SWARA – Mempersiapkan dana pendidikan bukanlah hal yang mudah. Rata-rata biaya pendidikan cukup besar, sehingga kamu perlu melakukan perencanaan keuangan yang baik untuk mempersiapkannya. Salah satunya bisa dengan berinvestasi atau menabung emas. 

 

Keuntungan yang kamu dapatkan dari menabung emas bisa dijadikan pemasukan tambahan. Nantinya, pemasukan itu bisa dialokasikan untuk keperluan pendidikan anak, seperti membayar uang sekolah, membeli seragam dan perlengkapan sekolah, mengikuti les, dan lain-lain. 

 

Keuntungan Tabungan Emas untuk Dana Pendidikan 

 

Ada beberapa keuntungan menabung emas yang membuatnya lebih menarik dibanding tabungan lainnya. Supaya kamu lebih yakin, berikut ini alasan memilih tabungan emas untuk dana pendidikan:

 

  • Risiko yang rendah

 

Emas tergolong sebagai salah satu instrumen investasi dengan risiko yang rendah. Tidak jarang, emas dipilih oleh para investor pemula karena lebih aman. 

 

Instrumen investasi lain akan lebih mudah terpengaruh oleh kondisi ekonomi pasar. Kamu tidak bisa memprediksi pergerakan ekonomi, sehingga tidak ada kepastian apakah investasi itu benar-benar akan membuahkan hasil.

 

Tapi, hal ini tidak berlaku pada emas. Emas memiliki harga yang cukup stabil, bahkan bisa meningkat setiap tahun. Jadi, tidak ada risiko penurunan nilai atau harga dari emas. 

 

  • Tidak terdampak inflasi

 

Salah satu kesulitan dalam menabung untuk biaya pendidikan anak adalah inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Inflasi bisa memicu penurunan nilai mata uang, sehingga berdampak juga pada investasi dengan berbagai instrumen lain, seperti deposito, saham, reksadana, dan lain-lain.

 

Emas tidak akan terdampak oleh inflasi. Justru, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, emas bisa mengalami peningkatan harga setiap tahunnya. Hal ini membuat emas menjadi lebih stabil dan cocok digunakan sebagai tabungan pendidikan. 

 

  • Proses yang mudah

 

Investasi emas bisa dilakukan oleh siapa saja karena prosesnya yang mudah, termasuk oleh pemula sekalipun. Kamu tinggal mengunjungi toko emas untuk membeli emas secara langsung, atau bisa juga melalui situs resmi toko emas secara online.

 

Ada juga beberapa e-commerce di Indonesia yang menyediakan layanan tabungan emas bagi penggunanya. Hal ini akan semakin memudahkan kamu untuk berinvestasi emas. 

 

Selain itu, setelah membeli emas, kamu bisa memilih sendiri tempat untuk menyimpannya. Beberapa orang cukup puas menyimpan emas di rumah, tapi ada juga yang memilih untuk menyimpannya di bank. 

 

Bagaimana Cara Menabung Emas untuk Pendidikan Anak?

 

Oleh karena kestabilan harganya, emas cocok digunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak. Kamu tidak perlu takut dengan risiko kerugian setelah berinvestasi. Bagi kamu yang tertarik, berikut ini cara mempersiapkan biaya pendidikan anak dengan menabung emas: 

 

  • Memilih tipe tabungan emas

 

Tahukah kamu, ada beberapa tipe tabungan emas yang bisa kamu pilih? Ada emas yang berbentuk fisik, seperti logam mulia dan perhiasan. Selain itu, ada juga emas yang berbentuk virtual atau emas yang disimpan di bank. 

 

Dilansir dari Kompas, untuk biaya pendidikan anak, sebaiknya pilihlah jenis tabungan emas berupa logam mulia. Karena, emas seperti ini memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan emas berupa perhiasan. 

 

Namun, apabila kamu menyukai hal yang lebih praktis, kamu bisa memilih untuk menabung emas secara virtual. Kekurangannya, tidak ada bentuk fisik dari emas jenis ini, sehingga tidak bisa kamu simpan sendiri. 

 

  • Siapkan dana untuk ditabung

 

Sebelum menabung emas, tentunya kamu harus mempersiapkan uang untuk ditabung terlebih dahulu. Sesuaikan jenis tabungan emas dengan biaya yang kamu miliki. Ketika kamu membeli emas fisik, dana yang dibutuhkan cenderung lebih besar. Sedangkan, emas virtual yang dijual di e-commerce bisa didapatkan mulai dari Rp5 ribu saja. 

 

Jadi, sebaiknya siapkan dari sekarang dana yang akan kamu alokasikan ke tabungan emas. Sesuaikan dana yang kamu miliki dengan jenis emas yang akan dipilih. Kalau perlu, buat rencana tabungan rutin untuk menentukan berapa persen dari penghasilan bulananmu yang digunakan untuk menabung emas. Hal ini bisa membantu kamu untuk menjadi lebih disiplin dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. 

 

  • Mencairkan emas saat harga naik

 

Setiap tahun, harga emas cenderung mengalami kenaikan rutin. Lebih lama kamu menyimpan emas, peluang peningkatan harga emas pun semakin tinggi.

 

Walaupun, tidak menutup kemungkinan, harga emas bisa juga tidak mengalami perubahan, atau justru mengalami penurunan. Bila hal ini terjadi, jangan terburu-buru menjual emas. Juallah emas ketika harga emas sedang naik tinggi. 

 

Perlu diingat, jangan mudah tergoda untuk mencairkan emas apabila bukan untuk biaya pendidikan. Ingatlah tujuan menabung emasmu sejak awal. Cairkan emas hanya dalam keadaan mendesak untuk hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan anakmu.

 

Menghitung Dana Pendidikan Anak

 

Supaya tabungan emasmu bisa mendatangkan keuntungan maksimal, sebaiknya lakukan perhitungan sejak awal untuk memperkirakan besaran dana yang kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih disiplin dalam menabung.

 

Pertimbangkanlah usia anak, lokasi sekolah, harga emas, dan hal-hal lainnya. Coba simak simulasi berikut ini: 

 

Bapak A memiliki seorang anak yang masih berusia 2 tahun. Rencananya, dalam waktu 3 tahun, Bapak A akan menyekolahkan anaknya ke TK. Besarnya biaya masuk TK beserta biaya tambahan lainnya diperkirakan sebesar Rp 15 juta. 

 

Akhirnya, Bapak A mulai menabung emas dengan mengalokasikan uang sebesar Rp2,5 juta untuk membeli 5 gram emas. Setelahnya, setiap bulan, Bapak A rutin membeli 1 gram emas dengan kisaran harga Rp500 ribu. 

 

Dalam waktu 3 tahun, Bapak A sudah mengumpulkan sekitar 41 gram emas. Saat itu, nilai harga emas sudah mengalami kenaikan, menjadi sekitar Rp610 ribu per gram. 

 

Jadi, ketika dijual kembali, Bapak A akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp110 ribu per 1 gram emas. Angka ini didapat dari harga jual masa sekarang dikurangi dengan harga beli di awal, yaitu Rp610 ribu dikurangi Rp500 ribu.

 

Apabila seluruh 41 gram emas Bapak A dijual, maka ia sudah mendapatkan keuntungan sebesar Rp4,510 ribu. Nominal ini tentu cukup membantu untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.

 

Dari simulasi di atas, kamu tentu sudah bisa melihat bagaimana keuntungan menabung emas untuk pendidikan anak. Kamu bisa mempersiapkan diri dari sekarang untuk mempersiapkan dana pendidikan melalui tabungan emas.