SWARA – Bagi yang masih bingung mencari pilihan untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan maka perlu mempertimbangkan ulasan lengkap berikut ini. Pasalnya, saat memilih SMK maka kamu akan langsung memiliki jurusan yang khusus. Nah, memilih jurusan bisa dibilang gampang-gampang sulit.

Kamu harus menentukan jurusan yang sesuai minat sehingga dapat menjalani 3 tahun dengan penuh bahagia atau tanpa tekanan. Sewajibnya jangan sampai salah jurusan, nggak hanya sebatas suka saja, kamu pun wajib mempertimbangkan prospek kerja setelah lulus nanti. Inilah beberapa jurusan yang prospek kerjanya menjanjikan di masa depan. Kalau kamu masih bimbang, yuk simak artikel berikut ini!

 

1. Teknik komputer dan jaringan

Di era teknologi ini, semua data diolah secara digital. Semua kantor menggunakan komputer dan jaringan internet, sehingga lowongan pekerjaan sebagai teknisi dan programmer akan semakin meningkat. Menjamurnya berbagai startup teknologi juga menjadikan programmer adalah pekerjaan impian anak-anak muda.

Kalau kamu sejak kecil sudah tertarik dengan dunia IT, memilih jurusan TKJ adalah pilihan tepat untukmu. Di sini kamu akan belajar lebih banyak mengenai ilmu komputer dan dunia teknologi lainnya. Setelah lulus SMK, kamu berpeluang menjadi programmer handal dan admin jaringan. Atau, kamu juga bisa melanjutkan kuliah di bidang Ilmu Komputer maupun Teknik Informatika. Pilihan menarik ya!

 

Artikel terkait: Pilihan SMK terbaik untuk masa depanmu

  1. 5 Rekomendasi SMK Terbaik di Yogyakarta yang Berprestasi
  2. Ini Dia Daftar SMK Terbaik di Indonesia yang Bisa Kamu Incar
  3. 5 Rekomendasi SMK Terbaik di Surabaya yang Berprestasi

 

2. Farmasi

Sudah lama jurusan ini menjadi idola. Untuk bisa menempuh pendidikan farmasi, kamu akan bersaing ketat dengan siswa lain dalam seleksi masuk. Proses belajar di sekolah farmasi juga terbilang sulit karena siswa harus paham tentang bahan-bahan kimia hingga diajari cara meracik obat. Dengan skill yang dimilikinya, nggak heran kalau lulusan SMK Farmasi dengan mudah mendapatkan pekerjaan di dunia medis seperti di apotek, rumah sakit, dan industri kimia lainnya.

Prospek lulusan farmasi sangat menjanjikan, karena Indonesia masih kekurangan apoteker dan ke depannya pertumbuhan apotek dan industri farmasi akan semakin meningkat. Lulusan SMK farmasi berpeluang berkarir menjadi apoteker, quality control di perusahaan farmasi, atau bisa juga menjadi wirausaha. Selain itu, kamu juga bisa melanjutkan S1 jurusan Farmasi, lho. Bahkan, kamu bisa jadi asisten dosen karena telah memiliki dasar-dasar pengetahuan ilmu farmasi.

 

3. Akuntansi

Jurusan Akuntansi nggak pernah sepi peminat. Dari tahun ke tahun peminat jurusan ini semakin banyak selaras dengan banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan akuntan profesional. Hampir semua perusahaan dan bisnis membutuhkan seorang akuntan. Kalau kamu lulusan akuntansi, kamu bisa berkarir di kantor pemerintahan, perpajakan, perhotelan, industri, bisnis retail, dan lain-lain.

Kamu akan diajari untuk menjadi ahli keuangan yang mahir menghitung keluar masuknya pendapatan dan pengeluaran, menyusun neraca rugi-laba, merencanakan keuangan, hingga proses audit. Penghasilan yang bakal kamu dapatkan pada posisi ini terbilang cukup tinggi jika dibandingkan bidang lainnya, lho.

Kalau kamu yang suka menghitung uang dan teliti, akuntansi adalah jurusan yang tepat untukmu. Jurusan ini juga cocok buat kamu yang senang kerja kantoran dan pandai merencanakan keuangan. Kalau kamu belum berminat untuk langsung bekerja, seusai SMK kamu masih bisa melanjutkan pendidikan akuntansi di perguruan tinggi. Wah, bagus sekali ya!  

4. Perhotelan

Perhotelan merupakan salah satu jurusan favorit di SMK. Siswa perhotelan akan diajari seluk beluk semua pekerjaan di hotel, mulai dari standar kebersihan hotel, cara merapikan kamar, sopan santun terhadap tamu, cara menangani keluhan tamu, hingga menjadi resepsionis yang baik.

Siswa perhotelan akan magang di sebuah hotel. Di sana, kamu akan belajar sambil praktik secara langsung. Kamu akan ditempatkan di berbagai posisi agar paham semua bidang. Kalau kinerjamu bagus, pihak hotel akan mempekerjakanmu usai lulus sekolah nanti. Kamu punya kesempatan bekerja di hotel bintang 5 dengan gaji besar.

 

Artikel terkait: Siap hadapi ujian akhir

  1. 5 Cara Tepat Dampingi Anak yang Hadapi Ujian Akhir Tanpa Stres
  2. 5 Kiat Sukses Hadapi Ujian Akhir Semester Setelah Terlena dengan Libur Panjang
  3. 5 Tips Lulus SNMPTN Supaya Masuk Kampus Negeri Favorit

 

5. Perbankan

Mirip dengan jurusan akuntansi, jurusan perbankan juga akan membekali siswanya dengan hitung-menghitung. Bedanya, kalau jurusan perbankan spesifik mempelajari kegiatan yang berhubungan dengan bank, misalnya perhitungan uang, perhitungan bunga pinjaman, pembukuan bank, dll.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan, pertumbuhan Industri keuangan di Indonesia kini tengah mengalami kenaikan. Hal ini berdampak positif pada prospek lulusan perbankan yang bakal terserap di dunia kerja. Tetapi, kamu juga bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi jurusan ekonomi perbankan kalau kamu ingin menambah ilmu.

Inilah jurusan-jurusan prospektif yang bisa kamu pilih kalau mau masuk Sekolah Menengah Kejuruan. Pillih jurusan yang sesuai minat, bakat, dan passionmu. Tentukan masa depanmu mulai dari sekarang.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


PAULUS RISANGPAULUS RISANG