SWARA-Perihal utang, kesulitan bayar cicilan selalu tampak menakutkan untuk sebagian besar orang. Bayangan debt collector semakin jelas saat mendekati jatuh tempo, sedangkan di kantong belum ada uang. Salah satu solusinya dengan menggunakan pinjaman uang bayar bulanan lewat Tunaiku. Selain itu, ada empat cara lain yang cukup terbukti ampuh seperti ini.

 

Artikel terkait: hindari kebiasaan di bawah ini yang rupanya bikin kamu jadi boros

  1. 10 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Jadi Sumber Keborosan, Wajib Tahu!
  2. Kenali Latte Factor, Pengeluaran Kecil Kurang Penting Tapi Bikin Boros
  3. Saatnya Berhenti dari 10 Hal yang Dianggap Penting Tapi Bikin Boros

 

1. Rangkum efek samping dari kesulitan membayar cicilan

Seseorang yang utangnya menumpuk dan kerap kali menunggak bayar biasanya secara psikologis akan terganggu. Pikiran dan batin seakan-akan terteror. Hal-hal itu kalau dibiarkan bisa memicu stres berkelanjutan. Bahkan yang lebih buruk, bisa mudah timbul kecurigaan, meskipun dalam keadaan yang baik sekalipun. Oleh karena itu, efek samping ini harus dirangkum.

 

Mula-mula, rangkum secara mendetail jumlah utang dan pihak-pihak yang berkaitan. Termasuk bunganya juga. Rangkum juga sejumlah alasan kenapa kamu sampai sulit membayar cicilan. Apa risiko secara psikologis juga perlu ditulis? Harus. Soalnya kalau enggak ditulis, nanti terpendam terus dalam dada. Setelah itu, baru kamu cari solusinya.

 

2. Apapun itu, selalu dahulukan membayar utang

Kadangkala, hati memang mudah tergoda ketika pegang uang dalam jumlah banyak. Bahkan sampai lupa dengan utang yang kita miliki. Kemudian uang tersebut sebagian besar hanya dihabiskan untuk bersenang-senang. Setelah habis, baru deh ingat kalau kamu punya utang yang menumpuk. Lebih baik, kesampingkan dulu bersenang-senang dan selalu dahulukan membayar utang yang kamu punya.

 

Setiap hobi yang berpotensi buang-buang duit, hentikan dulu. Kan bisa bersenang-senang dengan cara lain yang gratis. Ketika pikiran terfokus ke masalah utang maka kerja pun jadi lebih serius. Hidup juga akan lebih teratur. Akhirnya, setiap bulan bisa menyisihkan dalam jumlah banyak. Tanpa disadari bisa untuk mencicil utang. Namun, kalau kurang bagaimana?

 

3. Melunasi utang dengan pinjaman bertenor lama

Perihal utang yang jatuh tempo itu saya sebut dengan urusan darurat atau urgent. Dengan kata lain, enggak bisa ditunda-tunda lagi. Harus dibayarkan pada saat itu juga. Sedangkan kalau pinjam ke tetangga, ada rasa enggak enak. Takut membebani hidup mereka. Maka jalan tengahnya dengan mengambil pinjaman uang bayar bulanan dari Tunaiku.

 

Kesulitan bayar cicilan utang harus segera diatasi dengan cara melunasinya. Ketika kamu mengajukan pinjaman ke Tunaiku dan disetujui, kan hati lebih lega. Seenggaknya ada jeda yang panjang untuk mengatur finansial kembali. Istilah lainnya, seenggaknya kamu bisa bernapas. Enggak melulu dihantui oleh debt collector.

 

4. Evaluasi kembali kondisi keuanganmu

Cara terakhir ini berkaitan dengan “tahap penyelesaian”. Mungkin ada hal-hal yang bersifat pribadi yang akhirnya menjerumuskanmu kepada sulitnya bayar cicilan. Hal-hal yang terjadi di masa lalu itu harap ditulis dan dirangkum semua. Jawab pertanyaan yang menyangkut kesalahan di masa lalu dengan selengkap mungkin. Biar solusi ke depannya lebih terang.

 

Terlebih lagi kalau kamu sudah menikah dan memiliki anak. Tentu proses evaluasi yang kamu lakukan harus lebih ketat. Setiap hal yang bersifat kesenangan pribadi, lebih baik dikendalikan. Saya percaya kamu bisa melaluinya.

 

Artikel terkait: cara jitu mengatasi kebiasaan yang bikin boros

  1. 5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!
  2. 7 Tips Belanja yang Harus Kita Pahami Agar Nggak Boros
  3. Punya Sifat Boros, Ini 5 Cara Praktis Agar Terhindar dari Pengeluaran Besar

 

Apa keunggulan take over utang melalui Tunaiku?

Utang yang menumpuk dan hampir jatuh tempo bukan perkara ringan. Apabila jaminanmu rumah maka bisa jadi langsung diambil oleh pihak bank. Enggak mau kan rumah hilang gara-gara enggak mampu bayar cicilan yang begitu banyaknya dalam waktu singkat? Nah, sisi baiknya, di Tunaiku enggak ada jaminan semacam itu. Lalu apa jaminannya?

 

Dirimu sendiri. Yap! Pinjaman uang bayar bulanan di Tunaiku sangat fleksibel. Hanya dengan disiplin, kamu baru bisa melunasinya dalam jangka waktu tertentu. Namun, apabila menjadi sebuah kesulitan bayar cicilan yang baru, mungkin keempat cara di atas belum dilakukan betul-betul. Tunaiku juga bersedia diajak bicara soal keuanganmu kok.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TUNAIKUTUNAIKU