Beranda > Finansial > 5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!

5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
5 Cara Ampuh Agar Belanja Nggak Boros, Coba Buktikan!watermark

TUNAIKU.COM – Memiliki kebiasaan boros dan sering menghabiskan uang untuk berbelanja bukan hal yang baik. Menghabiskan uang akan selalu lebih mudah dari pada harus mengumpulkannya. Terlebih, kamu pengguna kartu kredit, debit, e-money atau si hobi belanja online. Kemudahan tersebut lantas membuat kamu lupa diri saat berbelanja. Alhasil, kamu nggak begitu memperhatikan nominal harga yang kamu belanjakan dan saldo yang ada di rekening kamu. Lalu, berniatkah kamu untuk mengurangi kebiasaan buruk ini?

Tenang, ada solusi untuk kamu untuk mengerem kebiasaan ini. Berikut 5 tips yang dijamin membuatmu berpikir ulang untuk boros. Simak, yuk!

1. Mencari pemasukan tambahan

Memiliki pemasukan tambahan adalah cara terbaik untuk berhemat. Dengan adanya pemasukan tambahan yang kamu hasilkan diluar pemasukan intimu akan sangat membantumu untuk bisa memenuhi kebutuhan sekaligus menabung. Kamu bisa mencari tambahan penghasilan dengan bekerja secara online atau bisa juga degan berjualan online shop. Ada banyak uang yang bisa kamu hasilkan secara online, lho.

 

Artikel Terkait: Kelola Uangmu dengan Bijak

  1. Punya Sifat Boros, Ini 5 Cara Praktis Agar Terhindar dari Pengeluaran Besar
  2. Kenali Latte Factor yang Bikin Boros dan Cara Menghindarinya
  3. Mulai Punya Penghasilan, Ikuti 7 Langkah Sederhana Mengelola Keuangan

2. Membuat anggaran pribadi

Membuat anggaran pribadi akan jauh lebih baik dalam hal mengontrol pengeluaran. Kamu bisa membuat anggaran pribadimu setiap satu minggu atau bisa juga satu bulan. Dengan membuat anggaran pribadi kamu bisa tau apa saja yang kamu butuhkan. Selain itu kamu juga perlu untuk menuliskan dan melacak kemana saja uang yang telah kamu keluarkan dari mulai uang yang kamu gunakan secara tunai, debit ataupun kredit. Dengan begitu kamu akan berpikir ulang untuk bersikap boros lebih jauh lagi setelah melihat jumlah uang yang telah kamu keluarkan.

 

3. Membawa bekal makan siang dan snack

Makan siang dan membeli beberapa snack saat kamu pergi keluar atau ke kantor adalah salah satuhal yang sangat mempengaruhi pengeluaranmu. Meski jumlahnya nggak terlalu banyak tapi makan siang dan membeli snack dilakukan hampir setiap hari sehingga jika dijumlahkan akan sangat mempengaruhi pengeluaran mingguan atau bulananmu. Untuk menghemat, cobalah untuk membuat bekal sendiri atau membawa makanan ringan untuk bisa kamu cemil saat diluar rumah atau sedang di kantor. Ini adalah acara terbaik untuk menyelamatkan keuanganmu dari pengeluaran yang berlebih.

 

4. Bertindak realistis

Kamu mungkin akan sangat tergiur dengan barang cantik yang terpampang di etalase tanpa memperhatikan label harganya. Tapi sejenak pikirkan tentang apakah barang tersebut kamu benar – benar butuhkan dan inginkan dan sudahkah barang tersebut sudah kamu anggarkan dalam anggaran pribadimu? Kalau memang belum lebih baik untuk bertindak realistis karena kalau kamu memaksakan untuk tetap membelinya itu akan sangat mempengaruhi anggaranmu. Dan kamupun belum bisa memastikan apakah barang tersebut adalah barang yang sangat kamu butuhkan.

 

5. Memiliki standar yang tinggi

Walaupun terdengar kontrakdiktif tetapi cara ini mampu membantumu lho. Pasalnya, kamu bisa menentukan prinsip keuanganmu sendiri seperti jangan pernah memiliki hutang dan jangan pernah pula memberi pinjaman pada seseorang. Atau kamu juga bisa menerapkan standar dimana dan kapan kamu harus menggunakan kartu kredit. Yaitu, hanya pada saat – saat darurat itupun kamu harus yakin bahwa minggu depan kamu sudah harus bisa membayar tagihan tersebut.

 

Artikel Terkait: Waspada Buruk Keuangan Sejak Muda

  1. Ini 6 Kesalahan Pekerja Pemula dalam Mengelola Keuangan
  2. Untuk yang Sudah Berumur 20-an, Wajib Memiliki 4 Jenis Asuransi Ini
  3. Aman Secara Finansial Sebelum Umur 27 Tahun? Lakukan 5 Kebiasaan Ini Dari Sekarang!

Nah, itu dia 5 tips agar kamu bisa berbelanja tanpa boros. Ikuti kelima tips tersebut untuk menyelamatkan keuanganmu, ya.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett