SWARA – Hasil SNMPTN tahun 2018 sudah diumumkan bulan April lalu. SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk PTN yang menggunakan prestasi akademik siswa. Mengikuti seleksi melalui jalur ini susah-susah gampang. Sebagian ada yang beruntung dan sebagian diantaranya lagi harus menelan harapan karena enggak lolos.


Kalau kamu adalah salah satu yang belum beruntung, jangan cepat berkecil hati. Gagal lolos SNMPTN bukan akhir dari segalanya. Walaupun begitu, sampai sekarang mungkin kamu masih merasa kecewa, karena kamu sudah bekerja keras dan mengorbankan banyak hal. Baiknya, kamu rehat sejenak dan hilangkan kekecewaanmu dengan cara-cara berikut!

 

Artikel terkait: Kegiatan atau program seru diluar kampus yang perlu kamu ikuti!

  1. 5 Rekomendasi Summer Camp 2018 Terbaik di Asia Untuk Isi Liburan Semester
  2. 5 Program Pertukaran Pelajar dan Mahasiswa, Mana Pilihanmu?
  3. 7 Alasan Penting Gabung Organisasi di Kampus Demi Masa Depan

 

1. Mendengarkan musik

Menyusun lagu favorit lalu mendengarkannya bisa memunculkan relaksasi dan nuansa positif buat kamu yang sedang bersedih. Saat kamu berada dalam fase hati yang tenang, maka musik dapat meningkatkan suasana hatimu. Kalau musik klasik sebagai peningkat konsentrasi belajar, kamu bisa dengarkan musik rock atau raggae untuk mengatasi kesedihan.

 

2. Bermain dengan hewan peliharaan

Dikabarkan dari Go Con QR, beberapa universitas telah menyediakan sebuah ‘ruang kecil’ yang berisi anak-anak anjing. Dengan harapan para siswa bisa bermain bersama hewan-hewan tersebut dan dapat mengurangi stres-nya.

Buat kamu yang punya hewan peliharaan di rumah, kamu bisa habiskan waktumu bermain dengannya. Hewan peliharaan dianggap dapat memicu hormon sitoksin dan endorphin, yang bisa membuatmu merasa lebih bahagia.

 

3. Pilih camilan coklat

Mungkin sebagian diantara kamu ada yang belum tahu efek positif dari makanan yang katanya bikin gemuk ini. Dark chocolate dengan kadar kokoa lebih dari 50% dapat mengatasi hormon stresmu lho, serta dapat meningkatkan relaksasi pada tubuh. Jadi, enggak ada salahnya memanfaatkan dark chocolate untuk menghilangkan stres.

4. Ambil sisi positifnya

Satu hal yang perlu kamu lakukan juga adalah belajar untuk lapang dada, ikhlas menerima semua yang telah terjadi. Semua persoalan pasti memiliki hikmah dibaliknya. Jalan hidupmu sudah ditentukan sedemikian rupa, pasti ada alasan dan tujuannya. Percayalah kamu akan menjemput mimpimu, melalui kesempatan lain di waktu yang enggak terduga.

 

5. Tertawalah

Cobalah untuk fokus terhadap sesuatu yang membuatmu tertawa, perlahan pikiranmu akan teralihkan. Tertawa membuat sarafmu sedikit lebih tenang. Jika saraf sudah menegang, kemudian ia akan rileks dan berpengaruh pada sikapmu. Hindari marah yang berlebihan. Fokuslah pada hal-hal yang membahagiakanmu.

 

Keberuntungan bisa datang kapan saja, asalkan kamu tetap sabar dan mau berjuang. Jangan mudah kecewa dan tetap semangat mencapai mimpi ya!

 

Artikel terkait: Keterbatasan jangan jadi penghalang untuk berjuang. Yuk buktikan!

  1. Kata Siapa Introvert Tidak Bisa Jadi Pemimpin? Ini Contoh Nyatanya!
  2. Usia Tidak Menghalangi Kesuksesan, 5 Kisah Perempuan Ini Buktinya
  3. 10 Rahasia Sukses yang Bisa Dicontek, Wajib Diingat dan Coba Buktikan!