Beranda > Finansial > Investasi Emas atau Berlian? Ini Perbandingannya Agar Untung Maksimal

Investasi Emas atau Berlian? Ini Perbandingannya Agar Untung Maksimal

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Investasi Emas atau Berlian? Ini Perbandingannya Agar Untung Maksimalwatermark

TUNAIKU.COM – Emas sampai saat ini memang masih dianggap sebagai investasi yang paling baik. Kendati demikian, berinvestasi pada emas bukan berarti menghindarkan kamu dari fluktuasi harga di pasar emas.

 

Ketika harga emas batangan mulai naik atau turun, mungkin saja kamu akan mulai kembali berpikir mengenai pilihan investasi. Apakah dengan naik-turunnya harga emas, akan berpotensi mengganggu rencana investasi di masa depan? Atau bagaimana apabila kamu beralih ke investasi lainnya, misalnya saja berlian?

 

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Eropa, berlian hanya dipandang sebagai sebuah perhiasan semata. Tetapi pada beberapa negara, seperti India, Cina, dan Rusia masyarakat mereka menganggap berlian sebagai sebuah investasi.

 

Artikel terkait: Yuk berinvestasi

  1. Apakah Mobil Bisa Menjadi Barang Investasi?
  2. 5 Jenis Investasi Saham yang Sebaiknya Dihindari di Tahun 2018 Ini!
  3. Jenis Investasi yang Cocok untuk Kamu Berdasarkan Zodiak

 

Berlian Sebagai Investasi

Berlian memang sangat indah dan membuat semua orang menyukai kilaunya. Hampir semua orang percaya kalau berlian bisa dijadikan investasi yang menguntungkan. Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan beberapa hal kalau ingin menjadikan berlian sebagai investasi.

 

Berlian termasuk barang yang harganya dipengaruhi oleh inflasi, jadi kamu perlu mempertimbangkan hal ini sebelum mulai berinvestasi berlian. Tetapi, berlian juga termasuk barang dengan harga tinggi, baik saat dibeli maupun dijual kembali. Harga tinggi inilah yang bisa kamu jadikan landasan untuk memilih berlian sebagai investasi.

Swara Tunaiku Pinjaman Tanpa Agunan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

Berlian dengan kualitas yang baik tentu akan dilengkapi dengan sertifikat. Pada sertifikat tersebut berisi mengenai karakteristik dari batu berlian tersebut. Kalau kamu ingin menjual kembali berlianmu, sertifikat tersebut sangat penting untuk mengetahui fakta keaslian berlian.

 

Emas Sebagai Investasi

Emas merupakan logam mulia yang umum dijadikan sebagai investasi pada hampir semua orang. Selain itu, emas juga bisa dijadikan aset kekayaan seseorang dari waktu ke waktu. Pada sarana investasi, permintaan emas yang semakin meningkat dari tahun ke tahun menjadikan logam mulia ini adalah investasi yang sangat umum.

 

Apabila dikaitkan mana yang lebih menguntungkan berlian atau emas batangan maka kamu perlu mencari tahu lebih detail mengenai kedua barang tersebut. Pasalnya, pasar berlian saat ini sulit diduga karena merupakan termasuk pemain baru di dunia investasi. Sedangkan emas telah terbukti selama bertahun-tahun sebagai alat investasi yang menguntungkan.

 

Nggak hanya itu, fluktuasi harga berlian yang saat ini mungkin belum sestabil emas bisa berarti dua hal: sama-sama mendatangkan keuntungan dan kerugian. Risiko rugi yang ditanggung pada investasi dengan fluktuasi harga yang dinamis sangat besar, namun peluang untung besar juga sama besar besarnya dengan risiko merugi.

 

Berbeda dengan emas yang mengikuti harga pada saat itu. Naik turunnya harga emas nggak akan sedinamis berlian. Dengan kata lain saat merugi mungkin nggak akan separah kerugian pada berlian, namun saat untung mungkin juga nggak akan seuntung berlian.

 

Artikel terkait: Yuk berinvestasi

  1. Sebelum Investasi Mata Uang Asing, Pahami Dulu 10 Hal Ini
  2. Bagaimana Cara Berinvestasi Valuta Asing untuk Pemula?
  3. Ingin Berinvestasi? Yuk, Kenali Jenis Investasi Berpajak dan yang Tidak

 

Berlian umumnya hadir dalam bentuk perhiasan yang dijual di toko perhiasan yang biasanya akan dipotong saat dijual kembali dan hal ini berbeda dengan emas batangan. Lalu manakah yang akan menjadi pilihan Anda untuk investasi?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett