Beranda > Finansial > 5 Bisnis Rumahan yang Diprediksi Akan Tren di 2019

5 Bisnis Rumahan yang Diprediksi Akan Tren di 2019

Setyo Kinanthi Setyo Kinanthi 
5 Bisnis Rumahan yang Diprediksi Akan Tren di 2019watermark

TUNAIKU.COM – Tertarik ingin menekuni bisnis maka pilihan yang tepat bagi pebisnis pemula adalah memulai dengan bisnis rumahan. Bisnis rumahan berkembang begitu pesat bersamaan dengan berkembangnya era digital. Setiap tahun bisnis rumahan terus bertambah terutama menjajal dengan bisnis secara online.Hal ini disebabkan karena para enterpreuner memaksimalkan platform media sosial dan website yang ada untuk mempromosikan bisnis.

Melalui kedua platform ini, para pengusaha bisa dengan cepat dan mudah memasarkan produknya, tanpa harus membuka toko fisik dan jemput bola konsumen. Ada pun spesifikasi jenis bisnis yang sudah akrab dengan dunia digital, antara lain bisnis produk dan reseller.


Tahu kah kamu?Di tahun 2019 mendatang, bisnis online akan lebih berkembang. Sebab, tren teknologi, pemasaran, keuangan, dan kebijakan publik akan terus berubah. Sebagai pengusaha, kamu juga perlu mengetahui tren ini. Business News Daily memberikan prediksi tentang proyeksi bisnis rumahan tahun 2019. Berikut jenis bisnisnya!

 

Artikel terkait: Berbagai cara agar bisnismu tetap sehat dan bertahan.

  1. Lindungi Bisnismu dengan Asuransi, Ini 5 Manfaat Utamanya!
  2. 7 Cara Promosi Bisnis Tanpa Modal dan Bikin Untung Makin Besar
  3. Lakukan 7 Cara untuk Menarik Pembeli ini Kalau Bisnis Online Mulai Sepi

1. Sales dan Customer Service

Saat ini konsumen lebih cerdas dan jeli dari sebelumnya. Mereka enggak hanya menginginkan produk yang berkualitas, tetapi juga pelayanan dan pengiriman barang yang memuaskan, artinya produk dikirim dengan tepat, cepat, dan tanpa kerusakan. Untuk itu, kualitas SDM perusahaan harus diperhatikan.

Bernardo Martinez, Managing Director dari Funding Circle pernah mengatakan bahwa kini beberapa perusahaan besar mulai gulung tikar, karena kalah dengan startup yang memberikan jasa dan pelayanan dengan memuaskan.

2. Technology and cybersecurity

Sebagian besar pebisnis sudah cukup akrab dengan media sosial. Namun, masih belum banyak diantara mereka yang familiar dengan website, terutama UKM. Padahal, peran website nggak kalah dengan media sosial. Website bahkan dipercaya sebagai platform yang memberikan peran lebih besar dibandingkan dengan media sosial.

Pelanggan saat ini dan kedapannya, lebih percaya dengan perusahaan yang memiliki website daripada mereka yang hanya menggunakan media sosial saja.

Website sendiri berperan meningkatkan profesionalitas perusahaan, kredibilitas perusahaan, kepercayaan konsumen, dan memudahkan konsumen untuk memesan produk/layanan jasa. Memesan produk/layanan jasa cukup hanya dengan mengakses website dan klik menu yang tersedia di website sesuai kebutuhan.

Website dibuat oleh seorang web developer, mereka telah merancangnya menggunakan bahasa pemrograman. Jadi, membuat website enggak bisa dilakukan oleh orang awam. Kalau kamu punya keahlian ini, buka lah bisnis jasa pembuatan website.

Pengguna internet nggak hanya mereka yang menggeluti dunia bisnis saja, hampir semua orang pernah menjajal jaringan internet walau hanya sekedar mencari hiburan. Dunia maya selalu memudahkan, tetapi enggak semua orang memanfaatkan teknologi dengan bertanggung jawab.

Enggak sedikit oknum yang menggunakan jaringan internet ini untuk berbuat jahat, sehingga merugikan pengguna lainnya. Untuk itu, diperlukan semacam program atau aplikasi khusus yang memberikan perlindungan bagi pengguna internet dari perusahaan cybersecurity.

CTABARU3

Mobile Site CTA

3. Pemasaran dan periklanan

Selain customer service dan teknologi, bisnis pemasaran dan periklanan juga bisa kamu jalankan secara personal di rumah. Modal yang dibutuhkan juga enggak ribet, kamu hanya butuh smartphone, laptop/komputer dengan fitur yang mendukung, jaringan internet, serta keahlian desain grafis dan pemasaran.

Komunikasi dengan klien bisa kamu lakukan secara mobile. Jika hasilmu disukai oleh klien, maka enggak menutup kemungkinan klien akan percaya dan mau menggunakan jasamu lagi.

Begitu juga dengan bisnis pemasaran online. Banyak orang yang masih belum paham menjalankan ini, terutama pengusaha kecil. Buat kamu yang sudah akrab dengan media sosial, khususnya untuk urusan bisnis, kamu bisa tawarkan jasa pengelolaan media sosial dan penambahan followers kepada mereka.

4. Perbankan

Pergeseran besar juga terjadi dalam industri perbankan. Ia telah berekembang secara signifikan. Hampir semua bank telah meluncurkan aplikasi e-banking yang memudahkan nasabah untuk melakukan transfer, cek saldo, transaksi, dan lain-lain. Kemungkinannya, cabang bank akan semakin berkurang dan hanya cukup membuka satu bank pusat saja kedepannya. Diperkirakan ada 2 miliar lebih perbankan digital pada tahun 2020 mendatang. Hal ini juga membuat berbagai perusahaan berpikir tentang bagaimana metode pembayaran untuk pelanggan, setelah adanya pergeseran ini.

5. Content creator

Kini semua orang enggak bisa meremehkan hal sekecil apapun. Hal sepele terkadang bisa mendatangkan peluang bisnis yang memberikan untung besar di era digital ini. Siapa sangka konten-konten menghibur seperti foto, video, dan tulisan, bisa mendatangkan penghasilan.

Tahun ini mungkin sudah banyak orang yang berprofesi sebagai content creator, tetapi kedepannya barangkali akan ada variasi konten yang dihadirkan oleh para content creator ini, bahkan hanya dengan ide-ide yang sederhana.

Setelah melihat proyeksi ini, harapannya masyarakat bisa bersiap diri dengan cepat menghadapi tantangan. Mari mengarungi era digital dengan cerdas.

 

Artikel terkait: Serba-serbi akses layanan keuangan yang penting buat kamu ketahui.

  1. Ini Lho Perbedaan Akses Layanan Keuangan Dulu dan Sekarang, Apakah Kamu Mengalaminya?
  2. Yuk, Manfaatkan 5 Kemudahan Akses Layanan Keuangan Zaman Now!
  3. Masalah Keuangan Bisa Diprediksi dari Cara Kamu Dibesarkan, Ini Kata Ahli

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett