SWARA – Gara-gara sibuk bekerja, saya jarang banget berolahraga sepanjang tahun 2017. Apalagi, pekerjaan saya tergolong sedentary, alias menuntut saya untuk terus-menerus duduk di belakang meja. Alhasil, tubuh saya pun jadi gampang terserang penyakit.

 

Itulah sebabnya, tahun 2018 ini saya bikin resolusi untuk lebih sering menyempatkan diri berolahraga. Hmm, tapi olahraga macam apa, ya, yang kekinian dan menarik untuk dilakukan? Saya pun iseng-iseng mencari tahu tentang tren kebugaran di tahun 2018. Siapa tahu, daftar kegiatan di bawah ini juga bisa memacumu untuk lebih rajin menggerakkan tubuh!

 

1.Olahraga sambil bermain

Gerakan-gerakan seperti push-up dan squat memang ampuh. Tapi, gerakan yang repetitif seperti ini gampang bikin orang bosan. Banyak orang yang kemudian mencari cara berolahraga yang menyenangkan. Salah satunya adalah dengan kembali melakukan kegiatan fisik yang menyenangkan di masa kanak-kanak. Hal ini diprediksi bakalan ngetren di tahun 2018.

 

Sewaktu kecil, kamu mungkin suka bermain lompat tali atau memanjat. Nah, hal semacam ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif aktivitas fisik yang menyenangkan, antara lain lewat skipping, hulahop, atau parkour.

 

Artikel terkait: Kiat tetap bugar meski bekerja seharian

  1. Bekerja Seharian di Kantor, Lakukan 5 Tips Ini Agar Berat Badan Nggak Naik Drastis
  2. Hati-Hati, 9 Penyakit Ini Sering Menyerang di Musim Hujan!
  3. Yuk, Lakukan Kegiatan Ini, Tanpa Disadari Seperti Berolahraga!

 

2. Boutique boxing

Di luar negeri, olahraga tinju untuk kebugaran atau boutique boxing cukup populer dijadikan sebagai aktivitas untuk membakar kalori, terutama untuk kalangan wanita. Bukan nggak mungkin, tren ini akan menjamur di tanah air pada tahun ini, mengikuti kepopuleran olahraga thai boxing dan semacamnya. Lagipula, meninju samsak atau mitt adalah cara yang asyik untuk melepaskan stres setelah penat bekerja.

 

3. Exergaming

Main game sambil berolahraga sebenarnya bukan hal baru. Sejak zaman PlayStation, kita sudah mengenal karpet dance sebagai alat kendali untuk bermain game Dance-Dance Revolution. Ada pula teknologi sensor gerakan pada konsol macam Nintendo Wii. Tapi sekarang semakin maju dengan dikembangkannya teknologi virtual reality atau VR.

Di Amerika Serikat, aktivitas fisik semacam ini dikenal dengan sebutan exergaming. Di sana, kelas kebugaran dengan metode ini bahkan sudah cukup marak. Dengan perkembangan VR yang kian canggih dan murah, exergaming diprediksi menjadi salah satu tren kebugaran di tahun ini.

 

4. Olahraga di rumah lewat kelas live-streaming

Kesibukan seringkali membuat kita nggak punya waktu untuk datang ke kelas-kelas di pusat kebugaran. Nah, kenapa nggak bawa kelasnya saja ke rumah? Didukung internet yang makin cepat serta aplikasi yang makin canggih, kelas kebugaran dalam bentuk live-streaming diramalkan bakal ngetren tahun ini. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot ke luar rumah untuk berolahraga.

 

Artikel terkait: Memperhatikan kesehatan mental juga penting!

  1. Kenali Tanda Depresi dan Cara Mengatasinya
  2. 10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Bantu Lawan Depresi dan Stres
  3. Agar Gangguan Mental Nggak Berdampak pada Kehidupanmu, Ini Cara Murah untuk Menanganinya!

 

5. Penggunaan wearable technology

Gadget zaman sekarang sudah canggih. Mereka bisa mengukur langkah dan denyut jantung. Sejumlah pusat kebugaran juga sudah mulai menggunakan wearable technology untuk mengukur performa kamu selama kelas berlangsung. Jadi, nggak heran jika penggunaan gadget untuk mengukur performa diprediksi bakal menjadi hal yang umum di tahun ini.

Nggak ada salahnya mengikuti tren, terutama untuk hal-hal yang positif seperti kesehatan dan kebugaran tubuhmu. Mudah-mudahan kegiatan di atas bisa menjadi alternatif untuk mendukung resolusi kebugaranmu di tahun ini!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

1

 

 

 

 


RISANG PRATAMA RISANG PRATAMA