pernah mengunjungi Jepang mungkin sedikit lebih tahu, kalau di beberapa daerah di sana, taraf hidupnya tergolong cukup tinggi. Mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makan atau minum, tempat tinggal, bahkan yang seremeh biaya parkir sekalipun bisa bikin dompet kempis.

 

Oleh karena itu, untuk dapat bertahan hidup, kedisiplinan dan ketelatenan mengatur keuangan harus dipelihara. Prinsip hemat ini terutama dipegang teguh oleh ibu-ibu rumah tangga di Jepang.

 

Mereka sangat serius mengelola keuangan rumah tangga, meski taraf hidup sangat tinggi. Bukan pelit, mereka justru sangat berhati-hati jika sudah bicara pengeluaran. Nah, penasaran seperti apa? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

Artikel Terkait: Tips Hemat Saat Memiliki Anak

  1. 5 Fakta dan Kondisi Keuangan yang Baik Saat Usia 30an, Kamu Sudah Tepat?
  2. Ini 7 Tips Berhemat Bagi Orang Tua yang Baru Saja Memiliki Bayi
  3. Lakukan 8 Hal Ini untuk Mengatur Uang saat Usia 30-an

 

1. Gaji bulanan yang masuk selalu ditarik secara tunai agar lebih mudah dikelola

Meski sudah terdigitalisasi dan tercatat, baik pemasukan maupun pengeluaran, mudahnya mengakses pembayaran lewat debit sering kali bikin kamu nggak cermat dan bijaksana pada pengeluaran. Selain itu, potongan bulanan dan saldo mengendap juga membuat penghitungan anggaran menjadi kurang akurat.

 

Menarik semua uang yang ada dalam rekening lalu memisah-misahkannya sesuai kebutuhan ke dalam wadah khusus membuat pengelolaan uang menjadi lebih pasti. Misalnya untuk kebutuhan sehari-hari, bayar tagihan, maupun untuk tabungan. Dengan begitu, gaji bulanan akan langsung teralokasikan untuk hal-hal yang memang sudah direncanakan. Kedisiplinan dan komitmen yang kuat wajib hukumnya.

 

2. Nggak pernah lupa membuat dan membawa daftar belanjaan ketika akan berbelanja

Disadari atau nggak, belanja bulanan merupakan salah satu hal yang bikin gaji cepat terkuras. Apalagi, jika kamu berbelanja tanpa daftar belanjaan. Para ibu rumah tangga di Jepang selalu membuat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket. Maksudnya adalah untuk menghindari pembelian barang-barang di luar yang direncanakan dan kurang dibutuhkan. Saat berkeliling tanpa tujuan di supermarket, kamu akan lebih gampang tergiur diskon, promo, atau membeli sesuatu yang nggak diperlukan.

 

3. Rajin membandingkan harga

Selain membawa daftar belanjaan, ibu-ibu rumah tangga di Jepang juga nggak pernah absen membandingkan harga dengan produk sejenis sebelum memasukkannya ke dalam keranjang belanjaan.

 

4. Membawa botol minuman dari rumah saat keluar

Berikutnya mungkin terkesan sepele, membeli minuman kemasan saat keluar rumah. Padahal hal ini juga termasuk pengeluaran tidak perlu. Kamu bisa menyiasati pengeluaran nggak perlu ini dengan mencontoh kebiasaan para ibu rumah tangga di Jepang. Ketika akan pergi ke luar rumah, biasanya mereka nggak pernah lupa membawa botol minuman.

 

Artikel Terkait: Tips Hemat Saat Kebutuhan Sedang Banyak-banyaknya

  1. 5 Tips Hemat Kelola Uang a la Selebrita Dunia Ini Patut Kamu Tiru!
  2. Anti Boros, Ini Tips Hemat Bareng Pasangan yang Bisa Dicoba
  3. Baru Nikah? Ini Tips Hemat Mengisi Rumah untuk Pengantin Baru

 

5. Jangan menyepelekan uang koin

Sering jadi kembalian, uang koin sering disia-siakan. Padahal uang koin jika kamu kumpulkan secara rutin dan disiplin, lama-lama juga akan banyak nilainya. Kamu bisa mengikuti ajaran lama dengan menyimpan uang-uang koin sisa di celengan sampai penuh.

 

Nah, itulah lima langkah hidup hemat ala ibu-ibu Jepang. Kuncinya disiplin dan telaten. Selamat mencoba, ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

Tunaiku    HENDRATANU WIJAYA