SWARA – Menikah hampir menjadi salah satu tujuan hidup semua orang. Dalam perjalanannya, kamu tidak hanya mengantongi restu dari orang tua dan kedewasaan diri, tetapi kamu juga harus siap dengan finansialmu. Mulai dari penyelenggaraan pesta pernikahan sampai pemenuhan kebutuhan pasca pernikahan.


Sebelum menikah, sudah seharusnya kamu menyadari bahwa keuangan menjadi bab yang paling sensitif dalam kehidupan rumah tangga. Kalau kamu sudah berani memutuskan hal ini, berarti kamu juga sudah siap menghadapi berbagai kondisi keuangan dalam keluarga bersama pasanganmu. Sebab, kamu nggak bisa selamanya bergantung dengan orang tuamu bukan?


Nah, berikut ini kiat-kiat seputar keuangan yang bisa kamu terapkan sebagai calon pengantin.

 

Artikel terkait: Fakta seputar uang dan keuangan dalam berbagai kondisi!

  1. Yakin Uang Bisa Membeli Kebahagiaan?Ubah Persepsinya dengan Lakukan Hal Ini
  2. Hal Penting Tentang Keuangan untuk Kamu di Usia 20, 30, 40, dan 50
  3. Cari Tahu Penyebab Kenapa Uang Bisa Jadi Masalah Besar dalam Hubungan

 

1. Tentukan tujuan dan target menabung

Menabung menjadi salah satu solusi yang tepat untuk permasalahan keuangan. Namun, menabung juga harus terarah. Kamu perlu tentukan target dan tujuan dari kegiatan menabungmu.

 

Dengan ini kamu dan pasanganmu bisa mengetahui bagaimana kalian menggunakan uang yang sudah kalian simpan, serta kalian juga akan semakin termotivasi untuk menyisihkan gaji setiap bulannya. Misalnya, dua tahun, kalian menabung untuk mengumpulkan biaya pernikahan. Lalu selama 5 tahun, kalian menabung untuk mencicil biaya KPR.

 

2. Menyisihkan uang gaji sebesar 30%

Ajak pasanganmu untuk membuat rekening bersama, kamudian sisihkan uang gaji kalian kurang lebih 30% per bulan. Rekening bersama ini untuk tabungan masa depan kalian saat menikah hingga pasca pernikahan. Dalam waktu 2-3 tahun kalian sudah bisa menggunakan tabungan ini untuk menyewa gedung. Kalau sisa, bisa jadi tabungan di masa depan.

 

3. Lakukan investasi

Selain menabung, investasi juga menjadi cara yang cukup manjur agar uangmu tetap mengalir. Akan ada banyak kebutuhan yang harus kamu penuhi setelah menikah, salah satunya adalah tempat tinggal dan ini membutuhkan biaya yang enggak sedikit.

 

Emas bisa menjadi investasi yang menjanjikan keuntungan, karena harganya yang cenderung stabil. Kamu bisa membeli emas setiap bulannya. Tidak usah terlalu banyak, beli dulu sedikit-sedikit. Keuntungannya bisa kamu gunakan untuk modal masa depan.

4. Asuransikan kesehatan

Kesehatan merupakan kebutuhan hidup yang harus diprioritaskan, maka dari itu penting bagi kalian untuk memiliki asuransi kesehatan. Selain kesehatan jadi lebih terjamin, kelak kamu bisa gunakan asuransi ini sebagai jaminan berinvestasi untuk biaya kredit KPR pada 5 tahun mendatang.

 

Kamu bisa ambil program asuransi dengan biaya premi menengah yang juga sudah bisa menutupi biaya kesehatanmu saat tiba-tiba jatuh sakit.

 

5. Berhemat dalam kencan

Pernikahan kalian sudah semakin dekat, ada baiknya mengurangi berkencan untuk menghemat biaya. Alihkan uang yang biasanya kalian gunakan untuk kencan ini, untuk kebutuhan pernikahan. Misalnya, untuk foto pre-wedding, cetak unadangan, dan souvenir. Lagipula berkencan enggak harus mahal. Kamu bisa ajak pasanganmu makan bersama atau menonton film di rumah.

 

6. Gantikan tradisi tukar kado dengan tradisi tukar uang

Sebelumnya, kalian tentu rutin sekali memberi kado untuk pasngan saat hari ulang tahunnya atau saat perayaan anniversary kalian. Nah, coba ubah kebiasaan ini dengan transfer uang ke rekening bersama yang jumlahnya sebesar nominal uang pembelian kado. Lumayan kan, bisa jadi tambahan modal.

 

7. Catat segala pemasukan dan pengeluaran

Kalian mungkin belum lama mendapat pekerjaan dan penghasilannya tentu masih belum banyak. Supaya kondisi keuangan tetap stabil walaupun hanya dengan sedikit uang, baiknya kalian mulai membiasakan diri mencatat segala pemasukan dan pengeluaran. Ini dilakukan supaya pengelolaan uang jadi lebih rapi dan uang kalian enggak terbuang percuma.

 

Bisa membiayai kebutuhan dengan uang sendiri tentu menjadi kebanggaan.Tentu orang tua kalian juga ikut bangga, karena kalian sudah bisa belajar mandiri sebelum menikah.

Artikel terkait: Tips bagi yang masih bingung memilih jas dan gaun pengantin!

  1. Masih Bingung? Ini Cara Tepat Memilih Gaun Pengantin Menurut Ahli
  2. Selain Megan Markle, Ini 7 Royal Wedding Dress yang Bisa Jadi Inspirasimu
  3. 5 Tipe Jas Pengantin Pria yang Cocok untuk Hari Bahagiamu