SWARA – Sampai saat ini, arisan masih menjadi media yang paling cocok untuk menabung. Nggak heran kalau tradisi ini masih diwariskan secara turun-temurun. Bahkan, saat ini mulai berkembang beragam jenis arisan yang bisa kamu ikuti.

 

Mungkin belakangan ini kamu mendengar berita tentang arisan online yang berujung pada penipuan. Tenang, 4 jenis arisan di bawah ini sudah pasti aman tanpa unsur penipuan! Apa saja?

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Emas

  1. Investasi Berlian atau Emas, Pilih Mana?
  2. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam
  3. Tips Agar Bisa Trading Emas dengan Modal Kecil

 

1. Arisan biasa

Arisan pertama ini seperti arisan yang sudah sering kamu dengar. Setiap anggota membayar angsuran seperti yang sudah disepakati. Ketika lotre dikocok, barulah satu atau dua nama keluar dan mendapatkan jatah arisan. Metode ini sebenarnya secara nggak langsung mengajarkan pada kita untuk latihan menabung, menyisihkan sebagian penghasilan setiap bulan.

 

2. Arisan keluarga

Arisan kedua ini juga sama dengan arisan pada umumnya. Namun, prinsip dari arisan keluarga adalah prinsip mempererat tali silaturahmi. Sebenarnya nggak hanya arisan keluarga, tapi juga arisan RT, arisan teman sejawat, dan lain sebagainya.

 

Arisan model kedua ini dilakukan di rumah anggota yang pada arisan sebelumnya mendapatkan arisan. Sebenarnya uang arisan akan habis untuk menjamu pertemuan arisan. Namun, esensinya memang di situ karena arisan ini untuk mempererat hubungan kekerabatan.

 

 

3. Arisan emas

Arisan ini difasilitasi oleh sebuah lembaga bernama pegadaian. Arisan ini baru akan berjalan jika anggotanya sudah terisi minimal 6 orang dan maksimal 36 orang.

 

Prinsipnya tetap sama, kamu menyetorkan sejumlah uang seperti yang sudah disepakati bersama. Lalu jika kamu sudah mendapatkan giliran arisan, kamu mendapatkan emas yang sudah dijanjikan.

 

4. Arisan motor

Jika arisan ketiga yang didapat adalah emas, pada arisan keempat ini yang didapatkan adalah sepeda motor. Sebenarnya nggak hanya sepeda motor. Pada jenis serupa juga ada arisan mobil meskipun jumlahnya di Indonesia belum begitu banyak. Arisan model seperti ini juga melatihmu untuk menabung dan membeli kendaraan tanpa perlu berutang.

 

Artikel Terkait: Buat Kamu yang Ingin Membeli Kendaraan  

  1. Jangan Salah, Begini Cara Mengenali BPKB Kendaraan yang Asli
  2. Tips Membeli Kendaraan Bekas Taksi
  3. Kenali Lebih Dalam Proses Jual dan Beli Kendaraan Sistem Lelang

 

Itu dia 4 jenis arisan yang bisa kamu coba. Setiap jenis secara nggak langsung mengajarkanmu untuk menabung. Setiap jenis juga tergolong aman untukmu. So, mana jenis arisan yang sudah kamu ikuti?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

Tunaiku