Beranda > Finansial > Hai Milenial, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bisa Menikmati Masa Tua dengan Bahagia

Hai Milenial, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bisa Menikmati Masa Tua dengan Bahagia

PAULUS RISANGPaulus Risang
Hai Milenial, Lakukan 5 Hal Ini untuk Bisa Menikmati Masa Tua dengan Bahagiawatermark

TUNAIKU.COM – Banyak sekali stigma tentang milenial yang dianggap nggak bisa memikirkan masa depan karena hidup lebih mementingkan kesenangan saat ini saja. Namun, nggak semua milenial seperti itu kok. Milenial masih bisa merencanakan masa depan yang lebih baik dengan mengubah gaya hidup dan mindset tentang keuangan mereka.

 

Saya sendiri merasa bahwa menanamkan mindset yang baik bisa selalu menjadi sebuah pegangan dalam setiap tindakan kita, termasuk untuk mengubah gaya hidup. Nah, buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana sebuah mindset yang baik agar bisa hidup di hari tua dengan lebih bahagia, simak artikelnya di bawah ini!

 

1. Hidup semampunya dan sesuai kebutuhan

Dalam hidup kita terkadang menginginkan sesuatu yang nggak kita butuhkan dan di luar kemampuan kita untuk mendapatkannya. Jika sudah begitu, kamu akan jatuh ke sebuah pemborosan. Memiliki mindset untuk hidup sesuai kebutuhan dan sesuai kemampuan itu penting kamu terapkan. Misalnya ponsel kamu yang sekarang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mengapa harus update ponsel keluaran terbaru yang justru akan membuatmu boros?

 

Artikel Terkait: Investasi untuk Pemula

  1. Investor Pemula Mau Cepat Kaya? Lirik Investasi Ini yang Meningkat Setiap Tahun
  2. 5 Portal Investasi yang Cocok untuk Mahasiswa, Bermodal Hanya Rp100 Ribu
  3. Pilih Investasi Emas atau Reksa Dana?Yuk, Pelajari dan Kenali Lebih Dalam

 

2. Tabungan yang banyak lebih baik daripada barang bermerek untuk dipamerkan

“Sawang sinawang” sebuah pepatah Jawa mengatakan, bahwa hidup ini adalah untuk melihat apa yang bisa dilihat. Kebanyakan orang-orang hanya melihat sesuatu dari luarnya saja, sehingga menimbulkan semacam motivasi dari diri kita untuk tampil mewah di hadapan orang. Namun sebenarnya, yang harus kamu yakini adalah memiliki tabungan banyak jauh lebih penting dari sekadar memiliki barang bermerek untuk dipamerkan orang lain di media sosial. Karena orang lain nggak terlalu peduli dengan apa yang kamu miliki, mereka hanya ingin mengukur seperti apa gaya hidup kita. Sudah saatnya memperhatikan diri kita sendiri dengan cara menambah saldo tabungan untuk masa depan.

 

3. Mengesankan orang lain itu hal yang nggak perlu dilakukan

Karena ingin memperlihatkan status atau ingin dipuji orang lain, nggak jarang kita memamerkan apa prestasi kita, atau bahkan barang-barang yang baru saja kita beli. Mungkin kita bisa merasa puas saat ada orang lain yang mengapresiasi. Namun, nggak jarang orang lain nggak terlalu peduli dengan apa yang kita miliki. Jika sudah seperti itu justru kamu merasa ingin semakin membuat orang lain terkesan dan ujung-ujungnya boros. Jauhkan pemikiran untuk mengesankan orang lain. Sebagai gantinya, tetap hidup sederhana sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu yakinlah hidup akan menjadi lebih tenang dan bahagia.

 

4. Berbagi dengan orang lain tetap perlu dilakukan

Sudah susah payah hidup sederhana dan berhemat tetapi kamu nggak mau berbagi dengan orang lain? Maka runtuh sudah keberkahan yang menyelimuti finansialmu. Ada kalanya kita harus berbagi ke sesama dengan tulus ikhlas sehingga rezeki yang kita dapat lebih berkah dan justru dengan berbagi, hidup bisa menjadi lebih bahagia, lho.

 

Artikel Terkait: Kiat Mengatur Keuangan

  1. Bagaimana sih Cara Menabung Lebih Banyak? Lakukan 5 Hal Berikut!
  2. Selain Uang Tak Cepat Habis, Ini Keuntungan Nabung Deposito
  3. Kamu Bakalan Rugi Kalau Nggak Memanfaatkan Trik-trik Jitu Menabung Saham Ini!

 

5. Hasilkan pemasukan tambahan dari barang yang kamu miliki

Jika kamu sudah sangat ingin membeli suatu barang, pastikan barang itu bisa menimbulkan manfaat lain bagimu, sehingga uang yang kamu miliki nggak hanya untuk membeli barang saja, tapi juga bisa menghasilkan penghasilan tambahan untukmu. Misalnya saat membeli kendaraan baru, usahakanlah agar kendaraan itu bisa membuat kamu lebih produktif lagi dalam bekerja. Syukur-syukur kamu bisa mendapatkan tambahan pekerjaan lain karena kendaraan barumu.

 

Itulah 5 mindset penting yang perlu kamu tanamkan sebagai seorang milenial yang peduli dengan nasib keuangan di hari tua. Dengan menanamkan mindset ini harapannya tindakan kamu ke depan bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

 

CTABARU1

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett