SWARA – Punya cita-cita ingin sekolah di Inggris? Kamu wajib tahu beasiswa yang ditawarkan oleh negara Inggris. Namanya Beasiswa Chevening yang siap memberimu fasilitas dalam menempuh pendidikan. Ini merupakan program beasiswa global dari pemerintahan Inggris, yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan lembaga mitra.

 

Artikel terkait: Sedang mempertimbangkan biaya masuk kuliah?Yuk, baca berbagai ulasan rincian biaya kuliah berikut!

  1. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  2. Kuliah Sambil Kerja, Ini Program Pasca Sarjana Terbaik Plus Rincian Biayanya di Universitas Swasta
  3. Intip Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Ini!

 

Setelah cukup lama berkembang, Beasiswa Chevening kini menjadi program internasional yang istimewa. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mereka yang berbakat dan mempunyai bibit sebagai pemimpin bangsa, dengan memiliki kriteria kualitas pribadi, intelektual, dan interpersonal yang mendukung hal tersebut. Tertarik menjadi pelamar Beasiswa Chevening dan terbang ke Inggris?Yuk, pahami kiat-kiat mendapatkan beasiswa ini!

1.Pelajari Kriteria Pelamar Beasiswa

Jika kamu ingin sekali mendapatkan beasiswa ini, jangan malas untuk mencari tahu tips-dan triknya ya. Kamu bisa mulai dengan mempelajari kriteria pelamar yang diinginkan. Sedikit gambaran, Beasiswa Chevening biasanya menginginkan pelamar yang termotivasi mengembangkan karir hingga beberapa tahun ke depan, memiliki rencana beasiswa yang jelas, berkomitmen dalam membuat jaringan dalam mencari solusi global, dan masih banyak lagi.

 

2. Cari pengalaman dan raih prestasi akademik yang tinggi

Sama seperti penawaran beasiswa yang lain, penyedia beasiswa memberikan syarat pengalaman dan prestasi akademik bagi pelamarnya. Secara umum, sebaiknya kamu harus rajin menambah pengalaman organisasi, event, dan kerja. Selain itu, kamu juga jangan mengabaikan prestasi akademikmu, capailah IPK terbaik, perdalam kemampuan bahasa asingmu, dan lulus tepat waktu.

 

 

3. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan

Dokumen yang perlu kamu siapkan cukup banyak, diantaranya ada ijazah, transkrip nilai, paspor,pas foto, berbagai sertifikat penting dan lain sebagainya. Perhatikan salah satu sertifikat pentingmu, khususnya sertifikat IELTS. Capailah score terbaikmu yaitu, 6,5 – 7, karena rata-rata universitas memberikan syarat nilai tersebut.Jangan lupa hati-hati dan cermat mengumpulkan dokumen agar tidak tercecer.

4. Menulis dengan hati dan jujur pada diri sendiri

Mendaftar Beasiswa Chevening, kamu bakal diminta mengisi beberapa formulir atau berkas. Mulai dari identitas, pengalaman kerja, pernyataan tertentu, hingga motivasimu memilih jurusan dan universitas yang kamu pilih. Menulislah dengan rapi dan sederhana, serta apa adanya. Jangan muluk-muluk atau menulis sesuatu yang mengada-ada, apalagi sampai copy-paste dari di internet.

 

5. Tenang saat interview

Sebisa mungkin jaga artikulasimu saat berbicara, fasih dan ringkas dalam menyampaikan. Pastikan kamu tahu apa tujuanmu jika mendapatkan beasiswa. Pertanyaan yang diberikan dan jawaban dari kamu harus mengalir dan nyambung ya. Jangan lupa untuk memperluas wawasan dengan pengetahuan umum.

6. Bijak memilih kampus yang akan dituju

Saat melamar beasiswa, kamu akan diarahkan langsung untuk memilih universitas jurusan yang diminati. Perlu diketahui, kalau Beasiswa Chevening mengharapkan kamu untuk memilih pilihan pertama dari 3 universitas yang dipilih. Jadi, pastikan pilihan pertamamu adalah universitas dan jurusan yang benar-benar kamu inginkan ya.

 

Nah, sudah mulai ada gambaran kan, gimana caranya kamu memulai langkah untuk mencapai beasiswa ini?. Beasiswa Chevening peminatnya nggak sedikit lho. Jika kamu memang menginginkannya, jangan tunda-tunda lagi ya. Persiapkan semuanya mulai dari sekarang!

 

Artikel terkait: Intip berbagai rahasia kesuksesanmu!

  1. Bagaimana Zodiak Mengungkap Rahasia Kesuksesanmu dalam Pekerjaan?
  2. Simak 10 Rahasia Kesuksesan CEO Perempuan Dunia Berikut Ini!
  3. 5 Ritual Pagi Para Tokoh Sukses Dunia. Mau Coba?

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

4

 

 

 


Setyo Kinanthi SETYO KINANTHI