Beranda > Finansial > Pinjaman Terdahulu Masih Belum Lunas, Bisa Pinjam Lagi Nggak, Sih?

Pinjaman Terdahulu Masih Belum Lunas, Bisa Pinjam Lagi Nggak, Sih?

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Pinjaman Terdahulu Masih Belum Lunas, Bisa Pinjam Lagi Nggak, Sih?watermark

TUNAIKU.COM – Ya, namanya juga kebutuhan, selalu bertambah dan ada-ada saja. Kadang juga mendadak dan kita sebut dengan kebutuhan nggak terduga. Untuk itu, kita harus pintar-pintar dalam mengelola keuangan agar bisa menabung. Tabungan inilah yang bisa digunakan ketika ada kebutuhan mendadak dalam jumlah besar.

 

Namun, bagaimana kalau nggak punya tabungan? Kalau ada kebutuhan yang harus dibeli tiba-tiba sedangkan tanggal gajian masih lama, saya terbiasa menggunakan kartu kredit. Nah, kalau nggak punya kartu kredit, ya, harus meminjam di bank, kan?

 

Permasalahan lain pun muncul. Misalnya, saat ini kamu masih dalam masa angsuran pinjaman dalam jumlah besar. Apakah pengajuan kredit di bank akan diterima jika pinjamanmu belum lunas?

 

Tenang, pengajuan kreditmu bisa saja diterima, kok, meskipun saat ini masih dalam masa mengangsur. Ada beberapa tips yang harus kamu terapkan. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Kartu Kredit

  1. Cara Melunasi Utang Kartu Kredit yang Menumpuk Menurut Ahli
  2. 5 Rahasia Pakai Kartu Kredit Tapi Bisa Bikin Lebih Hemat
  3. 7 Cara Mudah agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui, Coba Lakukan!

 

1. Menjaga kolektibilitas lancar

Sebagai nasabah, sudah seharusnya kamu membayar angsuran dengan lancar alias tepat waktu. Dengan selalu membayar tagihan tepat waktu atau sebelum jatuh tempo, riwayat angsuranmu yang tercatat di Bank Indonesia jadi bagus. Dalam perbankan, istilahnya adalah kolektibilitas satu (lancar).

 

Jika kamu sudah mengantongi kolektibilas satu, kamu akan sangat diterima di bank mana pun. Adapun riwayat angsuran tadi akan terbaca oleh semua bank yang berada di bawah pengawasan OJK melalui sistem SLIK (pengganti BI Checking).

 

2. Jalin hubungan baik dengan marketing

Marketing bank merupakan seseorang yang bertugas menghimpun pengajuan pinjaman dari calon nasabah. Lewat orang ini kamu akan dilayani hingga akhirnya pengajuan pinjamanmu diterima. Jika syarat administrasimu terlalu sulit, biasanya mereka akan memberikan solusi dan bantuan secara pribadi. Untuk itu, pastikan kamu memiliki hubungan yang baik dengan marketing bank, ya.

 

3. Ajukan top up

Jika riwayat angsuranmu bagus, perbankan akan mengingatmu. Daripada memulai hubungan baru dengan bank lain, ada baiknya kamu tetap ‘setia’ di bank yang sama. Caranya adalah kamu mengajukan top up pinjaman. Jadi, pinjamanmu yang belum lunas tadi akan ditambahkan. Lalu untuk skema penghitungannya akan berbeda karena jumlah pinjamanmu pun bertambah.

 

Artikel Terkait: Ingin Mengakses Pinjaman di Bank? Baca Ini!

  1. Pahami Skor Kredit Agar Lancar Ajukan Pinjaman
  2. 9 Hal Wajib yang Perlu Diketahui saat Melakukan Pinjaman Uang Online
  3. Pahami Syarat Ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Berikut ini

 

4. Hitung kemampuan bayarmu sendiri

Sebelum mengajukan pinjaman ke bank, sebenarnya kamu bisa memperkirakan kemampuan bayarmu sendiri. Nantinya, pihak bank akan menghitung IDIR-mu. Dari penghitungan itu, mereka harus mendapatkan angka 65-70% agar berani menerima kreditmu. Intinya uang yang kamu gunakan untuk membayar angsuran adalah maksimal 30% dari total penghasilanmu setiap bulannya.

 

Sebagai contoh kamu berpenghasilan Rp5 juta sebulan. Saat ini kamu memiliki angsuran sebesar Rp1 juta setiap bulannya. Nah, bank baru akan berani menerima pinjamanmu jika angsuran barumu maksimal Rp500 ribu. Jadi, total angsuranmu adalah Rp1,5 juta yang merupakan 30% dari Rp5 juta.

 

5. Nilai jaminan

Dalam mengakses pinjaman memang ada perbankan yang mensyaratkan agunan. Ini banyak terdapat di bank-bank konvensional. Nah, jika nilai jaminanmu tinggi, bank akan berani menerima pinjamanmu.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar pengajuan kreditmu diterima sekalipun masih memiliki pinjaman. Selamat mencoba!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

CTABARU1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett