Beranda > Finansial > 10 Jenis Produk Asuransi yang Perlu Diketahui, Mana yang Wajib Dimiliki?

10 Jenis Produk Asuransi yang Perlu Diketahui, Mana yang Wajib Dimiliki?

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
10 Jenis Produk Asuransi yang Perlu Diketahui, Mana yang Wajib Dimiliki?watermark

TUNAIKU.COM– Asuransi merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih masyarakat Indonesia untuk meminimalisir risiko. Manfaat asuransi yang memberikan perlindungan menjadi solusi agar masyarakat tidak merasa was-was saat melakukan aktivitas. Lalu, risiko apa saja sih yang bisa diminimalisir bagi para pemegang polis asuransi. Beberapa perlindungan asuransi yang sering terdengar yaitu musibah, kematian, kecelakaan, kebangkrutan. Ternyata masih banyak lagi lho, produk asuransi yang perlu diketahui.

Jenis produk asuransi ini tergantung pada kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah produk asuransi perencanaan masa depan beberapa lainnya adalah produksi asuransi proteksi kerugian. Nah, agar semakin mengenali berbagai macam produk asuransi sesuai kebutuhan, simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Asuransi jiwa

Asuransi Jiwa adalah jenis asuransi yang akan memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya. Asuransi ini dapat digunakan sebagai keuntungan sendiri atau bisa juga dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Asuransi ini juga dapat dibeli untuk kehidupan orang lain. Seperti halnya suami bisa membeli asuransi jiwa yang nantinya akan memberikan manfaat setelah kematian sang istri. Atau orang tua yang dapat mengasuransikan dirinya terhadap kematian sang anak.

 

2. Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu jenis asuransi yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Asuransi jenis ini adalah asuransi yang iurannya dibayarkan perbulan untuk digunakan ketika si tertanggung mengalami masalah kesehatan. Dengan asuransi tersebut segala biaya proses perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

Artikel terkait: Pilih – pilih Asuransi

  1. Kiat Memilih Asuransi Berdasarkan Kondisi Finansial
  2. Ini 5 Alasan Kamu Butuh Asuransi sejak Muda!
  3. 5 Cara Memilih Perusahaan Asuransi Keluarga dengan Tepat

 

3. Asuransi kendaraan

Selain asuransi kesehatan, jenis yang paling populer di masyarakat Indonesia adalah asuransi kendaraan. Asuransi mobil banyak dipilih masyrakat Indonesia sebagai bentuk perlindungan terhadap kendaraan mereka jika suatu waktu mengalami musibah kehilangan atau kerusakan.

 

4. Asuransi kepemilikan rumah dan properti

Untuk melindungi aset berharga seperti rumah dan properti beberapa orang memilih untuk mengasuransikannya. Asuransi kepemilikan rumah dan properti ini akan memberikan proteksi terhadap segala kemungkinan kerugian seperti kehilangan barang, kerusakan atau kebakaran yang dapat menimpa rumah pemilik asuransi.

 

5. Asuransi pendidikan

Asuransi jenis ini adalah termasuk ke dalam asuransi untuk rencana masa depan anak. Asuransi pendidikan akan menjamin biaya pendidikan anak di setiap pergantian tahun jenjang pendidikan. Ini menjadi asuransi yang cukup populer mengingat biaya pendidikan saat ini semakin tinggi.

 

6. Asuransi bisnis

Asuransi Bisnis adalah asuransi yang memberikan proteksi terhadap kehilangan, atau kerusakan dan kerugian dalam jumlah yang besar yang kemungkinan akan terjadi pada bisnis seseroang. Asuransi ini akan memberikan penggantian kerusakan yang diakibatkan kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angina ribut, hujan, tabrakanm hingga kerusuhan.

 

7. Asuransi umum

Asuransi umum adalah asuransi yang memberikan proteksi terhadap resiko kerugian atau kehilangan manfaat dan juga tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Asuransi jenis ini bersifat jangka pendek, yaitu hanya sekitar satu tahun. Beberpacontoh asuransi ini adalah Jaminan Sosial yaitu asuransi hari tua dan asuransi sukarela.

 

 

Artikel terkait: Punya Barang Berharga? Asuransikan Aja

  1. Perbedaan Biaya Memperbaiki Mobil Dengan dan Tanpa Asuransi
  2. Beli Mobil Baru: Memang Butuh atau Sekadar Ikut Tren?
  3. Perhatikan 5 Pengeluaran Berikut Sebelum Kamu Beli Mobil!

 

8. Asuransi kredit

Untuk jenis asuransi ini sangat berkaitan dengan perbankan. Asuransi ini bertujuan melindungi lembaga keuangan selaku pihak pemberi kredit. Dengan asuransi ini lembaga keuangan mendapatkan kemanan perkreditan.

 

9. Asuransi kelautan

Sesuai dengan  namanya asuransi ini dipakai oleh mereka yang berada di bidang kelautan. Asuransi ini berfungsi memberikan proteksi terhadap ancaman kerugian seperti kerusakan kargo, kerusakan kapal, kecelakaan laut, penumpang terluka, dan ancaman lainnya.

 

10. Asuransi perjalanan

Asuransi ini adalah termasuk ke dalam jenis asuransi jangka pendek. Dengan asuransi perjalanan ini, pembeli premi asuransi ini akan mendapatkan manfaat perlindungan selama keberangkatan hingga pulang dari perjalanan. Proteksi yang ditawarkan asuransi ini diantaranya penanggungan biaya kecelakaan, biaya pengobatan darurat, evakuasi medis, pemulangan jenazah, hingga proteksi terhadap barang bawaan yang hilang atau rusak.

 

Kira-kira setelah mengenal 10 jenis produk asuransi yang ada di Indonesia, mana yang m. Melihat dari fungsinya, asuransi menjadi investasi yang cukup menguntungkannya, ya. Dari sekian banyak jenis asuransi diatas, kamu sudah punya asuransi yang mana aja?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett