Bulan Ramadan 14421 H sudah tinggal sebentar lagi. Selain menunggu momen lebaran tiba, sebagian masyarakat Indonesia juga menunggu momen uang THR untuk bisa dipakai memenuhi berbagai kebutuhan.

 

Tak sedikit yang menghabiskan banyak uang THR untuk membelanjakan barang-barang seperti baju baru atau segala hal yang bersifat konsumtif. Tentu saja tidak salah, tetapi jangan sampai keterusan hingga uang THR habis hanya untuk berbelanja.

 

Pasalnya ada banyak hal yang bisa dilakukan agar uang THR yang diterima tidak hanya numpang lewat dan habis dengan belanjaan konsumtif saja. Apa saja yang bisa dilakukan agar lebih bermanfaat? Berikut daftar cara yang bisa kamu lakukan.

 

Cara Menghabiskan Uang THR untuk Hal yang Bermanfaat

 

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, kamu mungkin perlu mengelola uang THR yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Supaya kamu dan keluarga bisa menggunakan THR untuk hal bermanfaat, coba lakukan hal-hal berikut ini. 

 

1. Gunakan THR untuk zakat dan sedekah

 

Sebagai umat muslim, hal pertama yang dilakukan setelah mendapat THR adalah menggunakannya untuk zakat dan sedekah. Zakat adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. 

 

Zakat merupakan salah satu dari rukun Islam yang perlu diamalkan. Bagi masyarakat muslim yang mampu, sudah seharusnya menunaikan ibadah tersebut. 

 

Apalagi, sebagian pekerja atau karyawan sudah menerima tunjangan hari raya THR. Kamu juga bisa mengajak keluarga untuk memberikan zakat bersama-sama. 

 

Pembayaran zakat biasanya disalurkan melalui masjid, panti asuhan atau lembaga lainnya. Namun, dalam era digital seperti saat ini dapat dibayarkan melalui online sehingga lebih praktis dan mudah. 

 

Cara pembayaran zakat fitrah secara online dapat melalui lembaga amil zakat terpercaya melalui website resmi masing-masing seperti www.baznas.go.id, www.rumahzakat.org, serta www.donasi.dompetdhuafa.org dan langsung melakukan pembayaran melalui website tersebut.

 

Selain zakat, sedekah juga wajib kamu lakukan agar uang THR yang kamu dapatkan lebih berkah dan bermanfaat untuk orang lain. Kamu bisa mengalokasikan minimal 2,5% dari THR untuk bersedekah. 

 

Contoh, kamu mendapatkan uang THR sebesar 5 juta yang artinya 2,5% x Rp 5.000.000 = Rp 125.000. Artinya, uang THR yang perlu kamu alokasikan untuk sedekah sebesar Rp 125.000.

 

2. Memperbanyak dana darurat yang kamu miliki

 

Dana darurat adalah sejumlah dana yang secara khusus digunakan untuk menghadapi berbagai kondisi darurat. Kondisi darurat ini mungkin tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal dalam hidup. 

 

Karena diperlukan untuk kondisi darurat, dana darurat ini menjadi sangat penting. Dana darurat harus dimiliki oleh siapapun, baik yang masih sendiri maupun berkeluarga.

 

Contohnya adalah penggunaan dana darurat dalam masa mencari pekerjaan baru setelah terkena PHK. Contoh lainnya juga bisa meliputi biaya pengobatan sakit, biaya perbaikan rumah akibat musibah banjir, dan kondisi darurat lainnya. 

 

Mengingat sifatnya sangat penting, kamu dapat menggunakan uang THR untuk mengumpulkan dana darurat. Besarannya sesuai dengan enam bulan sampai dua belas bulan kali pendapatan per bulan tergantung kondisi masing-masing individu.

 

renovasi rumah pinjaman uang online tunaiku amar bank

 

Misalnya, pengeluaran bulananmu untuk keperluan keluarga sebesar Rp10 juta. Artinya, kamu perlu mempersiapkan dana darurat sebesar 6 bulan x Rp 10.000.000 = Rp 60.000.000. 

 

Artinya, dana darurat yang perlu kamu persiapkan untuk keluarga sebesar Rp 60.000.000

 

Kamu bisa menyisihkan 20-30% dari THR untuk keperluan dana darurat. Dengan begitu, kedepannya kamu akan lebih siap untuk menghadapi berbagai situasi darurat yang tidak pernah tahu kapan terjadi.

 

3. Punya utang? Gunakan THR untuk melunasinya

 

Jika kamu memiliki utang, sebaiknya kamu segera melunasi utang tersebut. Karena, dalam perencanaan keuangan, utang memiliki batas maksimal yaitu sebesar 30% dari pendapatan setiap bulan agar tidak mengganggu kondisi keuangan lainnya.

 

Menggunakan THR untuk membayar utang adalah keputusan bijak. Ini mencegah kamu agar tidak terbebani oleh utang-utang yang semakin menumpuk.

 

Karena, bila terus dibiarkan, utang bisa memiliki efek seperti efek bola salju. Semakin lama, tumpukan utang  kian membesar. Ini akan membuatmu semakin merasa kesusahan dan dapat melilit kondisi finansialmu kedepannya.

 

4. Sisihkan THR untuk mulai berinvestasi

 

Menerima THR merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mulai atau menambah keranjang investasi yang kamu miliki. Dari THR yang diterima tentu kamu bisa menyisihkan sebagian untuk diinvestasikan. 

 

Porsi dalam menyisihkan untuk investasi bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Karena dilihat dari besaran THR dan instrumen investasi apa saja yang akan dipilih.

 

Kamu bisa mengalokasikan uang untuk investasi seperti pada logam mulia, reksa dana, saham atau jenis lainnya. Momen Lebaran ini juga bisa menjadi momen pertama mu untuk mulai mencoba rutin dalam berinvestasi kedepannya sehingga bisa menjadi kebiasaan barumu. 

 

Artikel Terkait: Memelihara Kesejahteraan dan Keuangan Keluarga

  1. Satu Keluarga Bisa Dapat BLT PKH, Begini Skema dan Cara Mendapatkannya
  2. Dear Keluarga Baru, Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Resesi
  3. Anti Drama, Perhatikan Hal Ini Ketika Meminjam Uang pada Keluarga

 

Penting untuk kamu ketahui, jangan memilih investasi karena hanya ikut-ikutan dari sosial media saja atau teman-teman lainnya. Kamu harus pelajari instrumen investasi terkait keuntungan dan kerugiannya masing-masing agar membuatmu tenang dalam berinvestasi dan tidak berujung stres.

 

5. Pakai THR untuk belanja kebutuhan lebaran bersama keluarga

 

Setelah melakukan cara-cara sesuai penjelasan diatas, kamu baru dapat memakai uang THR untuk berbelanja kebutuhan Lebaran keluarga. Pertimbangkan apa yang dibutuhkan oleh masing-masing anggota keluargamu. 

 

Walaupun begitu, kamu juga harus paham batasan-batasan dimana kamu membelanjakan uang sisa THR untuk membeli barang kebutuhan pribadi maupun keluarga biar tidak boros dan ujung-ujungnya lenyap begitu saja.

 

Lima cara diatas dapat kamu lakukan agar uang THR semakin berguna. Gunakan uang THR untuk keperluan keluarga yang produktif. Selamat merayakan Lebaran bersama keluarga!