Dalam operasionalnya, suatu hotel pasti memiliki struktur organisasi untuk memastikan bahwa masing-masing divisi dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan standar hotel tersebut.

 

Divisi-divisi pada suatu hotel biasanya meliputi; Front Office, Housekeeping, Kitchen, Pastry, Back Office, dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan masing – masing hotel.

 

Setiap divisi dari hotel, harus memegang erat sifat hospitality, tidak terkecuali bagian yang bekerja di belakang layar seperti Back Office. Hospitality atau sifat ramah tamah ini dapat menjadi salah satu daya tarik hotel yang membuat tamu ingin kembali menginap di hotel tersebut.

 

Salah satu divisi suatu hotel yang harus memegang erat sifat hospitality adalah divisi Front Office. Sebagai garda terdepan suatu hotel, divisi Front Office merupakan kesan pertama yang akan dijumpai tamu ketika masuk ke suatu hotel.

 

Oleh karena itu, divisi Front Office harus mengaplikasikan hospitality dengan baik kepada setiap tamu yang datang ke hotel tanpa terkecuali.

 

Divisi Front Office dapat diibaratkan seperti hidangan pembuka dalam suatu rangkaian makanan. Bila hidangan pembuka tersebut dapat memanjakan lidah penikmatnya, maka tamu akan semakin bersemangat untuk menyantap hidangan selanjutnya.

 

Begitupun sebaliknya, bila hidangan pembukanya saja sudah tidak enak, tamu akan berfikir bahwa hidangan selanjutnya sama tidak enaknya dengan hidangan pembuka tersebut.

 

Salah satu dari banyaknya tugas utama divisi Front Office di setiap hotel yaitu mengurus proses check in dan check out kamar tamu. Divisi Front Office adalah divisi yang pasti berhadapan langsung dengan tamu.

 

Oleh karena itu tak jarang tamu akan meminta bantuan, bertanya, ataupun memberikan kritik dan komplain mengenai hotel tersebut ke bagian Front Office.

 

Disinilah sifat bijak, sabar, siap sedia, berfikiran luas dan mau menerima kritik dangat dibutuhkan untuk menghadapi segala sifat dan perilaku tamu yang bisa saja diluar dugaan.

 

Itulah bagian Front Office, bagian yang selalu mempertahankan kesan pertama yang terbaik suatu hotel kepada tamu.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!