Sakit bisa menyerang siapa saja tidak peduli kapan dan siapa. Idealnya, kita memang sudah menyiapkan kejadian tidak terduga ini dengan menyediakan proteksi seperti asuransi. Namun, tak sedikit orang juga jatuh bangun saat mencari pinjaman untuk biaya operasi, baik untuk perawatan dan pengobatan. 

 

Salah satu pengeluaran perawatan rumah sakit yang bisa merogoh kocek dalam adalah biaya operasi. Banyak orang yang akhirnya harus meminjam dari berbagai tempat untuk bisa membiayai tindakan operasi tersebut. 

 

Bahkan, tak banyak yang akhirnya terjebak pada pinjaman rentenir karena membutuhkan uang cepat. 

 

Pinjaman untuk biaya operasi

 

biaya operasi

 

Salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisa menebus biaya operasi tanpa harus terjerat bunga tinggi dari rentenir adalah dengan menggunakan fasilitas pinjaman dari Tunaiku. 

 

Tunaiku adalah produk pinjaman besutan Amar Bank yang telah terdaftar dan diawasi OJK sejak tahun 2014. Amar Bank sendiri adalah perusahaan terbuka yang saham mayoritasnya dimiliki oleh perusahaan multinasional yakni TOLARAM.

 

Tunaiku juga termasuk teknologi finansial (fintech) pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. 

 

Didukung dengan teknologi dan data analisis yang canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

 

Artikel terkait: Perkiraan Biaya Medical Check Up 2022, Cari Tahu di Sini!

 

Alasan mengapa orang mengajukan pinjaman untuk biaya operasi

 

Ada beberapa alasan orang akhirnya memutuskan untuk mengajukan pinjaman untuk biaya operasi, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

1. Tidak punya asuransi

 

Alasan utama orang mengajukan pinjaman untuk biaya operasi adalah karena tidak memiliki asuransi kesehatan

 

Asuransi kesehatan umumnya akan menutupi biaya perawatan rumah sakit secara keseluruhan termasuk biaya operasi. Sehingga kamu sebenarnya tidak perlu repot untuk berpikir soal biaya kalau sudah memiliki asuransi kesehatan. 

 

2. Minim dana darurat

 

Orang yang mengajukan pinjaman untuk biaya operasi umumnya tidak memiliki dana darurat yang cukup untuk menutupi keseluruhan biaya operasi. 

 

Hal ini membuat salah satu jalan yang diambil adalah dengan mengambil pinjaman sesuai dengan besaran biaya operasi. 

 

3. Kebutuhan mendesak

 

Beberapa orang mungkin sudah memiliki dana darurat yang ditempatkan pada instrumen tertentu untuk menutupi perawatan kesehatannya. 

 

Namun, salah satu kendala yang mungkin ditemui adalah masa pencairan yang memakan waktu lebih dari dua hari atau penalti yang mungkin akan dikenakan jika dicairkan dalam keadaan mendesak seperti tindakan operasi darurat. 

 

Artikel terkait: Perkiraan Biaya Cuci Darah di Rumah Sakit Jakarta

 

Keuntungan membayar biaya operasi menggunakan uang pinjaman

 

pinjaman biaya operasi

 

Meski memang tidak terlalu disarankan, solusi mendapatkan uang cepat untuk biaya operasi dalam keadaan mendesak adalah dengan mengajukan pinjaman.

 

Beberapa keuntungan membayar operasi menggunakan uang pinjaman adalah:

 

1. Pencairan dana cepat

 

Salah satu keuntungan meminjam uang terlebih dahulu untuk membayar biaya operasi adalah pencairan dana yang cepat. 

 

Banyak platform daring yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan pencairan dalam tenggang waktu 24 jam yang bisa sangat meringankan orang dengan kebutuhan mendadak seperti biaya operasi. 

 

2. Pengajuan pinjaman yang praktis

 

Dengan perkembangan zaman saat ini, mengajukan pinjaman tidak lagi ribet. Beberapa platform bahkan hanya meminta kamu untuk mendaftarkan diri dan menyiapkan kartu identitas seperti KTP atau SIM tanpa perlu menyertakan dokumen lain seperti NPWP, Kartu Keluarga dan lain sebagainya. 

 

3. Jumlah dan tenor pinjaman yang dapat disesuaikan

 

Keuntungan membayar operasi menggunakan uang pinjaman adalah jumlah dan tenornya yang dapat menyesuaikan. 

 

Misalnya, kamu bisa saja mengajukan pinjaman sebesar Rp20 juta untuk kebutuhan operasi dengan tenor waktu hingga 12 bulan. 

 

Tunaiku, pilihan pinjaman yang tepat untuk biaya operasi

 

Tunaiku adalah salah satu platform pinjaman online yang direkomendasikan saat ini. Tunaiku merupakan produk Amar Bank yang sudah terdaftar dan diawasi OJK sejak tahun 2014. 

 

Tidak perlu ragu terkait data informasi konsumen karena Tunaiku sudah mendapatkan sertifikasi ISO 27001. 

 

Dengan mengakses situs Tunaiku kamu diberikan kemudahan terkait simulasi cicilan pinjaman per bulannya untuk biaya operasi. 

 

Kamu cukup menambahkan jumlah pinjaman dan tenor pinjaman yang kamu butuhkan untuk bisa mengetahui besaran cicilan yang akan kamu bayarkan setiap bulannya.

 

Artikel terkait: 10 Menu Diet Sehat Rendah Kalori dan Manfaatnya

 

Kelebihan Tunaiku untuk pinjaman biaya operasi

 

biaya operasi

 

Sebagai salah satu platform pinjaman online yang sudah beroperasi sejak tahun 2014, sudah pasti kredibilitas Tunaiku tidak diragukan lagi. 

 

Beberapa nasabah sudah membuktikan efektivitas yang diberikan Tunaiku dalam membantu masalah keuangan melalui testimoni nasabah di situs Tunaiku. 

 

Namun, terlepas dari hal tersebut, Tunaiku juga memiliki kelebihan diantara beberapa platform pinjaman online lain seperti diantaranya:

 

1. Tanpa jaminan

 

Salah satu keunggulan Tunaiku adalah platform ini memberikan pinjaman kepada nasabah tanpa agunan. 

 

Berbeda dengan pengajuan dana tunai konvensional yang terkadang membutuhkan agunan ataupun kartu kredit, mengajukan pinjaman melalui Tunaiku hanya bermodalkan KTP dan komputer atau handphone untuk mengajukan pinjaman. 

 

Menariknya lagi, pengisian formulir pengajuan pinjaman hanya memakan waktu sekitar 10 menit.

2. Berbeda dengan fintech lain

 

Tunaiku memiliki perbedaan dengan fintech lain dilihat dari keamanan dan fleksibilitasnya.

 

Tidak seperti platform pinjaman online lain, Tunaiku berada dibawah naungan institusi finansial bank resmi yakni Amar Bank. 

 

3. Limit pinjaman yang relatif besar

 

Berbeda dengan fintech lain yang biasanya memberikan pinjaman dengan limit kecil dan tenor yang pendek, Tunaiku berani memberikan kredit agunan online mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan tenor mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan. 

 

Pilihan ini dianggap tidak memberatkan nasabah yang membutuhkan dana cepat dalam jumlah yang banyak karena memiliki jangka waktu pembayaran yang relatif lebih lama. 

 

4. Bunga dan cicilan ringan

 

Suku bunga yang ditawarkan Tunaiku bersaing yakni 2 persen hingga 5 persen per bulan.

 

Patokan suku bunga ini menghasilkan cicilan yang ringan sesuai dengan kemampuan dan tidak memberatkan nasabah. 

 

5. Proses pencairan yang cepat

 

Setelah mengajukan kredit pinjaman yang bisa diakses 24 jam, kamu hanya cukup menunggu 1 hingga 7 hari kerja sesuai dengan standar operasional untuk mendapatkan proses persetujuan. 

 

Lalu, kamu tinggal melakukan tanda tangan kontrak melalui kurir resmi Tunaiku hingga dana tunai cair ke rekening bank. 

 

6. Kemudahan program referral

 

Tunaiku juga menyediakan program khusus untuk kamu yang sudah menjadi nasabah dan merekomendasikan Tunaiku kepada kerabat. 

 

Melalui program ini, kamu bisa mendapatkan insentif khusus hingga Rp200 ribu untuk tiap aplikasi yang direkomendasikan oleh kamu. 

 

Artikel terkait: Para Anak, Jadikan Asuransi sebagai Hadiah untuk Orang Tua yang Lansia

 

Syarat mengajukan pinjaman di Tunaiku

 

Selain memberikan keuntungan dalam hal proses pengajuan pinjaman, Tunaiku juga termasuk platform yang memberikan syarat peminjaman dana tunai yang cukup mudah dan simpel di antara lain:

 

  1. WNI yang dibuktikan dengan KTP dan berdomisili di wilayah layanan Tunaiku yaitu: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan Denpasar. 
  2. Usia calon nasabah di antara 21 tahun hingga 55 tahun.
  3. Calon nasabah diharapkan memiliki penghasilan tetap tiap bulan atau terdaftar di institusi tempatnya bekerja sebagai karyawan tetap.
  4. Nasabah diwajibkan mempunyai rekening bank Indonesia yang aktif saat mengajukan kredit. 

 

Intinya, pertimbangkan matang-matang menggunakan fasilitas pinjaman untuk biaya operasi atau kebutuhan kesehatan mendadak lainnya. 

 

Jangan sampai terjebak pada platform pinjaman ilegal atau bahkan rentenir yang sudah pasti menawarkan suku bunga setinggi langit yang akan memberatkan peminjam.