Beranda > Finansial > 7 Cara Memulai Bisnis Sendiri Menurut Para Ahli

7 Cara Memulai Bisnis Sendiri Menurut Para Ahli

PAULUS RISANGPaulus Risang
7 Cara Memulai Bisnis Sendiri Menurut Para Ahliwatermark

TUNAIKU.COM – Memulai bisnis bagi sebagian orang memiliki pertimbangan yang berbeda-beda. Berbagai hal seperti modal, sumber daya hingga kesiapan diri untuk mengatur bisnis, bisa menjadi faktornya. Yang pasti, setiap orang yang ingin berbisnis nggak mau usahanya gagal di tengah jalan.

Presiden dan CEO SBDC Amerika, Tee Rowe, mengatakan bahwa penting sekali untuk melihat sumber daya yang tepat untuk membantu pelaku bisnis. Kebanyakan pelaku bisnis kebingungan tentang sumber daya yang tersedia. Nggak jauh beda dengan Usaha Menengah Kecil Menengah (UMKM), pastikan mengetahui sumber daya yang dibutuhkan ketika ingin memulai dari nol dan menerima masukan dari orang terdekat, pelaku dan konsultan.

Nah, jika kamu tertarik membangun usaha sendiri, coba perhatikan kiat-kiat dari para ahlinya berikut!

1. Mulai saja daripada menunggu nanti

Kari DePhillips, seorang CEO The Content Factory mengatakan ketika memulai bisnis ya mulai aja dulu. Begitu ingin berbisnis, segera lakukan, jangan menunda. Ketika kamu yakin untuk memulai bisnis maka peluang berhasil terus ada. Lain cerita jika ingin berbisnis tetapi nggak mulai-mulai. Namanya bisnis selalu berisiko, bisa berhasil dan gagal. Namun bisnis nggak bisa berhasil kalau belum memulai.

 

Artikel terkait: Inspirasi untuk memulai bisnis

  1. 6 Pebisnis Muda Inspiratif yang Mulai Berwirausaha Sejak Kuliah
  2. 7 Ide Bisnis Sukses Milik Maia Estianty, Bisa Ditiru!
  3. 5 Ide Bisnis Anak Presiden Jokowi yang Bisa Ditiru

2. Jangan membandingkan bisnismu dengan bisnis orang lain

Ketika ide bisnismu sama dengan bisnis orang lain itu sah-sah saja. Terkadang melihat pelaku lain bisa menjalankan bisnisnya dengan mulus ada rasa iri sekaligus takut. Maggie Germano, instruktur pendidikan keuangan bersertifikat dan pelatih keuangan mengatakan ketakutan dalam bisnis adalah hal normal, tetapi jangan biarkan itu menghambat karir bisnis.

Jika bertemu dengan pengusaha yang lebih sukses maka jangan pula untuk langsung membanding-bandingkan. Akan lebih baik jika belajar dari pengusaha yang sudah sukses agar bisa mengikuti jejaknya.

3. Perbanyak membaca dan mencari informasi tentang bisnis

Jika serius ingin berbisnis maka kamu harus rajin mencari informasi tentang dunia bisnis. Cobalah mencari buku tentang bisnis dan penunjangnya. Lalu baca juga kisah-kisah pengusaha sukses agar dapat memotivasi ketika menjalankan bisnis.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Membangun jaringan

Membangun jaringan dalam bisnis sangat penting. Dengan membangun jaringan dapat membantu mengembangkan bisnis. Jika bertemu dengan teman atau sesama pelaku bisnis, cobalah membuka diri, kopi darat lalu. Siapa tahu kamu mendapat rekanan baru untuk berbisnis.

5. Memiliki mentor

Selain jaringan, memiliki mentor perlu bagi pelaku bisnis. Carilah mentor yang berpengalaman dan bisa memotivasi kamu. Dengan memiliki mentor, kamu bisa belajar dari pengalamannya serta saran yang bisa membuat bisnismu berkembang.

 

Artikel terkait: Tips menjalankan bisnismu sendiri

  1. 6 Tips Menjalankan Bisnis Agar Tahan Lama
  2. Lakukan 7 Cara untuk Menarik Pembeli ini Kalau Bisnis Online Mulai Sepi
  3. 7 Cara Promosi Bisnis Tanpa Modal dan Bikin Untung Makin Besar

 

6. Membuat rekening khusus bisnis

Bagi pelaku bisnis, wajib memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Hal ini ditunjukan agar kamu bisa mengendalikan keuangan untuk pribadi dan bisnis. Dengan memiliki rekening khusus bisnis kamu bisa mengendalikan pengeluaran bulanan, pajak dan uang sewa. Pastikan rekening bisnis selalu memiliki saldo yang cukup untuk berjaga-jaga ketika situasi yang tidak diinginkan terjadi.

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett