SWARA – Mayoritas orang yang saya temui pastinya menginkan memiliki usaha. Meskipun usaha baru bisa dimulai tahun depan, ada baiknya segala sesuatunya mulai dipersiapkan dari sekarang. Entah itu ide, modal, bahkan keamanan data untuk bertransaksi. 

 

Artikel Terkait: Pengin Membuka Usaha? Baca Ini

  1. Ingin Membuka Usaha? Lakukan 5 Cara Jitu Ini untuk Mencari Modal
  2. Rekomendasi 10 Usaha yang Sukses Walaupun Beroperasional di Tempat Sepi
  3. 4 Jenis Usaha Waralaba Beromzet Belasan Juta yang Jadi Incaran

 

Tahukah kamu, tanpa sepengetahuanmu pihak di luar sana bisa mencuri data penting? Tentu saja data yang dicuri darimu ini data penting yang bisa merugikanmu. Lebih parahnya, pencurian data ini bisa mengakibatkan pembobolan ATM. Ngeri, kan?

 

Tentunya kamu nggak ingin mengalami nasib demikian, kan? Untuk itu, ada beberapa tips untuk mencegah pencurian data!

 

1. Penggunaan wifi publik

Apakah kamu salah satu pemburu wifi gratis? Jika ya, nampaknya mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati. Pasalnya, wifi publik itu sangat rentan untuk diretas. Sepanjang kamu menggunakan wifi, sepanjang itu juga penggunaan smartphone-mu diretas. Ya sebenarnya sah-sah saja menggunakan wifi publik. Namun, pastikan kamu nggak membuka data penting saat menggunakan wifi, misalnya bertransaksi menggunakan mobile banking.  

 

2. Memberi tahu 6 digit nomor kartu pada orang lain

Jika kamu adalah penjual di lapak online dan menggunakan kartu BCA, ada baiknya lebih berhati-hati. Pasalnya, beberapa waktu lalu ada modus penipuan di mana seseorang yang berpura-pura menjadi pembeli meminta 6 digit nomor kartu. Ada pun alasannya adalah untuk melakukan transaksi melalui transfer One Klik. Nah, ini yang perlu kamu waspadai. 6 digit nomor tadi digunakan untuk input data secara manual untuk konfirmasi setelah kamu melakukan transaksi.  

 

3. Memberikan informasi pin dan OTP pada orang lain

Ini yang harus kamu perhatikan. Jangan sekali-kali membeirkan informasi berupa pin ATM, atau kode OTP kepada orang asing. Sebenarnya orang terdekat pun nggak boleh, karena hal ini sifatnya sangat rahasia dan riskan. Bahkan, pihak bank saja nggak berwenang. Kamu nggak pernah, kan, ada pihak bank yang meminta informasi seputar pinmu?

 

4. Menggesek di mesin non-EDC

Transaksi menggunakan kartu debit atau kredit yang tepat adalah menggunakan mesin EDC. Hal ini karena sudah ada perlindungan untuk data nasabah. Jadi, datamu pastinya aman jika kartu debit atau kredit digesek di mesin EDC. Yang harus kamu waspadai jika kasir menggesek kartumu di mesin cash register. Menggesek kartu di mesin cash register secara otomatis akan menyimpan datamu di komputer. Ini yang membuat data pentingmu dicuri orang.  

 

5. Memiliki kombinasi pin yang mudah ditebak

Dalam pemilihan pin, kamu harus menggunakan kombinasi rumit. Adapun kombinasi seperti tanggal ulang tahun sangatlah mudah ditebak. Pun dengan kombinasi urutan angka. 

 

6. Bertransaksi di online shop

Berbelanja via online memang sudah menjadi budaya. Selain bisa mendapatkan harga murah, kamu nggak perlu ribet. Dalam pembayaran pun, kamu bisa menggunakan kartu debit atau kredit. Nantinya, kamu akan diminta menuliskan 3 digit CVV bila menggunakan kartu kredit. Namun, tahukah kamu kalau nggak ada jaminan terhadap keamanan yang diberikan si online shop?

 

7. Menginstalasi sembarang aplikasi di smartphone 

Apakah kamu memiliki banyak aplikasi dalam smartphone? Coba tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu benar-benar membutuhkan aplikasi tadi? Pasalnya, aplikasi tadi sangat rentan untuk disisipi virus. Keberadaan virus ini membuat peretas lebih mudah dalam meretas datamu. Dan salah satu aplikasi yang harus kamu waspadai adalah VPN gratis.

 

Artikel Terkait: Suka Belanja Online? Baca Ini

  1. Hemat dan Aman Berbelanja Online untuk Lebaran, Begini Caranya!
  2. Kamu Hobi Belanja Online? Yuk, Ikuti Tipsnya Agar Nyaman!
  3. Ditipu Belanja Online? Tenang, Kamu Bisa Lapor, Kok!

 

Itu dia 7 tips buat kamu untuk melindungi data-data penting. Mulai sekarang, kamu harus lebih berhati-hati, ya. Jangan sembarang ada wifi langsung disambungkan.