Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Jadi Pendidik untuk Kalangan Guru Maupun Dosen

5 Tips Sukses Jadi Pendidik untuk Kalangan Guru Maupun Dosen

TUNAIKU
5 Tips Sukses Jadi Pendidik untuk Kalangan Guru Maupun Dosenwatermark

TUNAIKU.COM – Tanpa adanya tenaga pendidik, baik guru maupun dosen, enggak mungkin Indonesia bisa berkembang dan mengalami banyak kemajuan seperti sekarang. Peran tenaga pendidik sangat sentral untuk berbagai bidang. Ada beberapa kiat sukses jadi pendidik yang mau saya sampaikan padamu. Enggak banyak kok, tapi bagus untuk referensi.

 

Artikel terkait: Inspirasi Pekerjaan Sampingan

  1. 7 Hal Positif yang Dapat Diambil dari Pekerjaan Part-time
  2. Rintis Profesi Freelancer, Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan
  3. Sambil Menunggu Panggilan Kerja, Ini 4 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Sekaligus Menghasilkan Uang

 

1. Selalu terbuka pada anak didik

Ketika seorang pendidik menerapkan cara ini, secara otomatis wibawanya bertambah. Anak didiknya akan lebih menghormati daripada sebelumnya. Walaupun kita sekarang sudah menjadi guru ataupun dosen, bukan berarti derajat ilmu kita sempurna dan lebih baik ketimbang anak didik. Perkembangan zaman selalu hadir setiap hari.

 

Berkat canggihnya teknologi dan derasnya arus komunikasi, bukan enggak mungkin banyak yang belum kita serap. Sebagian anak didik pasti ada yang haus akan pengetahuan. Enggak ada salahnya ketika dia memberi kita masukan, terima saja. Kemudian beri dia apresiasi yang besar sekaligus tantangan untuk mengembangkan pengetahuannya.

 

2. Menyesuaikan karakter anak didik

Kegagalan yang paling sering terjadi pada tenaga pendidik ada di poin kedua ini. Mayoritas masih terlalu memaksakan kehendak. Harus pakai cara dia, enggak ada jalan lain dan anak didik harus patuh. Bukan seperti itu caranya. Anak-anak wajib diberikan lingkungan yang nyaman ketika bersekolah. Seolah-olah mereka berada di rumah sendiri, seharusnya kan begitu.

 

Setiap generasi anak didik yang masuk tahun ini, tentu beda dengan tahun lalu. Begitu pula dengan tahun depan. Biar kita sukses maka sesuaikan gaya mendidik mereka dengan karakter mereka. Ambil mayoritas saja, kemudian terapkan setiap hari. Perlakukan semua anak didik seadil-adilnya agar enggak ada yang berpikir kalau kamu pilih-pilih.

3. Responsif

Kiat sukses jadi pendidik pada poin ketiga ini juga cukup berat kalau belum terbiasa melakukannya. Anak didik zaman sekarang jelas lebih canggih daripada zaman dahulu kala. Perkembangan mental dan pengetahuan mereka semakin terasah berkat derasnya arus informasi di internet maupun di media lainnya.

 

Setiap tenaga pendidik pasti akan kesulitan kalau sampai enggak peka terhadap bahasa isyarat maupun gerak-gerik anak didiknya. Oleh karena itu¸ cermati anak didik pada waktu kamu menyampaikan materi, memberi soal, maupun pada waktu-waktu bebas. Ketika jam istirahat berlangsung, misalnya. Kalau sudah responsif, apa pun kendalanya jadi mudah teratasi.

 

4. Pandai bersabar dan memahami proses

Guru atau tenaga pendidik yang bijak selalu memahami proses daripada apa yang terjadi di permukaan. Kesabaran seorang guru selalu diuji tiap tahunnya. Setiap angkatan yang masuk enggak semuanya bisa memahami materi dengan cepat, selalu saja ada yang lambat dalam menerima materi yang diajarkan.

 

Sabar menjadi kunci utama untuk menerapkan kiat sukses sebagai pendidik. Pahami kalau masing-masing murid atau mahasiswa memiliki kelebihan dan kekurangan. Bisa saja mereka yang sulit menangkap ilmu, tapi jiwa sosialnya sangat tinggi. Di situlah nilai plusnya. Siasati agar kelebihannya itu mengarah ke semangat belajar.

 

Artikel terkait: Naik Gaji akan Cepat Terwujud dengan Cara Ini

  1. Ingin Naik Gaji? Jangan Risau, Ikuti 6 Tips dan Trik Berikut!
  2. 5 Cara Ampuh Meminta Kenaikan Gaji
  3. 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Bisa Cepat Naik Gaji

5. Rajin memberi pelajaran untuk disiplin

Selain sabar, disiplin juga menjadi kunci suksesnya sebagai pendidik. Tentu saja lebih dulu disiplinkan dirimu sebelum mendisiplinkan anak didik. Dengan begitu, antara ucapan, hati, dan perbuatan jadi sinkron dan enggak saling bergesekan. Tanamkan sifat ini kepada anak didik dengan rasa penuh kasih sayang. Soalnya kalau ditakut-takuti enggak efektif sama sekali.

 

Syukur, selama saya menjadi guru di SD, sampai sekarang makin banyak saja yang main ke rumah. Terutama mereka yang saat ini sudah tumbuh besar dan bekerja. Ada rasa haru karena mereka menganggap saya sebagai ibu sendiri. Itulah beberapa kiat sukses jadi pendidik yang wajib kamu terapkan mulai sekarang.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett