SWARA – Saat ini ponsel pintar semakin canggih, termasuk fitur kameranya. Spesifikasi kamera ponsel saat ini bahkan terbilang mampu bersaing dengan kamera DSLR. Hal ini mengingat perkembangan spesifikasi kamera dan dukungan efek yang semakin bagus dari waktu ke waktu.

 

Hal ini tentu bikin pehobi fotografi kegirangan. Apalagi dengan hadirnya variasi lensa kamera profesional yang diadopsi dan dikembangkan oleh perusahaan ponsel masa kini. Ada dua jenis lensa yang umum diadopsi oleh beragam ponsel pintar saat ini, yaitu lensa wide angle dan telephoto. 

 

Lensa wide angle dan telephoto memiliki perbedaan yang signifikan. Bila lensa wide memungkinkan penggunanya untuk menjepret gambar dengan ruang pandang lebih luas, telephoto dapat mengambil gambar dari jarak yang ekstrem. Untuk lebih jelas, begini perbedaan spesifikasi kedua jenis lensa tersebut.

 

Lensa wide angle 

Lensa wide angle memiliki focal length kurang dari 35 mm. Hal ini berbeda dengan kamera biasa, dengan ruang pandang sekitar 50mm. Berdasarkan focal length, ada tiga tipe dari lensa wide angle, yaitu wide angle biasa (35-24mm), ultra wide angle (di bawah 24mm), dan fish eye. 

 

Artikel Terkait: Aplikasi Ponsel Pintar yang Menguntungkan Pengguna

  1. Hasilkan Uang Lewat Unduh Aplikasi, Ini 15 Rekomendasi Aplikasi yang Bisa Kamu Pilih!
  2. Waspada Bencana Gempa 2020, 10 Aplikasi Ini Bantu untuk Mendeteksinya!
  3. Sepele Tetapi Penting, Cara Mengirim Foto di Whatsapp dengan Kualitas Gambar Terbaik

 

Pada umumnya, menggunakan lensa wide angle akan menghasilkan gambar yang lebih lebar, dengan posisi objek berada di tengah dan terlibat lebih jauh. Di pasaran, telah banyak ponsel pintar harga terjangkau yang dilengkapi dengan lensa wide angle. Cocok banget buat foto-foto saat pelesir dengan sahabat atau keluarga.

 

Lensa telephoto

Dibandingkan kamera biasa, lensa telephoto memiliki focal length yang lebih panjang. Standar kamera profesional biasanya memiliki focal length di atas 50 mm.

 

Seperti lensa wide angle, lensa telephoto juga terbagi tiga berdasarkan focal length-nya. Pertama, short telephoto dengan focal length 85 – 135mm. Kedua, medium telephoto 85mm – 135mm, dan ketiga supertelephoto lebih dari 300 mm.

 

Semakin panjang focal length, maka gambar yang dihasilkan cenderung semakin gelap. Karena itu jenis lensa ini dilengkapi dengan aperture yang lebih besar, untuk memberikan efek terang.

 

Jenis lensa ini biasanya digunakan untuk fotografi alam liar dan pertandingan olahraga. Lensa ini sangat baik digunakan untuk menjepret objek yang kecil dan memberikan hasil yang sangat detail dan berkualitas. Selain itu, lensa telephoto juga cocok dipakai saat menonton konser. Lensanya memang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto atau video dari yang jarak jauh, tetapi tetap berkualitas tinggi.

 

Lensa telephoto biasanya terdapat pada ponsel pintar yang memiliki tiga kamera atau lebih. Harganya sendiri dipatok dari Rp1 juta.

 

Artikel Terkait: Artikel Penting untuk Pegiat Fotografi

  1. 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Kamu Para Pecinta Fotografi
  2. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!
  3. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!

 

Kesimpulan

Pilihan lensa tentunya tergantung kebutuhan kamu. Masing-masing lensa memiliki fungsi dan tujuan penggunaannya masing-masing, dan dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

Lensa wide angle mampu menghasilkan gambar yang baik, dengan menonjolkan objek tertentu di antara lingkungan sekitar. Namun, kekurangannya terletak pada distorsi gambar yang dihasilkan. Karena itu kamera ini sesuai untuk kebutuhan sehari-hari.

 

Sementara itu lensa telephoto sangat baik untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan kualitas tinggi. Lensa ini cocok buat kamu yang menekuni dunia fotografi dan profesional.