SWARA – Mungkin kamu pernah mengalami apa yang saya rasakan, mendapatkan gaji lumayan tapi untuk menabung rutin setiap bulan sangatlah susah.

 

Setelah saya koreksi, susahnya menabung disebabkan oleh adanya pengeluaran kecil tapi rutin, yang jika diakumulasi jumlahnya sangat lumayan besar.

 

Akhirnya saya mulai memangkas pengeluaran-pengeluaran kecil tadi. Percaya atau tidak, saya mulai bisa rutin menabung setiap bulan dengan jumlah yang lumayan.

 

Apa saja yang sudah saya lakukan? Sebenarnya ini langkah sederhana menghemat uang uang bisa kamu lakukan juga setiap hari dan tanpa terasa. Berikut adalah beberapa di antaranya:

 

1. Mengikuti tabungan berencana

Cara paling ampuh untuk menertibkan tabungan adalah dengan mengikuti tabungan berencana. Sistem di tabungan berencana adalah setiap bulan kamu harus memiliki saldo dalam nominal tertentu sesuai kesepakatan di awal untuk dilakukan pendebetan otomatis. Jika sampai tanggal yang ditentukan nggak terdapat cukup saldo, kamu bisa terkena denda. Jadi mau nggak mau kamu harus mengalokasikan sekian rupiah untuk menabung sampai jangka waktu tertentu.

 

Artikel terkait: Perhatikan ini agar kamu lebih hemat

  1. 7 Kebiasaan yang Harus Kamu Hindari Kalau Nggak Mau Gaji Sudah Ludes di Awal Bulan
  2. Hindari 5 Kesalahan Mengatur Keuangan Keluarga Ini!
  3. Kenali 5 Tanda Gaya Pacaran yang Bikin Boros Berikut!

 

2. Membawa air minum dari rumah

Setelah saya hitung-hitung, dalam satu hari saya rutin mengeluarkan minimal 5ribu untuk membeli air minum kemasan. Itu pun air minum paling murah dan sudah mendapatkan dua botol, ya. Akhirnya saya pun membawa air minum ke kantor dan biaya ini pun terpangkas.

 

5000 X 20 (hari kerja satu bulan) = 100.000

5000 X 4 (saat liburan atau bepergian) =  20.000

120.000

 

 

3. Memanfaatkan wifi kantor sebaik mungkin

Saya merasa, lama-lama harga kartu perdana untuk kuota kok makin mahal, ya? Awalnya saya memutuskan untuk membatasi konsumsi internet untuk membuka media sosial. Tapi susah juga karena internet dan media sosial merupakan kebutuhan utama saya.

 

Akhirnya, saya pun memaksimalkan penggunaan internet saat berada di kantor yang sudah terpasang wifi. Hasilnya? Yang awalnya setiap bulan saya harus menganggarkan minimal 60ribu, jadilah sekarang harga sekian bisa untuk 4 bulan!

 

Pulsa internet = 60.000

 

4. Meminimalisir pengeluaran saat ngafe

Saat ini nongkrong di kafe memang menjadi kebutuhan pokok untuk menulis, diskusi dengan teman, bahkan meeting. Namun, setelah saya pikir-pikir, ngafe nggak harus dengan biaya mahal.

 

Awalnya saya makan dulu di rumah. Lalu saat di kafe, saya tinggal membeli minuman dan cemilan yang ringan saja. Untuk minuman pun nggak harus yang mahal. Dalam sekali nongkrong saya pun bisa berhemat Rp30-50ribu.

 

50.000 X 4 (nongkrong sebulan)   = 200.000

 

5. Lebih baik jalan daripada ngojek

Tanpa disadari, ini juga jadi pengeluaran sehari-hari yang cukup besar jika dikumpulkan. Kebantakan teman saya, untuk menempuh kantor dari stasiun menggunakan gojek. Padahal, sekali jalan bisa 5000 untuk berangkat dan 5000 untuk pulang.

 

10.000X 20 (jumlah hari kerja) = 200.000

 

6. Menekan biaya saat piknik

Saya tinggal di Jogja. Kebetulan, banyak objek wisata yang murah meriah di sini. Daripada main di mall, saya pun lebih memilih wisata alam yang tarif masuknya nggak smapai 5000 dan biaya makannya pun murah. Setiap weekend, saya pun bisaberhemat 50.000.

 

50.000 X 4 = 200.000

 

Artikel terkait: Tips agar liburan hemat

  1. Hobi Hangout? Lakukan 7 Cara Ini agar Keuanganmu Tetap Terjaga!
  2. Pengen Liburan Hemat? Ini 3 Pulau Eksotis yang Bisa Kamu Kunjungi dengan Budget 3 Jutaan!
  3. Tips Liburan Mewah tapi Tetap Hemat

 

Total dari biaya di atas adalah Rp780.000. Nah, lumayan juga kan buat nambah tabungan?

 

Itu tadi langkah sederhana menghemat uang yang bisa dilakukan setiap hari tanpa terasa kamu sedang berhemat.   

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 


TRI PUSPITASARI TRI PUSPITASARI