SWARA – Perusahaan manapun pasti membutuhkan upaya team building yang bagus. Secara umum, istilah tersebut memiliki definisi sebagai sebuah proses untuk membentuk tim yang solid dan kukuh daripada sebelumnya. Pembentuk tim bisa datang dari dirimu sebagai pimpinan perusahaan, bisa pula datang dari pihak lain yang terpercaya. Apa saja manfaat aktivitas ini?

 

Artikel terkait: Tips saat Dinas Luar Kota

  1. Dinas Luar Kota Bareng Atasan? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini!
  2. 8 Tips Kerja Efektif saat Dinas Luar Kota yang Mudah Diterapkan
  3. 4 Tips Atur Waktu saat Dinas ke Luar Kota yang Wajib Diperhatikan

 

Team building membuat semua karyawa jadi riang

Membangun sebuah tim yang solid akan mudah dicapai dengan cara menyenangkan. Bukan dengan cara menakut-nakuti. Namun, memang beda tim beda pula caranya. Aktivitas yang dilakukan secara tim ini berbeda dengan aktivitas biasanya. Bisa pakai permainan ataupun pergi ke luar. Tergantung kegiatan mana yang menginspirasimu.

 

Karyawan bertambah akrab

Bukankah menyenangkan ketika melihat semua karyawanmu saling akrab? Kalau sudah begitu, biasanya masing-masing akan saling mendukung. Sama seperti yang sering kita lihat dalam arena sepak bola saat pertandingan dimulai. Bukankah mereka saling bekerja sama untuk menciptakan gol? Begitulah efek dari aktivitas ini. Kerja sama itu di atas segalanya.

 

Meningkatkan tanggung jawab di antara karyawan

Aktivitas ini memiliki sisi lain yang enggak bisa dipisahkan dari pembentukan karyawan-karyawanmu. Tanggung jawab karyawan sama pentingnya dengan kerja sama itu sendiri. Setiap karyawan yang bertanggung jawab pasti akan menyelesaikan tugasnya, seberat apa pun. Dengan aktivitas ini, rasa tanggung jawab mereka akan meningkat.

 

Meningkatkan semangat juang tiap karyawan

Kegiatan dari pembentukan tim ini macam-macam. Ada yang bisa dilakukan di dalam kantor, ada pula yang dilakukan di luar kantor. Semuanya harus bisa lepas dari kepenatan selama bekerja sehari-hari. Misalnya dengan menonton film yang bisa memotivasi mereka. Selepas dari acara tersebut, pasti semangat mereka akan terpompa hebat.

 

Respek para karyawan padamu akan meningkat drastis

Bukan mereka saja yang senang. Kamu juga akan diberikan apresiasi lebih oleh mereka. Misalnya kamu bikin aktivitas team building dengan outing kantor, seperti berburu barang di tempat yang telah disepakati bersama. Permainan ini betul-betul menyenangkan. Jangan lupa beri hadiah lebih untuk siapa pun pemenangnya. Dengan ini, respek mereka bertambah.

 

Menjadi semacam budaya

Enggak ada salahnya untuk mempertahankan kegiatan tersebut selama berdampak bagus. Ketika aktivitas pembentukan tim ini terus dilakukan per bulan atau per tahun, secara otomatis akan jadi budaya. Proses menuju budaya ini cukup panjang. Namun, efeknya sangat sejalan dan bisa berdampak panjang.

 

Meningkatkan kepercayaan diri karyawan

Bagaimanapun juga, semua karyawanmu tetaplah manusia sosial. Mereka selalu membutuhkan dukungan dan saling percaya agar bisa menjalani hari-hari di kantor dengan baik. Dengan kegiatan pembentukan tim ini, apa yang mereka inginkan akan tercapai. Tiap karyawan akan saling mengenal dan saling menguatkan ketika terjadi suatu masalah atau gesekan.

 

2

Menciptakan pimpinan baru di antara karyawan

Meskipun statusmu sebagai pemilik usaha, enggak harus memimpin dalam artian hadir di tengah-tengah mereka setiap hari. Kamu tetap memerlukan pemimpin di antara karyawanmu. Dengan adanya aktivitas pembentukan tim, kamu akan tahu siapa yang berjiwa pemimpin di antara mereka. Itulah yang akan menjadi supervisor terbaik.

 

Artikel terkait: Tips Sukses dalam Karir Profesional

  1. 5 Tips Sukses Jadi Sales Agar Kebanjiran Konsumen dan Disukai
  2. 5 Tips Sukses Jadi Pendidik untuk Kalangan Guru Maupun Dosen
  3. 4 Tips Ampuh agar Sukses Jadi Dokter di Usia Muda

 

Meningkatkan produktivitas tim kerjamu

Perusahaan mana yang enggak memerlukan produktivitas? Tentu saja yang masih sejalan dengan kualitasnya. Aktivitas pembentukan tim yang bagus akan berdampak pada produktivitas dalam jangka panjang. Kalau aktivitasnya buruk, jangankan makin produktif, yang ada nanti makin malas. Semuanya memang harus didiskusikan dulu baik-baik.

 

Setelah melihat manfaat dari team building di atas, apakah kamu masih ragu-ragu? Apabila kamu belum cukup mampu atau masih begitu sibuk dengan banyak urusan, coba pakai jasa atau pihak yang sering membentuk tim kerja. Terutama ketika harus outing ke luar kota karena biasanya membutuhkan perencanaan yang lebih matang.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


SWARA LOGOTUNAIKU