SWARA – Siapa di antara kamu yang baru saja menerima gaji? Agar uang di rekening bisa bertahan sampai akhir bulan, kamu perlu mengalokasikan uangmu dengan baik. Namun, bagaimana cara agar gajimu gak sekadar bertahan sampai akhir bulan, tapi juga bisa bertambah?

 

Konsisten menabung adalah salah satu caranya. Kebiasaan ini memang perlu dipupuk sejak dini. Namun, jika kamu kini masih belum konsisten menabung, nggak ada kata terlambat untuk memulai, kok. Tentunya, kita berharap bisa pensiun dengan tenang karena dana tabungan dan investasi yang kamu himpun bertahun-tahun mencukupi dan kamu tinggal menikmati hasilnya.

 

Makanya, mumpung masih tanggal muda, segera lakukan 5 hal ini agar rekeningmu menggemuk!

 

1. Bayar utang 

Utang merupakan kewajiban yang gak boleh ditunda, apalagi jika kamu meminjam uang melalui kredit perbankan. Jika terlambat membayar, kamu nggak cuma dikenai denda yang cukup tinggi, tapi juga membuat reputasimu jadi kurang baik. 

 

Bukan hanya utang dari bank, utang dari teman atau saudara juga sebaiknya segera kamu bayarkan. Karena jika ditunda-tunda, bisa membuat hubunganmu dengan mereka jadi canggung. Lagipula, siapa tahu mereka juga sedang butuh, kan? Makanya, urusan yang satu ini harus jadi prioritas utama.

 

2. Lakukan budgeting

Setelah utang dan cicilan kamu bayarkan, lakukan penganggaran pada uang yang tersisa. Saya sering membaca Swara Tunaiku membahas soal budgeting ini. Bisa dengan sistem amplop, zero budgeting, atau alokasi 50-30-20. 

 

Artikel Terkait: Tips Mengatur Keuangan

  1. 5 Cara Sukses Mengatur Uang dengan Gaji 3 Jutaan per Bulan
  2. Baru Dapat Gaji Pertamamu? Lakukan 5 Tips Mengatur Uang Agar Gajimu Aman
  3. 8 Langkah Mengatur Keuangan saat Pertama Kali Mencoba Budgeting

 

3. Kurangi pengeluaran untuk lifestyle

Pengeluaran gaya hidup seperti nonton bioskop, berlangganan Netflix, beli es kopi mahal, atau nongkrong di kafe sebaiknya kamu review lagi, deh. Sebab, printilan-printilan semacam ini justru bisa menggerus gajimu cukup banyak. 

 

Contohnya, kalau menurutmu filmnya gak benar-benar menarik, gak perlu menonton bioskop. Cara lain, silakan nonton bioskop tapi nggak beli popcorn dan minuman yang harganya bisa lebih mahal dari harga tiket. 

 

4. Beli saham

Nah, ketika melakukan budgeting, kamu pasti memiliki alokasi untuk tabungan atau investasi. Nah, mengingat Indeks Harga Saham Gabungan cenderung turun pada akhir Agustus lalu, sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli saham.

 

Dilansir dari Kontan, ada sejumlah emiten yang sahamnya layak dibeli di awal September ini. Sebagian berada di sektor perbankan, seperti BBNI, BBRI, dan BMRI. Selain itu, saham PT Jasa Marga, Tbk (JSMR), PT Telkom (TLKM), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) juga patut untuk dimiliki.

 

Artikel Terkait: Investasi

  1. Keuntungan dan Kerugian Investasi P2P Lending yang Perlu Kamu Ketahui
  2. 4 Cara Mudah Investasi Saham Online untuk Para Investor Pemula
  3. Kamu Bakalan Rugi Kalau Nggak Memanfaatkan Trik-trik Jitu Menabung Saham Ini!

 

5. Investasi P2P Lending

Peer-to-peer lending menjadi salah satu fintech yang cukup menjamur belakangan ini. Nah, kamu bisa menaruh dana investasimu ke sini untuk dipinjamkan kepada orang lain. Investasi ini bahkan bisa memberimu imbal hingga 20 persen, lho!

 

Untuk berinvestasi di P2P lending, kamu cukup membuka salah satu situs atau aplikasi layanannya. Namun, pastikan aplikasi yang kamu gunakan sudah terdaftar di OJK, ya!

 

Nah, hal-hal di atas perlu dilakukan pada gajimu di awal bulan. Tanpa perencanaan dan kontrol yang baik, uang berapapun pasti bakal habis, percaya, deh!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!