SWARA – Sosok Bob Sadino kerap menjadi bahan obrolan terkait kewirausahaan. Beliau merupakan salah seorang pengusaha sukses Indonesia. Sosoknya yang inspiratif dan blak-blakan nggak bikin orang gampang lupa. Om Bob, begitu ia kerap dipanggil orang, memiliki gaya nyentrik dan pola pikir unik yang nggak akan kamu temukan di buku teori ekonomi dan bisnis mana pun.

Sepanjang hidupnya, Bob Sadino mendirikan berbagai perusahaan. Berawal dari menjual telur dari pintu ke pintu, Bob Sadino pun menjadi pemilik tunggal supermarket Kem Chicks hingga membuka bisnis di bidang agribisnis, khususnya holtikultura. Bisnisnya pun semakin pesat.

Pada 2012, Om Bob meluncurkan teori bisnisnya sendiri yang bertajuk “Go Blog Management”. Bagi Om Bob, dia adalah seorang goblok yang berani melangkah dan nggak seperti orang pintar yang terlalu banyak berpikir namun minim usaha. Om Bob sendiri seorang tamatan SMA, namun dia nggak merasa minder dengan level pendidikannya itu.

Om Bob meninggal pada 2015 namun meninggalkan banyak pelajaran yang bisa kamu petik jika ingin menjadi wiraswasta mandiri dan sukses.

 

1. Berpikir positif

Salah satu hal yang perlu kamu pelajari dari kesuksesan Om Bob adalah dia orangnya selalu optimistis. Sebelum menjadi orang kaya, Om Bob itu pernah jadi sopir namun karena kecelakaan, dia sempat depresi karena nggak punya pekerjaan. Om Bob nggak mau patah semangat, dia pun mencoba bidang lain dengan menjual telur. Sisanya adalah sejarah. Jadi, kalau saat ini kamu mengalami kegagalan, tetaplah bersikap positif karena sikap itulah yang bakal membantumu bangkit dan mencoba lagi.

 

Artikel Terkait: Rahasia sukses para tokoh dan selebriti dunia.

  1. 7 Rahasia Sukses Tokoh Dunia yang Memotivasi dan Menginspirasi
  2. 7 Tips Sukses dari Michelle Obama yang Sangat Menginspirasi
  3. 7 Tips Sukses dalam Karier yang Bisa Ditiru dari Taylor Swift

 

2. Terbuka untuk bekerja sama

Bila ingin sukses, kamu nggak boleh bergantung pada diri sendiri. Manusia adalah makhluk sosial dan teori ini pun berlaku dalam bisnis. Om Bob bisa sukses bukan karena dia mengerjakannya sendiri. Bisnis makanan dan holtikulturanya bisa melejit karena dia nggak segan untuk berhubungan dan menjalin kerja sama dengan petani sayur mayur dan peternak hewan, lho.

 

3. Nggak terpaku pada level pendidikan

Sudah menjadi cerita biasa bahwa orang sering minder karena pendidikan rendah. Tapi tahukah kamu banyak orang sukses yang hanya tamatan SMA? Mulai dari Om Bob sendiri, lalu ada Bill Gates dan Mark Zuckerberg yang berhenti kuliah demi mengejar mimpi mereka. Kesuksesan mereka nggak bergantung pada pendidikan, namun lebih kepada passion dan kemauan untuk bekerja keras.

 

4. Fokus

Bila kamu membaca kisah hidup Om Bob, dia nggak pernah pindah ke lain hati, eh ke lain bidang. He-he. Om Bob konsisten menjalankan bisnisnya dalam satu bidang. Hal ini bisa kamu tiru. Dengan memusatkan konsentrasi pada satu bidang bisnis, kamu bakal lebih punya banyak waktu dan hasilnya pun bisa lebih maksimal.

 

5. Memahami kewirausahaan

Sebelum terjun langsung ke dunia bisnis, paling nggak kamu sudah membekali diri kamu dengan ilmu dan pengetahuan bisnis yang hendak kamu geluti. Buatlah rencana bisnis dan pahami seluk beluknya. Sama seperti Om Bob. Dia belajar dan melakukan survey lebih dulu sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis makanan. Sebuah perjalanan tanpa peta itu bisa bikin kamu tersesat.

 

Artikel Terkait: Prediksi bisnis populer 2018.

  1. 5 Bisnis Online yang Diprediksi Booming dan Menjanjikan di Tahun 2018
  2. Wah, Ini 5 Bisnis yang Tren di 2018 dan Dilirik Banyak Anak Muda
  3. 5 Tren Bisnis di Bandung dengan Segmen Anak Muda yang Bisa Kamu Coba

 

Masih banyak pelajaran dari Om Bob untuk menjadi kitab sucimu dalam berwirausaha. Tapi lima hal itu adalah hal mendasar yang harus kamu patuhi jika ingin sukses seperti Om Bob. Oh ya, ingat pendidikan itu bukanlah standar agar seseorang sukses. Namun, ingat juga, pendidikan itu penting, terutama dengan persaingan zaman sekarang. Pendidikan bisa menjadi bekal tambahan buatmu dalam berbisnis. Semoga sukses!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjamanan tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit mudah dan tanpa agunan, kredit tanpa jaminan, laptop, rekomendasi laptop, spek laptop

 

 

 

 


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE