SWARA – Musibah banjir yang baru saja menimpa ibu kota mengingatkan kita akan pentingnya menjaga dan melindungi aset properti yang dimiliki. Seperti yang banyak diberitakan, orang-orang yang sudah mengasuransikan propertinya beramai-ramai melakukan klaim untuk menyelamatkan asetnya. Tentu asuransi yang dimiliki adalah asuransi all risk yang di dalamnya juga mencakup risiko banjir. Banjir biasanya nggak diikutkan di asuransi biasa karena termasuk bencana alam. 

 

Lalu apa lagi seluk beluk yang perlu kamu ketahui tentang properti jika terkena musibah banjir? Yuk, lanjut baca artikelnya.

 

1. Harga jual rumah yang terkena banjir

Pemilik properti seperti rumah pasti akan kebingungan jika rumahnya banjir apakah harga jualnya akan menurun atau nggak? Harga jual rumah yang terkena banjir akan menurun hanya sementara saja. Menurunnya pun melalui diskon sehingga nggak akan menurun drastis.

 

Namun yang perlu diingat adalah hindari penjualan rumah segera setelah terjadi banjir karena harganya memang akan turun lebih banyak karena saat ini masih musim penghujan. Kecuali jika memang kamu sangat membutuhkan uang, maka kamu harus merelakan nilai rumahmu ditaksir dengan harga yang lebih rendah dari nilai yang akan datang setelah hujan dan banjir mereda.

 

Artikel terkait: Banjir merendam rumahmu?
1. Tips Bersihkan Rumah Pasca Kena Banjir, Usir Penyakit dan Bikin Rumah Kembali Nyaman
2. Usai Banjir, Waspadai Tujuh Penyakit Ini!
3. Menurut BNPB, Inilah yang Harus Kamu Lakukan saat Terjadi Banjir di Rumahmu

 

2. Pentingnya memiliki asuransi properti

Properti yang dijangkau oleh perusahaan asuransi antara lain rumah, ruko, hotel, pabrik, gudang, hingga pusat perbelanjaan. Produk asuransi yang ditawarkan pun bisa meliputi banjir. Selain itu musibah lain seperti kebakaran, kejatuhan pesawat, tersambar petir, terkena ledakan, badai, angin topan, tsunami dan rusak karena terkena air juga termasuk dalam asuransi. Bahkan rusak akibat kejahatan juga bisa ditanggung. 

 

Namun, kamu tetap harus jeli dalam membaca ketentuan polis asuransi setiap perusahaan karena jika kamu nggak memasukkan banjir ke dalam polis maka tentu saja perusahaan nggak mau mengganti kerusakannya. Setiap perusahaan juga memiliki kebijakan yang berbeda-beda yang harus kamu teliti lebih dulu.

 

3. Cara klaim asuransi properti karena banjir

Jika properti yang diasuransikan terkena banjir, maka kamu bisa melakukan klaim dengan langsung menghubungi perusahaan yang memberikan asuransi. Beberapa persyaratan juga perlu kamu siapkan diantaranya memastikan bahwa asuransi yang kamu ikuti memang akan meng-cover banjir.

 

Setelah itu hubungi kontak agen asuransi yang kamu miliki untuk mendata apa saja kerugian yang dialami dan biasanya juga beserta foto properti yang kebanjiran. Selanjutnya perusahaan akan melakukan survei ke properti yang terkena banjir dan pihak asuransi akan mengurusnya.

 

Artikel terkait: Serba-serbi asuransi
1. Jangan Disepelekan, Ini Persyaratan dan Proses Klaim Asuransi Rumah
2. Lindungi Bisnismu dengan Asuransi, Ini 5 Manfaat Utamanya!
3. Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan, Bedanya Apa?

 

4. Hal-hal yang perlu diketahui agar nggak tertipu tawaran asuransi properti palsu

Asuransi banjir ini nggak berdiri sendiri namun menjadi cabang dari asuransi properti yang merupakan jaminan perluasannya, sehingga tentu ada biaya tersendiri jika ingin memasukkan banjir ke dalam asuransi properti. Masa berlaku asuransi banjir juga sesuai dengan masa berlaku asuransi properti sehingga kamu perlu paham berapa lama masa asuransi propertimu berlaku.

 

Pahami juga premi yang diberlakukan di dalam polis asuransi dan tanyakan kebijakan-kebijakan yang berlaku terkait banjir. Selain itu pahami juga biaya yang dibebankan, biasanya berdasarkan jumlah nilai pertanggungan (JNP) dan pembagian tarif sesuai dengan zona yang diberlakukan sesuai surat edaran Otoritas Jasa Keuangan. Pahami baik-baik apa yang disampaikan agen asuransi agar asuransi yang sudah kita bayar nggak luput dengan manfaat yang diberikan.

 

Jika keuangan yang kamu miliki cukup untuk membayar asuransi, jangan ragu untuk mengikuti asuransi properti karena manfaatnya sangat besar terlebih jika terjadi bencana alam seperti banjir, apalagi jika sudah memahami seluk beluknya maka segera ikutkan properti ke dalam asuransi.