Beranda > Finansial > Nambah Pemasukan Lewat Bisnis Sampingan? Ini Pilihan Tepat untuk Para Pekerja!

Nambah Pemasukan Lewat Bisnis Sampingan? Ini Pilihan Tepat untuk Para Pekerja!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Nambah Pemasukan Lewat Bisnis Sampingan? Ini Pilihan Tepat untuk Para Pekerja!watermark

TUNAIKU.COM – Bekerja setiap hari dengan gaji yang diberikan ternyata nggak selalu bisa memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin menjerat kantong. Jangankan menabung, untuk memenuhi kehidupan sehari-hari saja uang gaji dirasa masih kurang.

 

Lalu apa yang bisa kamu lakukan agar keuangan tetap lancar tanpa perlu ganti pekerjaan dengan gaji yang lebih tinggi? Salah satu cara yang bisa kamu pertimbangkan adalah mencari bisnis sampingan yang ternyata bisa membantu perekonomian sehari-hari. Bisnis ini juga bisa menyesuaikan dengan kesukaan atau hobi kamu sehingga bisa mengurangi kejenuhan saat bekerja. Berikut saya berikan 5 bisnis dan pekerjaan sampingan untuk para pekerja.

 

Artikel Terkait: Ide Bisnis Sampingan

  1. 5 Ide Bisnis Sampingan yang Nggak Mengganggu Pekerjaan Utama
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. Yuk, Jajal 5 Bisnis Sampingan Berikut Selama Ramadan!

 

1. Bekerja freelance

Kamu mungkin memiliki hobi atau kemahiran dalam hal di luar pekerjaan utama. Keahlian ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan, lho. Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan dengan menjadi freelancer, manfaatkan situs-situs pencari pekerja freelance yang banyak di internet.

 

Pekerjaan freelance nggak memiliki waktu yang kaku sehingga kamu bisa lebih mudah menyesuaikan dengan jadwal pekerjaan utama. Banyak alternatif pekerjaan freelance yang bisa kamu pilih seperti menulis artikel, menjadi customer service online, hingga jasa upload foto produk ke marketplace.

 

2. Menjadi influencer

Dunia sosial media seperti Instagram dan situs penyedia video seperti YouTube saat ini berkembang sangat pesat dan akrab dengan masyarakat. Ini kesempatan kamu untuk memanfaatkannya sebagai peluang mendapatkan tambahan penghasilan.

 

Membuat akun Instagram yang menarik, menjadi influencer dengan followers, dan interaksi yang banyak dengan netizen bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa paid promote atau endorse. Sementara itu, menjadi YouTuber dengan membuat konten yang menarik bisa juga kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang dari hasil monetize video yang kamu buat. Manfaatkan waktu luangmu di sela-sela sibuknya bekerja guna membuat konten yang menarik.

 

3. Bisnis online

Masih dari dunia maya, kamu juga bisa menjual barang secara online. Barang apa saja yang kamu rasa banyak peminatnya bisa menjadi pilihan dalam bisnis online yang akan kamu geluti. Manfaatkan mudahnya orang untuk akses ke sosial media atau marketplace yang nggak membutuhkan biaya tambahan untuk posting barang-barang daganganmu. Jika sudah kebanjiran order, kamu bisa merekrut karyawan yang bisa membantumu dalam berjualan selagi kamu masih tetap bekerja.

 

4. Bisnis barang-barang handmade

Kamu yang memiliki keterampilan dalam membuat barang-barang handmade bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis. Kamu bisa membuat kerajinan tangan seperti tas rajut atau hiasan dari barang-barang bekas yang ada di sekitar. Sampai saat ini barang-barang handmade masih memiliki peminat tersendiri, lho.

 

Kamu bisa mulai membuat barang-barang handmade ini setelah pulang kerja. Keluarga atau kerabat terdekat bisa membantu dalam memasarkannya. Barang-barang handmade bisa dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi karena tingkat kesulitan dalam pembuatannya.

 

Artikel Terkait: Kisah Sukses dengan Usaha Sampingan

  1. 5 Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga dengan Usaha Sampingan
  2. Enggak Hanya Aktif di Dunia Hiburan, 5 Selebritis Ini Punya Bisnis Sampingan Juga, Lho!
  3. Semangat #BarterRezeki Bantu Wujudkan Impian Bapak Wartono, Miliki Bisnis Sampingan Jualan Alat Tulis Kantor

 

5. Bisnis makanan pesanan

Bisnis makanan pesanan cukup diminati masyarakat dan mudah dalam pengelolaannya. Kamu bisa memilih makanan pesanan yang mudah dan umum dicari, seperti kue kering atau nasi box yang banyak dipesan orang saat melangsungkan acara.

 

Kamu bisa meminta bantuan keluarga atau tetangga sekitar untuk proses produksi dan proses pengantaran. Promosi  yang gencar perlu kamu lakukan agar orang-orang tahu tentang bisnismu. Bisnis ini juga nggak terlalu membuatmu sibuk karena kamu hanya akan melakukan proses produksi saat ada orang yang ingin memesan makanan yang kamu jual.

 

Nah, dengan 5 bisnis dan pekerjaan sampingan ini kamu bisa menambah pemasukan disamping gaji utama kamu tanpa perlu mengganggu jam kerja atau produktivitas untuk fokus dalam pekerjaan utama. Menarik untuk dicoba, bukan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett