SWARA – Bagi orang awam, bencana selalu datang tak terduga. Apalagi kalau kamu tinggal di Indonesia, negara yang rawan bencana seperti gempa bumi. Kondisi seperti ini haruslah disikapi dengan antisipasi. Sadar bencana sangat penting untuk meminimalkan kerugian, terutama korban jiwa. 

 

Nah, saat ini teknologi sudah canggih, termasuk dalam deteksi dan informasi gempa. Dalam artikel ini saya akan membahas 10 aplikasi yang dapat membantu kamu lebih waspada dan mempersiapkan diri menghadapi bencana seperti gempa bumi dan tsunami. 

 

1. MAGMA Indonesia

MAGMA Indonesia diciptakan oleh tim pengembang Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Di dalam aplikasi ini, terdapat informasi lengkap dan akurat, mulai dari aktivitas gunung api, letusan/abu vulkanik, hingga tanggapan mengenai gempa dan tsunami. Aplikasi adalah salah satu yang terbaik, dan telah mendapat beberapa penghargaan. 

 

2. WRS-BMKG

Aplikasi ini berguna untuk mencari informasi soal gempa dan tsunami di Indonesia. WRS-BMKG memiliki berbagai fitur, seperti info bencana termutakhir, peta estimasi kedatangan tsunami, peta guncangan, dan sebagainya. 

 

3. MyShake

MyShake disebut sebagai aplikasi yang pertama kali menyediakan peringatan dini gempa bumi. Aplikasi ini mengoleksi data dan informasi seperti data getaran dari sensor (seismograf) yang ada di ponsel pintar, yang kemudian dikirim ke sistem yang menjadi pemberitahuan dini ketika terjadi gempa. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memantau lokasi-lokasi gempa. Kamu juga bisa mengecek kalau-kalau lokasi kamu berada rawan gempa. 

 

Artikel Terkait: Mengenal Fitur Aplikasi Percakapan WhatsApp

  1. 5 Fakta Fitur Forward di WhatsApp yang Kamu Wajib Tahu!
  2. 5 Fitur Keren Whatsapp di 2019, Fitur Sidik Jari Salah Satunya
  3. Kenali Feature Terbaru WhatsApp yang Bikin Chatting Tambah Seru

 

4. Volcanoes & Earthquakes 

Aplikasi ini menyediakan informasi gempa bumi yang cukup akurat di seluruh dunia. Namun, kamu juga bisa mencari informasi bencana tersebut di tempat kamu tinggal. Selain itu, pengguna juga bisa mengetahui info soal erupsi gunung berapi maupun melaporkan jika di daerahnya terjadi letusan. 

 

5. Info Gempa Indonesia 

Aplikasi ini dikembangkan oleh RedcircleApps dan menampilkan informasi yang dilansir dari BMKG. Info Gempa Indonesia mempunyai berbagai fitur seputar gempar, seperti lokasi gempa bumi terbaru, peta, serta magnitudo gempa. 

 

6. Earthquakes 

Tampilan Earthquakes cukup sederhana. Namun, aplikasi pendeteksi gempa ini juga jadi salah satu rekomendasi dalam memberi informasi gempa bumi di Indonesia maupun di seluruh dunia. Earthquakes memiliki 22 sumber data gempa dari banyak negara. Hanya saja, Earthquakes tidak dapat mendeteksi tsunami. 

 

7. Earthquake Alert!

Aplikasi pendeteksi gempa ini menyediakan berbagai macam informasi mengenai kejadian gempa bumi di seluruh dunia. Salah satu fiturnya adalah berita terbaru seputar gempa di berbagai lokasi di dunia. 

 

8. Pelacak Gempa Bumi 

Aplikasi ini bisa mengirim peringatan dini maupun informasi ketika gempa terjadi. Bukan cuma di Indonesia, aplikasi ini menyediakan info terbaru soal gempa di seluruh dunia. Uniknya, aplikasi ini sudah dikembangkan sehingga punya fitur dark mode. 

 

9. inaRSIK Personal 

Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berdasarkan kajian bersama kementerian dan lembaga terkait di Indonesia. Fiturnya lengkap dan mampu menampilkan berbagai macam info bencana, mulai dari gempa, tsunami, banjir, longsor, hingga erupsi gunung berapi. 

 

Artikel Terkait: Teknologi Pendukung Hobi Fotografi

  1. 5 Smartphone Ini Bisa Jadi Pilihan Untuk Kamu Para Pecinta Fotografi
  2. Hobi Fotografi? Beli Kamera Plus Aksesoris dengan Tunaiku, Pinjaman Sampai Rp20 Juta!
  3. Kamu Ibu yang Hobi Fotografi? Yuk Lakukan 5 Hal Kreatif Ini!

 

10. EQInfo

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang gempa GmbH. EQInfo menyediakan informasi terbaru seputar gempa di seluruh dunia. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat menyortir informasi berdasarkan magnitude atau wilayah. 

 

Bencana memang di luar kuasa manusia. Namun, sikap sadar bencana sangatlah penting untuk mengantisipasi. Kamu bisa memahami langkah-langkah yang perlu untuk meminimalkan dampak dari bencana tersebut.