Beranda > Finansial > 5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Para Investor, Hati-Hati!

5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Para Investor, Hati-Hati!

KENNY CAROLINEKenny Caroline
5 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Para Investor, Hati-Hati!watermark

TUNAIKU.COM – Saat berinvestasi, selalu ada kemungkinan untuk mengambil langkah yang keliru. Nggak cuma pemula, bahkan investor yang sudah cukup berpengalaman pun bisa secara nggak sadar melakukan kesalahan. Lalu apa saja kesalahan yang sering dilakukan investor? Berikut adalah lima hal yang bisa bikin investor rugi. Simak yuk.

 

1. Menghindari investasi di pasar modal

Selama bertahun-tahun, pasar modal selalu menggaet hati investor karena telah terbukti memberikan imbal hasil yang cukup baik. Akan tetapi, beberapa studi menemukan bahwa investor saat ini enggan atau merasa takut berinvestasi di pasar modal. Penyebabnya adalah krisis yang terjadi yang berakibat pada anjloknya bursa saham.

Padahal, investor seharusnya nggak perlu merasa takut. Sebab, resiko memang sudah menjadi bagian dari investasi. Lebih dari itu, terkadang banyak investor yang terlalu terpaku dan hanya melihat atraksi yang terpampang di indeks. Sehingga mereka lebih suka memegang uang tunai saja.

Selain itu, uang tunai sendiri seiring waktu akan mengalami penurunan nilai karena inflasi. Atau ada pula yang terlalu lama menunggu koreksi terjadi, sementara sangat sulit untuk memastikan kapan terjadinya. Nah, untuk menenangkan hati investor, sebenarnya Indeks S&P 500 telah menguat 180 persen sejak krisis pada 2009 lalu.  

 

Artikel Terkait: Kiat dapat untung saat investasi.

  1. Ini Dia 10 Jenis Investasi Risiko Rendah tapi Menguntungkan. Yuk, Dicoba!
  2. Ingin Sukses Berinvestasi? Ini Keahlian Wajib Investor Ulung yang Bisa Kamu Tiru
  3. 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Investor Pemula dan Bisa Membuat Kehilangan Uang

2. Memilih aset yang beresiko

Kesalahan lain yang sering dilakukan investor adalah menempatkan dana terlalu besar pada instrumen yang beresiko tinggi. Contohnya adalah surat utang jangka panjang dengan bunga tinggi. FYI, surat utang itu hanyalah remah-remah rengginang yang nggak perlu kamu pungut. Sayangnya, banyak investor yang terjebak dan melihat surat utang dapat memberikan imbal hasil yang tinggi. Akan tetapi melupakan bahwa surat utang mengandung resiko yang besar.

1

Mobile Site CTA

3. Berorientasi jangka pendek

Walau sudah berkecimpung di dunia investasi selama bertahun-tahun, ada saja investor yang belum memahami esensi dari investasi itu sendiri. Terkadang investor hanya melihat kejadian-kejadian tahun lalu atau bahkan minggu lalu.

Padahal salah satu landasan investasi adalah jangka panjang untuk mendapatkan imbalan hasil yang besar. Agar tetap percaya diri, investor perlu berkaca pada Warren Buffet. Belajarlah dari mental Buffet yang mengandalkan investasi jangka panjang. Hindari investasi harian.

4. Melupakan inflasi

Inflasi akan selalu ada. Namun terkadang investor melupakan keberadaannya. Investor lupa untuk bahwa bank Sentral Amerika atau The Fed melakukan langkah pengetatan moneter. Langkah ini tentu berakibat pada kenaikan inflasi. Karena itu investor juga sebaiknya memilih saham, sebab terlindung baik dari inflasi.

5. Jarang evaluasi aset

Aset investasi selalu punya kemungkinan berubah nilainya seiring waktu. Perubahan itu bisa baik atau buruk, turun atau naik. Karena itu investor wajib melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui nilai portofolio investasi. Investor bisa memperbaharui atau mengevaluasi portofolio dengan cara mengubah persentasi alokasi aset.

Hal ini tentu disesuaikan dengan perubahan nilai yang ada. Lebih penting lagi, investor harus terlebih dahulu melakukan research untuk mencari tahu kira-kira investasi mana yang bisa memberikan imbal hasil yang lebih banyak. Cara ini bisa meminimalisir resiko.

 

Artikel Terkait: Pilihan instrumen investasi.

  1. Ingin Investasi dengan Lukisan? ini Tipsnya Sebelum Membeli
  2. 4 Investasi Tak Berwujud yang wajib Dimiliki Anak Millenial
  3. Ini 8 Macam Investasi Emas Yang Bisa Kamu Coba!

 

Itulah lima kesalahan yang kadang dilakukan secara nggak sadar oleh investor. Nah, setelah mengetahui kesalahan tersebut, tentu kamu harus memetik pelajaran agar nggak mengulang kesalahan yang sama. Semoga semakin jago dalam berinvestasi dan bisa mendapatkan untung yang lebih banyak ya!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett