Beranda > Finansial > Demi Rencana di Masa Depan, Coba 5 Cara Tepat Menabung Walaupun Gaji Pas-Pasan Berikut Ini

Demi Rencana di Masa Depan, Coba 5 Cara Tepat Menabung Walaupun Gaji Pas-Pasan Berikut Ini

Demi Rencana di Masa Depan, Coba 5 Cara Tepat Menabung Walaupun Gaji Pas-Pasan Berikut Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Menabung seharusnya menjadi prioritas bagi mereka yang sudah bekerja dan berpenghasilan. Tapi, gaji yang pas-pasan seringkali menjadi alasan terkuat kenapa menabung itu sulit dilakukan. Sebenarnya definisi gaji pas-pasan itu subjektif, sih, alias berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi, secara garis besar, gajimu termasuk pas-pasan jika nominalnya beda tipis dengan dengan pengeluaran.

 

Misalnya, kamu sudah berusia 27 tahun dan sudah berkeluarga, tapi gajimu hanya berkisar Rp 5 juta. Atau, seorang fresh graduate dengan gaji yang beda tipis dengan nilai UMR.

 

Tapi, selalu ada celah-celah yang bisa diusahakan kok, Kawan Tunaiku. Berikut 5 cara tepat menabung walaupun gaji pas-pasan yang harus kamu lakukan.

 

  1. Menabung di depan, bukan berdasarkan sisa

Selama ini mungkin mindset-mu masih “NABUNG KALAU ADA SISA”. Padahal yang benar adalah “MENABUNG DI DEPAN.” Ini berarti, setiap kali gajian maka langsung potong minimal 10% untuk tabungan. Supaya lebih pasti dan praktis, gunakan fasilitas auto-debet. Uang yang tersisa barulah dipakai untuk melunasi tagihan dan kebutuhan hidup sehari-hari.

 

  1. Tekan pengeluaran saat belanja bulanan

Awal bulan memang jadwalnya ke pasar dan menyetok kebutuhan di rumah. Berbelanja tanpa membawa daftar barang yang harus dibeli, besar kemungkinan kamu akan menghabiskan uang lebih banyak dan membeli yang nggak perlu. Dengan membuat daftar kebutuhan, kamu bisa memperkirakan pengeluaran dan mencoret yang sekiranya bisa ditunda.

 

  1. Biar lebih hemat lagi, mending beli barang second yang masih baik keadaannya

Misalnya, sepeda bekas, furnitur bekas, atau sepatu bekas, yang tentunya masih dalam keadaan baik, ya. Jika lihai mencari, bisa aja kamu ketemu sepatu dengan brand terkenal yang dijual setengah harga asli hanya karena kemasannya robek sedikit. Penawaran seperti ini bisa kamu temui di lapak e-commerce alias toko online. Sedangkan untuk furnitur seperti meja makan, kursi, atau rak piring bisa kok dicari di pasar loak. Coba baca ini untuk tahu pasar mana aja yang bisa kamu tuju.

 

  1. Kurangi pengeluaran di makan dan nongkrong

Kamu sadar nggak sih, sekali nongkrong rata-rata kamu akan menghabiskan uang minimal Rp 50 ribu, lho. Kalau nongkrongnya tiap minggu, bisa jadi Rp 200 ribu. Lebih baik uangnya ditabung, kan? Kumpul dengan teman-teman boleh kok, tapi batasi saja jadi satu bulan sekali.

 

  1. Supaya makin mantap, cobalah cari pekerjaan sampingan

Supaya penghasilanmu jadi nggak pas-pasan lagi, saatnya mencari kerja sampingan. Nominalnya mungkin nggak terlalu besar, tapi, lumayan lah untuk mennambah tabungan. Pekerjaan sampingan pun banyak jenisnya yang bisa kamu lakukan sesuai keahlian. Tunaiku udah pernah kok, mengupas mengenai penghasilan tambahan buat pekerja kantoran. Coba baca di sini ya.
Kawan Tunaiku, sebenarnya ada banyak kok cara untuk menabung walaupun gaji pas-pasan. Kalau kamu ingin mencoba lima hal di atas, kamu harus konsisten dan teguh melakukannya. Kelihatannya berat, tapi mulai saja terlebih dahulu dan kamu akan terbiasa. Selamat mencoba!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett