Beranda > Finansial > 7 Alasan Kenapa Millennial Wajib Dapatkan Literasi Keuangan

7 Alasan Kenapa Millennial Wajib Dapatkan Literasi Keuangan

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
7 Alasan Kenapa Millennial Wajib Dapatkan Literasi Keuanganwatermark

TUNAIKU.COM – Nongkrong sepulang kantor. Liburan ketika long weekend. Hobi belanja dan bersenang-senang menghamburkan uang. Itulah ciri khas dari generasi millennial atau yang sering disebut juga dengan generasi langgas. Kesannya memang negatif karena nggak bisa dipungkiri kalau generasi ini dikenal dengan kehidupannya yang hedon dan boros.

 

Artikel terkait: Kehidupan seputar generasi millenial

  1. Pengeluaran yang Biasanya Dikeluarkan Generasi Millenial Selama Liburan
  2. SWARA KAMU: Tantangan Investasi Generasi Millenial
  3. Inilah 5 Kebiasaan Millenial Dalam Membelanjakan Uang Serta Dampaknya Terhadap Perekonomian

 

Sebenarnya, menikmati hidup itu sah-sah saja. Hanya saja, yang harus diperhatikan adalah jangan sampai melupakan literasi keuangan. Literasi keuangan adalah tingkat pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai lembaga keuangan formal, produk, dan jasa keuangan. Termasuk di dalamnya adalah manfaat, fitur, risiko biaya, kewajiban, dan hak dari suatu produk dan jasa keuangan.

 

Jadi kalau hang out sana sini menghamburkan uang, boleh saja. Hanya saja setelah kebutuhan utama dipenuhi, termasuk asuransi dan investasi. Kenapa literasi keuangan ini harus dipenuhi terutama kaum millennial? Ada tujuh alasan yang harus kamu ketahui.

 

1. Nggak mudah kena tipu

Tentu kamu sudah nggak jarang lagi dengar cerita tentang investasi bodong. Nggak hanya investasi bodong saja, sih, banyak juga yang tertipu dengan asuransi dan produk-produk inklusi keuangan lainnya. Penipuan ini bisa terjadi karena rendahnya literasi keuangan. Untuk itu, pemahaman seputar literasi semata-mata melindungimu dari penipuan.

 

2. Generasi millennial merupakan penerus bangsa

Menurut BPS, tahun 2017 penduduk Indonesia didominasi kelompok umur produktif dengan rentan usia 15—39 tahun. Itu artinya 84,75 juta dari 258 juta penduduk Indonesia berada di usia produktif yang juga berarti 32% penduduk Indonesia kini didominasi generasi millennial. Jadi, terbayang kan bagaimana pola hidup millennial bisa memengaruhi bangsa ini?

 

Jadi mereka yang terkenal boros inilah yang akan jadi pelaku dari roda perekonomian bangsa. Coba saja bayangkan, kalau pelaku keuangan ini terus saja seperti ini, bagaimana jadinya perekonomian Indonesia di masa depan? Untuk itu, pemahaman tentang literasi keuangan haruslah dipenuhi untuk menyelamatkan keuangan Indonesia di masa depan.

 

3. Persiapan jangka panjang

Nggak usah muluk-muluk membahas kondisi keuangan bangsa, deh. Fokus saja pada kehidupan sendiri. Kalau saat ini masih saja boros, nggak memerhatikan literasi keuangan, nggak mengikuti skema asuransi dan masih enggan berinvestasi, apa yang yang bisa menjamin masa depan? Pasalnya, tindakan ekonomi generasi millennial sejauh ini hanya bersifat jangka pendek. Jadi ya, mau nggak mau mulai sekarang harus lebih memerhatikan jangka panjang daripada jangka pendek.

 

4. Generasi millennial adalah generasi yang cerdas dan kreatif

Biar bagaimanapun juga, generasi millennial adalah generasi muda yang cerdas dan kreatif. Mereka masih memiliki banyak waktu, kesempatan, dan energi untuk terus berkembang. Kalau mau memanfaatkan poin-poin tersebut, mereka bisa sukses di usia muda. Mereka pun bisa memberikan kontribusi yang banyak untuk bangsa. Kita bisa mencontoh para pendiri perusahaan start up yang juga didominasi oleh anak-anak muda.

 

5. Banyak pengeluaran nggak terduga

Salah satu hal yang penting dalam literasi keuangan adalah pentingnya mengikuti asuransi. Kenapa asuransi itu penting? Nggak ada kepastian apapun dalam hidup. Nggak ada yang menjamin kamu selalu sehat dan kendaraan serta rumahmu aman-aman saja. Selalu ada pengeluaran nggak terduga. Itulah kenapa kamu harus memiliki asuransi, seperti kesehatan, asuransi mobil, dan lain sebagainya.

 

6. Investasi Nggak butuh banyak modal

Setiap tahun, inflasi itu selalu ada. Oleh karena itu, hal penting lainnya dalam literasi keuangan yang harus diperhatikan adalah mulai berinvestasi. Sayangnya, banyak yang mengira kalau investasi itu perlu modal banyak. Nyatanya nggak. Kamu hanya perlu modal sedikit. Semua itu tergantung pada jenis investasi apa yang kamu pilih.

 

Artikel terkait: Ragam investasi yang bisa kamu coba

  1. 9 Mata Uang yang Bawa Keuntungan Jika Kamu Pandai Investasikan
  2. Belanja Sembari Investasi, Ini Barang yang Bisa Kamu Pilih!
  3. Keuntungan dan Kerugian Investasi P2P Lending yang Perlu Kamu Ketahui

 

7. Zaman semakin maju dan berkembang

Zaman semakin canggih, teknologi dan informasi berkembang pesat. Banyak orang di luar sana sudah memanfaatkannya dalam bidang kehidupan apapun, termasuk keuangan. Kalau kamu nggak memanfaatkannya, kamu hanya akan tertinggal dan tenggelam dimakan kemajuan zaman.

 

Itu dia pentingnya literasi keuangan bagi generasi millennial. Nah, mulai sekarang, berpikirlah berulangkali sebelum kamu mengeluarkan uang, ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett