Beranda > Karier Sukses > Intip Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Ini!

Intip Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Ini!

TimotiusTimotius
Intip Biaya Kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Swasta Ini!

TUNAIKU.COM – Menurut saya, jurusan perkuliahan paling bergengsi di Indonesia adalah fakultas kedokteran. Buktinya, sedari kecil, banyak orang menyodorkan saya pada pilihan profesi yang satu ini. Beberapa dari mereka bahkan menjelaskan dengan detail keuntungan dan kebanggaan jika saya menjadi dokter. Namun, karena nggak berkompeten di bidang sains, saya mengubur niat dalam-dalam menjadi dokter. Hal lain, saya juga nggak siap dengan segala kesulitan dan tekanan yang harus dihadapi saat mengambil sekolah kedokteran.

 

Artikel Terkait: Belum Tahu Mau Kuliah Apa? Ini Inspirasi Untukmu

  1. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat
  2. Jurusan Kuliah yang Ditempuh 5 Tokoh Sukses di Indonesia
  3. 8 Jurusan Kuliah Unik Di Dunia, Nomor 2 Paling Keren

 

Nah, jika memiliki cita-cita dan tekad bulat untuk menjadi dokter, atau sekadar ingin tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk menjalani pendidikan kedokteran, kamu bisa melirik universitas swasta yang ada di bawah ini. Sekadar informasi, sekarang universitas swasta nggak bisa dipandang sebelah mata apalagi dianggap sebagai buangan universitas negeri.

 

Universitas swasta juga sudah mulai membenahi diri dan meningkatkan kualitas pendidikannya, kok. Yuk, simak pilihan biaya kuliah di fakultas kedokteran universitas swasta ini.

 

1. Universitas Tarumanagara, Jakarta Barat, DKI Jakarta

Sejak didirikan pada tanggal 18 Juni 1959, Universitas Tarumanagara berkembang menjadi salah satu universitas unggulan Indonesia. Setelah 52 tahun berdiri, fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara menjadi salah satu fakultas dokter terbaik dengan minat sangat tinggi. Bahkan, fakultas kedokteran Universitas Tarumanagara menjadi satu dari tiga universitas swasta Indonesia yang mendapatkan akreditasi “A”. Kira-kira berapa ya biaya kuliah kedokteran di Universitas Tarumanagara?

 

SPP (Sumbangan pengembangan pendidikan)                    : Rp350 juta

BPP (Biaya penyelenggaraan pendidikan)                            : Rp25 juta

Biaya per sks                                                                                : Rp3 juta

Total biaya kuliah semester 1 (3 SKS)                                    : Rp34 juta

Perkiraan biaya perkuliahan sampai selesai                         : Rp238 juta

Perkiraan total biaya perkuliahan                                           : Rp588 juta

 

Untuk syarat pertamanya, kamu harus membayar sumbangan pengembangan pendidikan sebesar Rp350 juta. Sumbangan pengembangan pendidikan ini hanya dibayar sekali saja ketika mendaftar perkuliahan. Memasuki awal pertama perkuliahan, kamu harus mengeluarkan Rp34 juta untuk pembayaran semester satu. Apabila kuliah kamu tepat waktu, diperkirakan uang yang harus kamu keluarkan adalah sebesar Rp238 juta. Ini artinya, total biaya yang harus kamu siapkan adalah sekitar Rp588 juta.

 

2. Universitas Islam Indonesia, Sleman, DIY

Universitas Islam Indonesia merupakan universitas swasta tertua di Indonesia. Dibangun dan diresmikan pada tanggal 8 Juli 1945, Universitas Islam Indonesia atau biasa disingkat “UII” didirikan oleh kesadaran bahwa masyarakat Indonesia juga memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

 

Setelah sempat dinonaktifkan dan berpindah-pindah selama beberapa tahun, Universitas Islam Indonesia mendapatkan tempat belajar secara permanen pada awal tahun 1990 di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Perkembangan universitas ini sangat pesat dalam dua puluh terakhir ini, contohnya adalah akreditasi “A” yang didapatkan pada tahun 2012 untuk fakultas kedokterannya. Berapa ya biaya kuliah kedokteran di UII?

 

Sumbangan pendidikan (dibayar saat masuk)     : Rp 175 juta hingga Rp225 juta

SPP tetap per semester                                              : Rp2 juta

SPP variabel/SKS                                                        : Rp165 ribu

SPP variabel/blok                                                        : Rp1,1 juta

Dana pengembangan (hanya tahun pertama)       : Rp6, 255 juta

Dana pembinaan minat dan bakat /tahun             : Rp1, 138 juta

Laboratorium fakultas/tahun                                   : Rp6 juta

Dana kemahasiswaan/tahun                                     : Rp78 ribu

Asuransi / tahun                                                          : Rp12 ribu

 

Universitas Islam Indonesia mematok uang sumbangan pendidikan berdasarkan peringkat tes calon mahasiswa. Ada enam peringkat dengan kisaran mulai dari Rp175 juta sampai dengan Rp225 juta. Sedangkan SPP atau uang kuliah memiliki jumlah yang beragam bergantung mata kuliah yang diambil. Namun, SPP per semester dan dana pengembangan dapat diangsur hingga empat kali tiap tahunnya.

 

Artikel Terkait: Butuh Ilmu dan Skill Tambahan?

  1. Ingin Menambah Skill? Ikuti Kursus Gratis di 5 Situs Berikut
  2. Siapa Bilang Nambah Ilmu Pasti Mahal? Ini Cara Nambah Ilmu yang Murah
  3. Buat Nambah Ilmu, Kamu Bisa Ikutan Berbagai Kuliah Online Gratis Ini, Lho!

 

3. Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Jawa Timur

Universitas Katolik Widya Mandala diresmikan pada tanggal 20 September 1960 dan bertempat di Surabaya, Jawa Timur. Berada di bawah keuskupan Surabaya, Unika Widya Mandala memiliki slogan “non scholae sed vitae discimus” yang berarti kita belajar bukan hanya demi ilmu pengetahuan, melainkan juga demi kehidupan.

 

Pada tahun 2013, Universitas Katolik Widya Mandala masuk dalam lima besar universitas terbaik di Jawa Timur dan meraih peringkat kedua. Berdasarkan data kampus, fakultas kedokteran adalah fakultas dengan peminat terbanyak di Universitas Katolik Widya Mandala ini. Berapakah biaya kuliahnya?

 

Sumbangan pendidikan                      : Rp300 juta atau Rp350 juta

Uang kuliah per semester                   : Rp25 juta

 

Universitas Katolik Widya Mandala sudah meringkas rincian biaya perkuliahan fakultas kedokteran menjadi dua poin yaitu biaya sumbangan pendidikan dan uang kuliah per semester. Biaya sumbangan pendidikan dibedakan berdasarkan gelombang pendaftarannya.

 

Apabila kamu mendaftar pada gelombang pertama, kamu harus membayar Rp300 juta.  Sedangkan pada gelombang kedua, kamu harus membayar Rp350 juta. Pembayaran sumbangan pendidikan ini dapat diangsur sebanyak tiga kali.

 

Untuk uang kuliah per semester, dipatok seharga Rp25 juta dan bisa diangsur sebanyak empat kali. Namun, jika kamu memutuskan untuk membayar kontan, kamu bisa mendapatkan potongan 5%. Nah, diasumsikan kamu mampu menyelesaikan perkuliahan dalam delapan semester, perkiraan biaya total adalah Rp500 juta.

 

4. Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten

Kendati pertama kali diresmikan di tahun 1994, fakultas kedokteran Universitas Pelita Harapan baru ada di tahun 2001. Memang, dapat dikatakan, usianya masih belia. Namun, dalamwaktu kurang dari 16 tahun, fakultas kedokteran di UPH menjadi salah satu fakultas ilmu kesehatan terbaik yang memiliki cukup banyak jaringan internasional.

 

Di tahun 2011, Universitas Pelita Harapan bahkan menambah cabang dengan fakultas ilmu keperawatan. Bagi kamu yang tertarik berkuliah disini, ini rincian biayanya, ya.

 

Biaya pendaftaran                                          : Rp135 juta

Biaya semester tetap                                      : Rp22 juta

Biaya per SKS                                                  : Rp900 ribu

Fasilitas, seragam, dan orientasi                 : Rp65 juta

Total biaya semester 1                                   : Rp187, 8 juta

Perkiraan biaya per semester                      : Rp35 juta hingga Rp45 juta

Perkiraan total biaya                                     : Rp634, 2 juta

 

Untuk semester pertamanya, kamu harus membayar sebesar Rp187,8 juta yang dapat dibayarkan sebanyak dua kali. Pembayaran ini mencakup biaya pendaftaran, semester pertama dan SKS yang diambil, serta biaya fasilitas, seragam, dan orientasi. Kira-kira total biaya yang harus kamu siapkan adalah sebesar Rp634, 2 juta.

 

Mengambil sekolah tinggi kedokteran memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, biaya itu nggak sebanding dengan hal-hal mulia yang akan kamu lakukan saat berhasil menjadi dokter. Paling penting, tetap giat belajar dan jangan mudah menyerah, ya. Semangat!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

 

CTA

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett

Butuh Pinjaman Cepat dan Mudah?

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.,-Nett