Apakah kamu pemula dalam investasi, tapi ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari deposito? Mungkin kamu bisa mencoba obligasi ORI020 yang belum lama ini mulai ditawarkan oleh pemerintah. 

 

ORI020 adalah Obligasi Negara Ritel seri ke-20. Obligasi ini dikeluarkan oleh pemerintah dan tergolong sebagai instrumen investasi yang risikonya tidak terlalu besar, namun lebih menguntungkan dibanding deposito. 

 

Apa Itu ORI020?

 

ORI020 termasuk sebagai Surat Berharga Negara (SBN). Surat berharga ini dikeluarkan oleh pemerintah untuk membiayai anggaran negara. 

 

Sebagai investor, kamu bisa membeli berbagai macam SBN yang diterbitkan oleh pemerintah, salah satunya yang terbaru adalah ORI seri ke-20. Keuntungan yang didapat disebut dengan kupon. 

 

Besaran kupon berbeda-beda. Sejak awal, sudah ditentukan berapa persen kupon yang akan diterima. Kupon atau imbal hasil akan dibayarkan setiap bulannya sebelum tanggal jatuh tempo.

 

Jika sudah masuk tanggal jatuh tempo, maka modal awal yang kamu investasikan akan ditransfer kembali secara otomatis. Nah, tanggal jatuh tempo ini bisa berbeda-beda pada setiap jenis SBN.

 

Besaran Kupon dan Tanggal Jatuh Tempo ORI020

 

Khusus untuk ORI020, tingkat kupon yang ditawarkan adalah sebesar 4,95 persen. Dengan kata lain, kamu akan mendapatkan keuntungan 4,95 persen dari modal yang diinvestasikan. 

 

Tapi, tidak seperti instrumen investasi lain, keuntungan ini tidak akan didapatkan di akhir masa jatuh tempo, melainkan dibagi ke dalam beberapa bulan. Ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagimu setiap bulannya. 

 

Untuk tanggal jatuh temponya sendiri, SBN ini memiliki tanggal jatuh tempo di 15 Oktober 2024. Kupon dari investasimu nantinya akan terus dibayarkan setiap bulan sampai tanggal tersebut. 

 

Kemudian, kalau sudah masuk ke tanggal jatuh tempo itu, barulah modal investasimu dikembalikan. 

 

Bagaimana Cara Berinvestasi ORI020?

 

Nah, kalau kamu tertarik untuk berinvestasi dengan ORI, berikut ini cara yang perlu kamu perhatikan: 

 

1. Membeli sebelum lewat tanggal penawaran

 

Penting untuk diketahui bahwa obligasi memiliki masa penawaran. Kamu hanya bisa melakukan pembelian di masa tersebut.

 

Tanggal penawaran untuk ORI020 adalah tanggal 4-21 Oktober 2021. Jadi, kalau kamu mau berinvestasi di obligasi ini, pastikan kamu membelinya sebelum lewat dari tanggal 21 bulan ini, ya. 

 

2. Mendaftar di mitra distribusi 

 

Pemerintah sudah bekerja sama dengan sejumlah mitra distribusi untuk menjual obligasi. Mitra distribusi ini terdiri atas 17 bank, 4 perusahaan sekuritas, 3 fintech agen penjual reksa dana, serta 3 fintech peer to peer lending.

 

Kamu tinggal memilih salah satu dari mitra distribusi tersebut untuk melakukan pembelian. Kemudian, daftarkan dirimu ke mitra tersebut. 

 

Misalnya, salah satu bank yang melayani pembelian obligasi adalah bank digital Digibank dari DBS. Kamu bisa membuka rekening Digibank untuk bisa melakukan pembelian obligasi. 

 

3. Melakukan pemesanan dan pembayaran

 

Berikutnya, melalui mitra distribusi, kamu bisa langsung melakukan pemesanan. Minimum jumlah pemesanan adalah Rp1 juta, berlaku kelipatan. 

 

Lalu, setelah memesan, kamu bisa melakukan pembayaran dengan mengikuti instruksi dari mitra distribusi yang kamu gunakan. Setelah pembayaran diterima, kamu akan mendapatkan konfirmasi. 

 

4. Menunggu tanggal setelmen

 

Walaupun kamu sudah menerima konfirmasi pembayaran, kamu tetap harus menunggu sampai tanggal setelmen untuk menerima bukti kepemilikan obligasi. 

 

Tanggal setelmen adalah tanggal penerbitan. Sebelum tanggal setelmen, kamu belum akan menerima bukti kepemilikan ORI020 yang sudah dibeli. 

 

Mengapa Perlu Berinvestasi dengan ORI020?

 

Kalau kamu memutuskan untuk berinvestasi dengan ORI, kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan, seperti: 

 

1. Dapat penghasilan pasif

 

Penghasilan pasif merupakan penghasilan yang didapatkan tanpa melakukan pekerjaan tertentu secara aktif. Penghasilan pasif ini bisa didapatkan dari kupon obligasi yang kamu beli. 

 

Setiap bulan, kamu akan menerima imbal hasil secara berkala, sesuai dengan besaran kupon dan modal investasimu. Kamu jadi punya penghasilan tambahan di luar penghasilan utamamu. 

 

2. Dijamin oleh negara

 

Tidak perlu takut kalau modal investasimu hangus atau gagal dikembalikan. Karena diterbitkan oleh pemerintah, obligasi ini dijamin oleh negara. 

 

Ada perundangan yang sudah mengatur tentang tata cara pembelian obligasi ini. Tidak ada risiko kehilangan dana, karena modal investasimu sudah pasti dikembalikan oleh pemerintah. 

 

3. Bisa dibeli oleh pemula

 

Investor pemula biasanya belum memiliki modal investasi yang terlalu besar. Untungnya, untuk bisa membeli ORI020, kamu memang tidak diharuskan untuk menyiapkan dana yang banyak.

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hanya dengan Rp1 juta saja, kamu sudah bisa mulai berinvestasi. Ini membuat obligasi dengan ORI sangat cocok bagi kamu yang masih pemula.

 

4. Lebih menguntungkan dari deposito

 

Sebelumnya mungkin kamu sudah pernah berinvestasi dengan deposito. Deposito memang termasuk sebagai instrumen investasi dengan risiko paling rendah, sehingga banyak digunakan pemula. 

 

Tapi, SBN memiliki potensi keuntungan yang lebih besar dari deposito. Meskipun, risikonya juga sedikit lebih tinggi dari deposito, namun tetap lebih rendah dari sejumlah instrumen lain seperti saham. 

 

Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa berinvestasi dengan SBN adalah pilihan tepat jika ingin memulai investasi yang imbal hasilnya tidak terlalu rendah seperti deposito. 

 

Kalau kamu memang tertarik dengan ORI020, segera beli obligasi pertamamu sekarang sebelum lewat dari tanggal penawaran yang berlaku. Selamat berinvestasi!