SWARA – Tak terasa sudah menginjak akhir tahun. Tak terasa pula sudah 1 tahun lamanya kamu bekerja dan kini saatnya menerima bonus akhir tahun atas segala usaha yang kamu kerjakan di perusahaan. Bonus akhir tahun dihitung sesuai masa kerja yang sudah dilalui, seperti pengalaman saya saat mendapatkan bonus akhir tahun. 

 

Waktu itu saya masih sangat baru bekerja di sebuah perusahaan. Pada akhir tahun, saya mendapatkan bonus dengan jumlah yang proporsional sesuai dengan perhitungan masa kerja. Meskipun sedikit, dengan pengaturan keuangan yang baik, bonus akhir tahun bisa sangat bermanfaat bagi keuangan kita. 

 

Buat kamu yang penasaran dengan besaran bonus akhir tahun yang akan diterima, berikut ada rumus yang bisa kamu gunakan!

 

Bonus Tahunan: (Poin Masa Kerja x Level Jabatan x Departemen x Gaji) x Sanksi Surat Peringatan.

 

Keterangan:

  • Poin masa kerja didapat berdasarkan masa kerja yang sudah dilakukan oleh karyawan.
  • Kategori departemen disesuaikan dengan posisi karyawan saat bekerja.
  • Sanksi surat peringatan disesuaikan dengan surat peringatan yang pernah diterima.

 

Sedangkan jika kamu sudah mendapatkan bonus tahunan yang nominalnya fantastis, berikut ada tujuh tips yang bisa kamu ikuti untuk mengelolanya.

 

1. Gunakan untuk membayar tagihan tahunan 

Jika kamu memiliki tagihan yang dibayarkan setahun sekali seperti pajak bumi dan bangunan atau pajak kendaraan bermotor, nggak ada salahnya menggunakan bonus tahunan untuk membayarkan tagihan tersebut. 

 

Dengan membayarkannya menggunakan bonus tahunan, maka gaji kamu akhir tahun ini nggak akan terganggu atau berkurang akibat membayar tagihan tahunan yang biasanya nominalnya cukup besar ini.

 

Artikel Terkait: Cara Mengelola Bonus

  1. Dapat Bonus dari Kantor? Yuk, Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengaturnya!
  2. Para HRD, Selain Bonus, Cara Ini Juga Bisa Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan
  3. THR Cair, Ini 4 Cara Bijak Menggunakannya untuk Investasi

 

2. Gunakan untuk membayar utang

Nggak ada salahnya juga untuk menggunakan bonus tahunan dalam pelunasan utang-utang yang dimiliki. Utang yang jumlahnya cukup besar akan sangat berkurang dengan bonus akhir tahun yang juga jumlahnya cukup besar. Membayar utang akan membuat kamu lebih lega karena tanggungan menjadi berkurang dan lebih nyaman untuk menyambut tahun baru dengan semangat yang baru kembali.

 

3. Gunakan untuk menambah dana darurat

Dana darurat yang dikumpulkan terus menerus akan lebih baik jika ditambah saat mendapatkan bonus tahunan. Dana darurat idealnya berjumlah 3-6 kali dari gaji tiap bulan, sehingga saat menerima bonus tahunan adalah kesempatanmu untuk memenuhi jumlah yang ideal. Nggak perlu ragu karena dana darurat akan sangat bermanfaat suatu saat nanti daripada uang yang kamu miliki digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

 

4. Investasi juga cocok diikuti

Investasi akan sangat bermanfaat untuk masa depan. Namun, jika ingin menggunakan bonus akhir tahun untuk berinvestasi, pastikan kamu memilih instrumen investasi yang minim risiko. Pilih reksadana jika kamu ingin berinvestasi jangka panjang selama 5-10 tahun. Namun, jika kamu ingin investasi jangka pendek, tabungan emas atau deposito cocok kamu pilih karena bisa merasakan hasilnya di tahun ke-3.

 

5. Gunakan untuk properti

Investasi rumah juga salah satu hal yang paling baik dilakukan untuk menggunakan bonus tahunan. Jika dananya nggak cukup besar, kamu bisa melakukan pembayaran uang muka terlebih dahulu dan selanjutnya melakukan cicilan karena membeli rumah nggak akan rugi sebab harganya terus naik. Jika kamu sudah memiliki rumah, merenovasi rumah adalah ide yang paling bagus karena bagaimanapun rumah adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.

 

Artikel Terkait: Cara Mengatur Gaji

  1. Cara Mengatur Gaji dari Para Ahli Agar Nggak Hanya Numpang Lewat
  2. Trik Mengatur Gaji untuk si Hobi Fashion
  3. Ingin Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga? Ini 7 Cara Atur Keuangan dengan Gaji Rp4 Juta!

 

6. Jangan lupa bersenang-senang

Jika kamu sudah mengalokasikan bonus tahunan untuk hal-hal penting, nggak ada salahnya kamu memberikan reward kepada diri sendiri dengan menggunakan sisa bonus tahunan untuk bersenang-senang. Kamu bisa berbelanja atau bahkan traveling untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali bekerja di tahun depan.

 

7. Tabung sisa bonus akhir tahun

Jika bonus tahunan kamu masih tersisa, memasukkannya ke dalam rekening tabungan bisa menjadi pilihan yang bagus. Dengan memiliki tabungan yang banyak tentu akan membuat hidup kamu lebih tenang karena sewaktu membutuhkan uang, kamu bisa langsung mengambilnya, bukan?

 

Itulah cara cerdas menghitung bonus akhir tahun dan bagaimana cara untuk mengaturnya agar bermanfaat bagi diri kamu. Yuk, mulai alokasikan bonus akhir tahun ke hal-hal yang bermanfaat.