SWARA – Rumah adalah kebutuhan pokok setiap manusia, sehingga memiliki rumah pribadi manjadi hal yang perlu diusahakan. Sayangnya, bagi milenial memiliki rumah sebagai bentuk investasi adalah hal yang sulit. Generasi milenial semakin ragu untuk mulai investasi rumah karena banyak anggapan bahwa milenial adalah generasi yang nggak suka menyimpan uang untuk masa depan, lebih suka menghabiskan uang untuk traveling, atau membeli keperluan fashion terkini daripada menyisihkan untuk masa depan.

 

Investasi rumah adalah pilihan cocok bagi milenial untuk menjaga masa depan agar lebih aman. Investasi ini tergolong lebih aman daripada investasi emas ataupun saham karena harganya yang stabil dan cenderung naik terus tiap tahunnya. Nah, buat kamu yang sudah ada keinginan untuk investasi rumah, 5 tips ini bakal membuatmu semakin yakin untuk memulai investasi. Yuk, simak!

 

1. Perkuat niat dulu sebelum berinvestasi

Niat dan tujuan setiap orang dalam berinvestasi berbeda-beda. Ada yang memang ingin mempersiapkan untuk masa depan, ingin berlatih mengelola uang, atau sekadar ingin menyimpan uang dalam bentuk properti. Sebelum memulai berinvestasi, ada baiknya kamu tetapkan dulu niat dan tujuan itu, agar ke depannya nggak mudah patah semangat dalam menjalankan investasi. Pasalnya, investasi rumah adalah investasi jangka panjang yang baru bakal terasa keuntungannya setelah bertahun-tahun lamanya.

 

Artikel Terkait: Keuntungan Investasi Deposito

  1. Cek! Ini Daftar Deposito Online Menguntungkan dan Tips Aman Investasinya
  2. Selain Uang Tak Cepat Habis, Ini Keuntungan Nabung Deposito
  3. Cara Menghitung Bunga Deposito yang Harus Kamu Pahami

 

2. Perhatikan lokasi investasi rumah 

Nilai sebuah tanah dan bangunan sangat bergantung pada lokasi di mana bangunan itu berdiri. Sebaiknya kamu melakukan observasi langsung ke tempat rumah akan dibangun nantinya. Perhatikan wilayah sekitar, apakah akses jalannya mudah? Apakah dalam beberapa tahun ke depan wilayah sekitar rumah yang akan kamu bangun adalah wilayah yang ramai karena menjadi lalu lintas utama publik? Kamu harus bisa memprediksi bagaimana lingkungan di lokasi rumah tersebut beberapa tahun yang akan datang karena investasi rumah keuntungannya baru bisa kamu rasakan jauh-jauh hari.

 

3. Pastikan harga rumah sesuai dengan harga pasar dan budget kamu

Jangan langsung tergiur dengan penawaran menarik dari bagian pemasaran rumah dan jangan tergesa-gesa dalam memutuskan membeli rumah sebelum kamu melakukan survei ke beberapa lokasi. Survei ini penting dilakukan untuk mengetahui harga pasaran rumah dengan berbagai lokasi yang kamu temui. Setelah itu, kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan finansial apakah ingin membayar dengan cash atau mengajukan KPR. Pembayaran cash akan berat di awal. Namun, jika dihitung akan lebih murah dibandingkan KPR yang ada penambahan bunga tiap bulannya.

 

4. Perhatikan biaya lain yang akan muncul

Membeli rumah nggak hanya membayar harga rumahnya. Namun, ada banyak variabel biaya lain yang harus dibayarkan seperti pajak, biaya balik nama, akta notaris, dan biaya administrasi bank jika menggunakan KPR. Selain itu kamu juga perlu memikirkan biaya perawatan rumah ke depannya nanti. Nggak perlu khawatir dulu, karena biaya-biaya ini adalah hal wajar dalam berinvestasi rumah dan kamu hanya perlu memasukan biaya-biaya ini ke perhitunganmu di awal sebelum membeli rumah.

 

Artikel Terkait: Tips Investasi untuk Milenial

  1. Ingin Investasi Rumah? Ini Tips Investasi Rumah bagi Milenial!
  2. 7 Tips Investasi untuk Pengantin Baru Agar Cepat Kaya!
  3. Mau Coba Investasi Rumah? Ada Tipsnya, Nih!

 

5. Selalu update informasi tentang properti

Ada baiknya saat berinvestasi kamu mendalami tentang bidang yang digeluti. Jadi jika berinvestasi rumah, kamu perlu tahu bagaimana perkembangan informasi dan tren yang terjadi terkait dunia properti. Hal ini akan membantumu dalam mengambil keputusan, seperti memutuskan untuk mengontrakan rumah atau menjualnya di saat harga sedang bagus. Jangan ragu untuk mengikuti seminar dan mencari mentor agar kamu nggak salah arah dalam mendalami dunia properti.

 

Itulah 5 tips agar kamu lebih mudah dalam berinvestasi rumah. Berinvestasi sangat baik dilakukan sejak dini tanpa harus menunggu mapan, selamat berinvestasi!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

   PAULUS RISANG