SWARA – Minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan anak muda. Boba, minuman yang berasal dari Taiwan dengan nama zenzhu naicha membuat rindu kita semua yang terpaksa di rumah saja selama pandemi Covid-19 berlangsung. 

 

Berapa uang yang kamu habiskan per minggu untuk membeli boba? Sebagai pecinta boba, biasanya saya menghabiskan uang sebesar Rp100 ribu per minggu untuk menikmati boba kesukaan saya. Nominal yang tidak sedikit, kan? Saat ini, kondisi yang tidak memungkinkan saya untuk pergi ke luar juga membuat saya harus menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli boba melalui ojek online.

 

Untuk mengobati kerinduan dan menghemat budget, tanpa sengaja saya menemukan resep pembuatan boba di Google. Ternyata pembuatannya sangat mudah. Karena lagi di rumah aja, nggak ada salahnya untuk mencoba membuat boba sendiri. Kamu yang punya waktu luang yang banyak di rumah, bisa mencoba resep di bawah ini.

 

Bahan-bahan yang kamu perlukan

  • Tepung tapioka
  • Gula merah
  • Gula pasir 
  • 1 liter air 

 

Cara membuat:

  1. Didihkan air di panci, lalu masukkan gula merah dan pasir dan aduk sampai semuanya tercampur dengan merata.
  2. Masukkan tepung tapioka, kemudian aduk sampai merata dan larut. Setelah itu keluarkan dari panci.
  3. Langkah selanjutnya, adonan diuleni agar tercampur secara merata. Lalu bentuk adonan memanjang, dan potong kecil-kecil. Setelah itu bentuk bulat menyerupai bola kecil.
  4. Setelah membentuk adonan bulat-bulat maka  masukkan boba mentah tadi ke dalam wadah yang isinya tepung tapioka agar tidak lengket
  5. Setelah itu tiriskan boba tersebut menggunakan saringan agar tidak menempel.
  6. Kemudian kamu dapat mendidihkan air air di panci yang berbeda, setelah itu masukkan boba mentah tadi. Lalu rebus boba tersebut kira-kira 10-15 menit. Maka boba siap diangkat dan ditiriskan. Selamat menikmati!

 

Ternyata, membuat boba sangatlah mudah, kan? Kamu nggak harus menghabiskan banyak uang untuk menikmati minuman favoritmu, walaupun sedang di rumah aja. Boba merupakan minuman yang ramah terhadap segala umur dan menjadi minuman favorit semua orang. Bisa jadi peluang bisnis yang bagus, kan?

 

Sebelum kamu berbisnis, kamu perlu mempertimbangkan. Kira-kira boba buatanmu sudah bisa bersaing belum dengan boba yang sudah terlebih dulu dijual di pasaran? Boleh sih kamu merasa pede karena boba buatanmu sudah enak dan bahkan secara rasa mengalahkan boba yang dijual di luar sana. Tapi, dalam berbisnis kamu juga harus berpikir mengenai keberlangsungan bisnismu. Bagaimana bila kita mengubah rencana bisnis? Daripada membuat merk boba baru, yuk coba melakukan franchise boba!

 

Baca JugaLagi Hits, Cicicpi 4 Rekomendasi Boba Broen Sugar Terbaik di Jakarta!

 

Apa itu franchise?

Secara umum, franchise alias waralaba adalah metode dalam sistem distribusi barang atau jasa, yang membentuk hubungan kerjasama antara franchisor (pemilik usaha) dengan franchisee (investor/ pemilik modal). Apalagi saat ini franchise minuman semakin banyak diminati di Indonesia. Oleh karena itu, kamu bisa membuka usaha baru dengan memanfaatkan kesempatan ini. 

 

Simak tips memilih merk boba yang berpeluang memberikan keuntungan!

 

1. Pilih merk boba yang memiliki nama besar

Tentunya hal ini akan menjadi target pemasaran buat kamu, oleh karena itu pentingnya suatu brand yang telah dikenal oleh masyarakat. Nama yang besar atau merk yang kuat seringkali menjadi daya tarik bagi para pembeli minuman boba ini. Dengan adanya  brand yang dikenal oleh masyarakat luas, maka akan membuat bisnis bobamu selangkah lebih maju dalam menjaring pembeli.

 

2.Pilih merk boba sesuai dengan modal

Hal ini penting kamu pertimbangkan dalam membuka suatu usaha, yaitu modal. Ketika kamu ingin membuka merk boba kamu harus menyesuaikan dengan budget kamu, jangan terlalu memaksakan diri. Misalnya jika kamu mempunyai modal 6 juta maka kamu harus pilih merk boba yang sesuai dengan budget tersebut. Karena pastinya setiap usaha akan memiliki modal yang berbeda-beda.

 

3. Pastikan informasi lengkap tentang merk boba yang akan kamu franchise

Tentunya jika kamu ingin membuka waralaba boba, kamu harus mengetahui informasi terkait merk boba yang diminati saat ini. Galilah informasi sebanyak mungkin tentang merk boba yang diminati oleh banyak orang untuk membantumu dalam menghasilkan cuan lebih banyak. 

 

Hal ini juga bertujuan kemungkinan-kemungkinan yang terjadi dalam jangka panjang terhadap usaha bobamu.

4. Sebisa mungkin, pilih merk boba yang sesuai dengan merk favoritmu

Tentunya akan banyak merk boba yang bersaing di pasaran. Namun, kamu bisa selektif dalam memilih brand yang akan kamu pasarkan yang sesuai dengan keinginanmu. Dengan membuka usaha sesuai dengan merk favoritmu, kamu akan lebih giat menjaga kelangsungan bisnismu.

 

5. Pilih merk boba yang memiliki manajemen bisnis yang bagus

Sistem manajemen bisnis yang bagus akan mempengaruhi perkembangan suatu usaha. Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk memilih merk boba yang mempunyai manajemen bisnis yang baik. Dengan selektif memilih merk boba berdasarkan manajemen bisnis yang baik, kamu juga akan berkenalan dengan partner bisnis yang juga sevisi denganmu. 

 

Untuk kamu yang ingin mencoba bisnis boba, kamu bisa mengikuti kiat-kiat di atas. Penting pula untukmu mendengarkan keinginanmu dalam membuka usaha. Kamu bisa semakin bersemangat dalam menekuni bisnismu. Itulah beberapa tips yang bisa membantumu dalam memulai bisnis boba demi cuan yang melimpah. Sudah siap bisnis boba?