SWARA – Saat berkumpul dengan teman, ada banyak hal yang biasanya saya diskusikan. Kadang gossip terkini, pekerjaan, sampai pada masalah keuangan. Saat bergosip dan membahas pekerjaan, kami enjoy saja. Namun, kalau sudah sampai ke hal ketiga ini, dalam hati agak canggung gimana gitu deh.

 

Masalah keuangan memang agak sensitif. Apalagi kalau itu termasuk kondisi tabungan terkini, besaran gaji, bisa enggaknya memenuhi tuntutan kehidupan dari uang yang ada, bahkan sampai hal uutang piutang. Nah, hal terakhir ini makin canggung.

 

Kebetulan belum lama ini saya membahas masalah utang dengan teman. Makin canggung dan jatuhnya malah jadi bahan becandaan. Pasalnya, dari kejujuran satu sama lain, kita jadi terbuka dan sama-sama tahu kalau masing-masing dari kami pernah ditipu oleh teman yang sama, yang berutang tapi nggak bayar hehehe.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar hutang yang wajib kamu ketahui

  1. 6 Etika yang Perlu Diketahui saat Meminjam Uang kepada Anggota Keluarga
  2. Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan
  3. Agar Tak Kekurangan Uang, Inilah Cara Tepat Mencicil Motor

 

Well, kami jadi sama-sama lega karena ternyata kami nggak menghadapi tipuan ini sendirian. Kami jadi belajar untuk ke depannya bagaimana dan harus berbuat seperti apa dengan temen-teman seperti ini. So, pembahasan seputar uang kepada teman itu sangat penting, lho. Hanya saja, kamu perlu kiat khusus agar bisa diskusi dengan sehat. Nah, beberapa yang pernah saya terapkan adalah:

 

1. Katakan saat mood sama-sama baik

Mau membahas apapun, sebenarnya semua tergantung mood. Kalau mood lagi bagus, hal sesensitif apapun juga bukan masalah. Jadi kalau mau ngomongin tentang uang, alangkah baiknya lihat-lihat kondisi dulu, bagaimana mood lawan bicaramu.

 

2. Mengatakan tujuan pembahasan

Kalau teman saya tiba-tiba ngajakin diskusi soal uang, pasti juga saya mengernyitkan dahi. Hal ini karena tiba-tiba dan nggak tahu, sebenarnya tujuannya apa sih? Beda cerita kalau dia mengawalinya dengan mengungkapkan tujuannya. Misalnya untuk sharing bagaimana mengatur keuangan yang baik. Jadi kan jelas, tujuan baiknya seperti apa, bukan hanya sekadar hasrat ingin tahu atau kepo semata.

 

Artikel terkait: Agar hubunganmu dengan teman semakin baik

  1. Tips Berteman Sehat Meski Sedang Bersaing di Kantor
  2. 10 Serial TV yang Seru dan Cocok Temani Libur Panjang
  3. Panduan Bagi Milenial yang Ingin Traveling dengan Biaya Terjangkau

 

3. Kalimatmu harus punya sumber

Ya, sekali lagi hal seputar keuangan adalah hal yang sensitif. Kalau dalam membahas uang kamu berkata tanpa menyertakan sumber, kamu hanya akan dikatakan sok tahu. Sebagai contoh, menebak besaran gaji. Sebaiknya, kamu berselancar dulu di mesin pencari Google, berapa kisaran gaji di perusahaan A. Jadilah kamu punya dasaran dalam berkata. Karena biasanya, orang akan sakit hati kalau ada orang yang tiba-tiba sok tau dan menebak besaran gaji.

2

 

 

 

Mobile Site CTA

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Memberikan informasi seputar keuanganmu terlebih dahulu

Agar pembahasan soal keuangan bisa lancar berjalan, ya kamu juga harus terbuka. Jangan hanya menanyai kondisi keuangan temanmu, tapi kamu juga harus berbagi. Kamu harus lebih dahulu bercerita dari dirimu. Dengan demikian, nanti temanmu akan terpancing dan akhirnya diskusi kalian pun lebih seru dan lancar.

 

Itulah cara terbaik sata harus berbicara masalah uang dengan teman. Jangan sampai pembahasan ini membuat hubungan pertemanan kalian renggang, ya. Untuk itu, pastikan kamu sudah berkata yang benar.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


TRI PUSPITASARITRI PUSPITASARI