SWARA – Yang namanya cewek, pasti paham banget pentingnya kosmetik dan produk skin care untuk menunjang penampilan yang tanpa cela. Saya yang laki-laki pun jadi ikutan ngerti gara-gara pacar saya kerap iseng merawat wajah saya dengan produk-produk yang dia beli. Dengan pangsa pasar yang luas, saya jadi berpikir bahwa buka usaha kosmetik dan perawatan wajah sepertinya menjanjikan.

Lalu, saya pun teringat salah satu teman yang memulai bisnis kosmetik lewat jasa titip. Dia membuka bisnisnya nyaris tanpa modal, lho. Apalagi kesempatan untuk terjun ke bisnis ini kian terbuka lebar dengan adanya situs belanja online maupun marketplace,

 

Kamu pun bisa ikutan membuka usaha produk kecantikan sendiri meski modalnya minim, kok. Bagaimana caranya? Simak saja tulisan berikut sampai tuntas.

 

Artikel terkait: Usaha modal kecil untuk pemula.

  1. 5 Cara Jitu Memulai Usaha Pakaian Bagi Pemula
  2. Ingin Penghasilan Tambahan? Ini 4 Langkah Praktis Memulai Usaha Kecil
  3. 8 Peluang Bisnis Musiman Diakhir Tahun Ini Sangat Menjanjikan

 

Beberapa cara memulai usaha produk kecantikan

Produk kosmetik dan skin care punya rentang harga yang bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Nah, ada beberapa cara yang dapat kamu manfaatkan untuk memulai bisnis ini.

 

1. Buka jasa titip/pre-order

Beberapa situs e-commerce produk kecantikan dari luar negeri menawarkan ongkir gratis ke Indonesia jika kamu berbelanja minimal nominal tertentu. Teman yang saya ceritakan di atas, membuka jasa titip beli/pre-order ke sebuah situs belanja produk kecantikan dari Korea. Begitu kuotanya terpenuhi, pembelian langsung dilakukan. Kamu bisa mengutip rupiah dari konsumen untuk jasa kamu.

 

2. Menjadi reseller atau dropshipper

Keduanya sama-sama memasarkan barang yang didapat dari penyuplai. Reseller butuh modal sedikit lebih banyak karena harus membeli barang dari supplier, tapi ia memiliki kontrol terhadap persediaan. Sementara, dropshipper biasanya cuma jualan online saja, karena sekadar bertindak sebagai perantara bagi pembeli dan penyuplai.

 

3. Berjualan di toko fisik

Kalau punya modal yang cukup, katakanlah Rp 10-20 juta, sebenarnya kamu sudah bisa menyewa kios dan membuka toko kosmetik kecil-kecilan. Modal tersebut bakal digunakan untuk membeli segala kebutuhan untuk berjualan, seperti etalase, perabot, barang dagangan, maupun untuk menyewa tempat.

 

Kamu pun harus siap dengan biaya operasional yang dikeluarkan tiap bulannya, seperti listrik, sewa tempat, dan gaji karyawan. Saya kira, kamu bisa membuka toko fisik belakangan setelah usahamu sudah cukup menghasilkan.

 

Kiat jitu memulai usaha produk kecantikan yang menjanjikan dengan modal kecil

Nah, jika kamu memutuskan untuk memulai bisnis ini, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

1. Jaga reputasimu dengan menjual produk yang asli

Sekarang ini, merk produk kecantikan ternama banyak yang dibikin versi KW-nya. Sepatu KW sih masih bisa dipakai, tapi siapa yang bisa menjamin kualitas dan keamanan kosmetik dan skin care palsu? Kita nggak pernah tahu apa yang terkandung di dalam produk palsu tersebut. Apalagi, kemasannya sukar dibedakan dengan yang asli.

 

Maka dari itu, untuk menjaga reputasimu tokomu, pastikan kamu hanya menjual produk yang asli dari distributor resmi agar keamanannya terjamin.

 

2. Manfaatkan media sosial untuk promosi

Baik jualan di toko fisik maupun online, kamu harus punya akun media sosial seperti Facebook dan Instagram agar bisa selalu engage dengan konsumen. Kalau kamu punya wajah yang menarik, sekalian jadi Youtuber yang mengulas berbagai produk kecantikan juga boleh, lho!

 

3. Sediakan sampel untuk calon pembeli

Produk kosmetik seperti bedak dan lipstik itu cocok-cocokan dengan warna kulit konsumen. Wanita suka enggan membeli produk yang tidak ada sampelnya karena warnanya belum tentu cocok di kulitnya.Jadi buat kamu yang membangun toko fisik, jangan lupa sediakan sampel, ya.

 

4. Pastikan barang yang dikirim sudah dicek dikemas dengan baik

Produk kosmetik seperti bedak atau eyeshadow itu gampang pecah. Jika konsumen menerima barang dalam kondisi cacat, mereka pasti enggan untuk membeli produk lagi di tempat kamu. Jadi, teliti barangnya sebelum dikirim dan pastikan kamu mengemasnya dengan baik, misalnya dibungkus dengan bubble wrap.

 

Artikel terkait: Manfaat KTA Tunaiku untuk modal usaha.

  1. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah
  2. Pakai KTA Online Terpercaya, Ini 10 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa
  3. Ini Kiat Memulai Bisnis Online Plus Cari Solusi Modal dari KTA Tunaiku

 

Jika butuh tambahan modal usaha, kini kamu bisa mendapatkan pinjaman KTA lewat Tunaiku. Sekarang KTA Tunaiku nggak cuma diperuntukkan bagi karyawan, tapi juga pelaku UMKM. Kamu dapat mengajukan pinjaman antara Rp2-20 juta dengan periode cicilan antara 6-20 bulan.

 

Jadi, tertarikkah kamu dengan usaha kosmetik dan skin care? Saya sih, tertarik!

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

KTA


PAULUS RISANGPAULUS RISANG