SWARA – Sebagian orang pasti selalu berpikir bahwa ketika meminjam uang pasti selalu dikaitkan dengan bunga dan juga persyaratan yang cukup rumit. Selain itu, image yang terbentuk di masyarakat mengenai pinjaman adalah bahaya terlilit dengan bunga dari utang tersebut. Seperti halnya, ketika kita ingin meminjam uang di bank.

 

Banyak persyaratan dan ketentuan yang harus dipatuhi saat ingin meminjam uang di bank. Selain itu, prosesnya yang rumit juga terkadang membuat calon debitur harus meluangkan waktu yang cukup banyak untuk meminjam uang di bank. Hal tersebut tentunya akan membebani calon debitur, karena harus bolak-balik ke bank untuk melengkapi prosedur yang berlaku.

 

Setelah berhasil mendapatkan pinjaman, tentunya debitur akan dibebani lagi dengan biaya cicilan yang ditambah dengan nilai bunga. Tentunya ini akan memberatkanmu jika kamu mengalami kesulitan dalam pembayarannya.

 

Hal-hal tersebut merupakan beberapa risiko yang harus ditanggung saat kamu ingin meminjam uang di suatu bank.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi tentang pinjaman

  1. Jangan Khawatir Bila Pinjaman Uang Ditolak, Ini Dia Solusinya!
  2. Pinjaman Terdahulu Masih Belum Lunas, Bisa Pinjam Lagi Nggak, Sih?
  3. Ketahui Jenis-jenis Pinjaman Online Cepat Cair dan Perbedaannya

 

Tapi, tahukah kamu jika tidak semua pinjaman akan selalu berbunga? Ya, tidak semua bentuk pinjaman uang selalu berbunga. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba saat ingin meminjam uang tanpa harus terkena bunga. Tentunya cara ini memiliki ketentuan dan komitmen khusus untuk bisa mendapatkan pinjaman uang tanpa bunga.

 

Nah, berikut adalah 3 cara alternatif yang bisa kamu coba untuk kamu yang ingin meminjam uang tanpa harus membayar bunga cicilannya.

 

1. Pinjam ke keluarga, kerabat, atau teman

 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan meminjam uang ke keluarga, kerabat atau teman. Biasanya, mereka tidak akan terpikir untuk mengambil keuntungan dengan mengenakan bunga dari pinjaman tersebut. Cara ini memang butuh keberanian khusus, karena kita harus menurunkan ego dan gengsi saat ingin meminjam uang ke orang terdekat.

 

Namun, cara ini adalah salah satu cara yang paling aman saat kamu ingin meminjam uang. Karena kamu tidak perlu memikirkan biaya bunga setelah kamu meminjam uangnya.

 

Bukan berarti, karena kamu bisa dengan mudahnya mendapatkan pinjaman uang dari orang terdekat, kamu akan memanfaatkan kebaikan tersebut. Kamu harus tetap menjaga kepercayaan mereka dengan mengembalikan uang yang kamu pinjam sesuai waktu yang telah disepakati.

 

Secara sederhana, kamu bisa membuat perjanjian tertulis mengenai peminjaman uang ini. Kamu bisa menulis beberapa kesepatakan, seperti jumlah dana, waktu pengembalian dan juga cara pengembaliannya. Hal ini dimaksudkan supaya peminjaman dana ini tetap terjaga kepercayaan dan keamanannya.

 

2. Kartu kredit

 

Cara berikutnya untuk mendapatkan pinjaman dana tanpa harus terkena bunga adalah menggunakan fasilitas kartu kredit. Fungsi kartu kredit tidak selalu membebanimu saat kamu menggunakannya, asal kamu bisa membayar tagihan cicilan sebelum jatuh tempo.

 

Pada dasarnya, kartu kredit dibuat untuk memudahkan banyak orang. Karena, saat kamu menggunakan kartu kredit, kamu bisa memiliki barang atau bayar jasa tanpa perlu mengeluarkan uang secara langsung dalam jumlah tertentu.

 

Kartu kredit menawarkan fasilitas bunga 0 persen untuk penggunaannya. Syaratnya, kamu harus melakukan pembayaran suatu cicilan sebelum tanggal jatuh tempo. Tentunya, beberapa bank memiliki ketentuannya masing-masing, seperti contoh kamu harus membayar cicilan sebelum 15 hari setelah tanggal cetak.

 

Jika kamu bisa membayar pada jangka waktu tersebut, kamu tidak akan dikenakan bunga dari jumlah pinjamanmu. Jadi, setelah kamu mendapatkan gaji dari kantormu, jangan menunda lagi  untuk segera membayar cicilan pinjaman tersebut.

 

Artikel Terkait: Hal-hal yang harus diperhatikan saat pinjaman online

  1. Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Melunasi Utang Kartu Kredit dengan Pinjaman Online
  2. 5 Hal yang Wajib Dilakukan Apabila Telat Bayar Cicilan Pinjaman Online
  3. Pinjaman Online 24 Jam: Gunakan untuk Menambah DP Mobil

 

3. Pinjam ke kantor

 

Cara selanjutnya untuk meminjam uang tanpa dikenakan bunga adalah dengan meminjam ke kantor. Kamu bisa coba mengajukan pinjaman uang ke divisi keuangan yang ada di kantormu. Biasanya, pihak kantor tidak akan membebani bunga pada karyawannya, sebab pinjaman tersebut akan memotong gajinya secara langsung.

 

Kamu harus mengajukan surat permohonan untuk mendapat sebuah pinjaman uang. Setelah itu, barulah kamu akan mendapatkan konfirmasi mengenai pinjaman yang kamu ajukan tersebut.

 

Setiap perusahaan tentunya memiliki peraturannya masing-masing. Tidak semua perusahaan juga bisa dengan mudah memberikan pinjaman uang kepada pegawainya. Jadi, sebelum kamu mengajukan pinjaman, kamu harus cari tahu dulu informasi dari divisi keuangan kantor dan juga teman-teman sekantor mengenai prosedur peminjaman uang ke kantor.

 

Jika kamu sudah memiliki informasi yang lengkap, kamu bisa segera mengajukan pinjaman untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan. Tentunya, pinjam uang ke kantor adalah solusi untuk meminjam uang tanpa harus membayar bunga dari pinjaman tersebut.


dhandyDhandy Dwi Yustica