Edukasi & Inspirasi Finanasial dari Amar Bank – Kamu merasa penghasilan utama belum cukup memenuhi kebutuhan? Mungkin saatnya kamu mulai membuka usaha sampingan.

 

Ya, memang membuka usaha sampingan tidak semudah yang dibayangkan, apalagi banyak yang memiliki niat membuka usaha tapi terkendala dengan modal.

 

Tapi, untuk membuka usaha tidak selamanya memerlukan modal yang besar, kok! Ada beberapa alternatif usaha yang bisa kamu coba untuk mulai usaha sampingan dengan modal yang kecil.

 

Nah, berikut kami berikan beberapa rekomendasi ide usaha sampingan dengan modal kecil yang bisa kamu coba untuk dapatkan penghasilan tambahan.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara, klik Banner untuk Mencoba!

 

20 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Mudah Dijalankan

 

usaha sampingan modal kecil
Pexels

 

Berikut adalah 20 ide usaha sampingan modal kecil untuk kamu jadikan referensi memulai usaha pertamamu dan raih cuan sebanyak-banyaknya:

 

1. Bisnis katering sehat (modal 4 juta)

 

Banyak masyarakat di kota-kota besar yang sudah menyadari pentingnya memiliki pola hidup sehat. Ini membuat peluang bisnis katering sehat juga semakin menjanjikan.

 

Kamu bisa mematok harga penjualan 1 pax katering sehat seharga Rp50 ribu sampai dengan Rp60 ribu, dengan modal Rp4 juta untuk 100 pax katering.

 

Baca juga: 7 Tips Usaha Catering Box bagi Pemula dan Hitungan Modalnya

 

2. Usaha dropshipper (Bisa tanpa modal)

 

Di era internet seperti sekarang, model bisnis dropship lebih banyak digemari dibandingkan menjadi resellerDropshipper umumnya akan meminta supplier untuk mengirimkan barang kepada pembeli atas nama drop shipper itu sendiri.

 

Jadi, dropshipper seolah-olah adalah penjual produk. Padahal, dropshipper hanya bertugas untuk mempromosikan barang. Secara modal, bahkan menjadi seorang dropshipper bisa dimulai tanpa modal, loh!

 

3. Usaha reseller (modal 4 juta)

 

Berbeda dengan dropshipperreseller adalah orang yang menjual kembali produk supplier kepada konsumen. Jadi, kamu memang membutuhkan modal untuk menyetok barang.

 

Produk barang elektronik dan aksesorisnya menjadi produk yang paling banyak dijadikan peluang usaha untuk para reseller. Kamu bisa menyiapkan uang sekitar Rp4 juta sebagai modal pertama menjadi reseller.

 

4. Driver online (modal kendaraan)

 

Sekarang, siapa saja bisa jadi driver ojek atau taksi online. Kalau butuh sampingan, kamu bisa coba mendaftar sebagai driver online untuk dapat penghasilan tambahan.

 

Untuk bisa jadi driver online, tentunya kamu harus punya kendaraan pribadi lebih dulu, baik motor ataupun mobil. Selain itu, pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang baik supaya bisa memberi kenyamanan untuk penumpang nantinya.

 

5. Laundry pakaian (modal 5-10 juta)

 

usaha sampingan modal kecil
Pexels

 

Jika kamu memiliki mesin cuci di rumah, bagaimana jika memanfaatkannya untuk membuka usaha rumahan modal kecil seperti laundry pakaian saja?

 

Kamu mungkin mengeluarkan uang sekitar Rp5-7 juta untuk membeli mesin cuci dan setrika.  Namun, kamu bisa mematok harga sekitar Rp10-20 ribu per kilogram untuk hasil laundry.

 

Baca juga: Rincian Modal Usaha Laundry Mulai Rp10-50 juta, Lengkap!

 

6. Bucket Kado dan souvenir (Modal 800 ribu)

 

Budaya memberikan hadiah membuat peluang berjualan kado dan souvenir semakin menjamur. Kamu bisa menyediakan buket bunga, cokelat, bingkai foto, hingga bantal bergambar unik.

 

Modal untuk paket cokelat mungkin hanya menghabiskan uang sebesar Rp100 ribu. Namun buket bunga asli bisa jadi menghabiskan modal hingga Rp800 ribu.

 

7. Guru private online (modal kuota internet dan skill)

 

Jika kamu memiliki keahlian dalam salah satu mata pelajaran tertentu, kamu bisa menjadi guru private di berbagai platform edukasi daring. Ada banyak platform yang saat ini terbuka untuk merekrut jasa guru online.

 

Menjadi guru private secara daring tidak membutuhkan modal. Asalkan kamu memiliki cukup kuota internet dan jaringan internet lancar.

 

8. Bisnis makanan ringan (modal 500rb-1 juta)

 

Contoh makanan ringan yang bisa dijual berupa keripik singkong, sumpia, kacang, sale pisang hingga pastel. Kalau tidak dibuat sendiri, kamu juga bisa membeli dari produsen rumahan.

 

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini sekitar Rp500 ribu per harinya untuk membeli kebutuhan bahan makanan, dan bisa dijual dengan harga Rp5-10 ribu per kemasan.

 

Baca juga: Punya Modal Kecil? Coba 11 Ide Bisnis Makanan Ringan dan Tips Memulainya

 

9. Make up artist (modal 2-3 juta)

 

usaha sampingan modal kecil
Pexels

 

Jika kamu memiliki keahlian dalam hal merias wajah, mengapa tidak mencoba menjadi make-up artist saja?

 

Modal yang dibutuhkan seorang makeup artist sebenarnya tidak cukup banyak. Kamu bisa membeli beberapa alat makeup dengan modal Rp3 juta saja.

 

Nah, jika hasil makeup kamu cukup baik, kamu bisa mendapatkan imbalan jasa hingga Rp800 ribu, lho.

 

10. Budidaya Ikan Hias (modal 1 juta)

 

Tahu kan kalau ikan cupang sedang digemari selama setahun terakhir? Beberapa ikan hias dibanderol dengan harga yang cukup beragam mulai dari Rp2 ribu saja hingga puluhan juta rupiah, lho.

 

Jika kamu juga memiliki hobi memelihara ikan hias, kamu bisa mencoba peluang usaha jenis ini. Modal yang kamu butuhkan untuk membeli ikan hias sekitar Rp1 juta.

 

11. Jual pakaian second (modal 1-2 juta)

 

Bila kamu orangnya cukup niat, kamu bisa membuka usaha sampingan yang bisa kamu jual pada hari weekend, misalnya, jualan pakaian second.

 

Jangan salah, sekarang trend berburu thrifting makin menjamur, orang-orang banyak memilih membeli barang-barang reject atau second demi menghemat uang mereka namun tetap ingin tampi trendy.

 

Nah, kamu bisa mengambil peluang ini, dengan bermodalkan 1-2 juta, kamu sudah bisa membuka stand jualan thrift pada weekend. Masalah pemasaran, kamu bisa membranding jualanmu lewat sosial media dengan menggunakan advertising.

 

Baca juga: Cara Iklan di Instagram sebagai Strategi Digital Advertising UMKM

 

12. Makelar properti (modal percaya diri)

 

Properti adalah sebuah aset yang harganya pasti selalu naik. Banyak investor yang menaruh uangnya untuk aset properti ini. Nah, di saat investor tersebut menjual, mereka pasti membutuhkan seorang makelar properti.

 

Peluang menjadi makelar properti cukup menjanjikan. Bahkan, sekali closing bisa menghasilkan jutaan rupiah dengan tanpa modal.

 

Kamu hanya cukup bermodalkan percaya diri dan pengetahuan mendalam di bidang properti serta kemampuan negosiasi, maka kamu sudah bisa menjadi seorang makelar properti.

 

13. Tutor Online (modal keterampilan)

 

usaha sampingan modal kecil
Pexels

 

Jika kamu punya keahlian di bidang tertentu tidak ada salahnya membuka usaha tutor online sesuai keahlianmu.

 

Misalnya, kamu punya pengetahuan dan pengalaman di bidang marketing, kamu bisa membuka kelas online untuk bidang marketing.

 

Hanya bermodalkan pengetahuan dan kuota internet, kamu sudah bisa membuka usaha sampingan dengan modal kecil.

 

Baca juga: 10 Cara Dapat Uang dari Tiktok Sebagai Pendapatan Tambahan

 

Tips Agar Usaha Sampingan Berjalan Lancar

 

Disclaimer dulu, memang tidak ada yang bisa menjamin bahwa usaha akan berjalan lancar secara terus-menerus. Namun, kita bisa berkaca dari pengalaman dan menjadikan itu pembelajaran kedepannya.

 

Nah, berikut adalah tips agar usaha sampingan yang kamu jalankan bisa berjalan dengan baik.

 

1. Harus mahir tentukan prioritas

 

Salah satu tantangan bagi pekerja penuh yang membangun usaha sampingan adalah waktu. Ya, banyak yang usahanya gagal karena tidak bisa menentukan prioritas antara pekerjaan, bisnis, dan pribadi.

 

Cobalah untuk menjalani bisnis secara perlahan, banyak workpreneur di luar saya yang sangat terburu-buru ingin usahanya sukses alhasil berlebihan dalam memporsis tenaga dan cepat menyerah.

 

Jalankan bisnis kamu perlahan demi perlahan hingga akhirnya menanjak dan semakin baik.

 

2. Matangkan perencanaan bisnis

 

Coba untuk mematangkan perencaan bisnis meski kamu membua usaha sampingan sekecil apapun.

 

Perencanaan bisnis meliputi rencana jangka penjek, jangka panjang, daftar kontak networking, perhitungan modal, BEP, dan lainnya.

 

3. Jangan lupakan networking

 

Percayalah bahwa kekuatan terbesar bisnis ada pada networking. Siapa jaringan itu? Bisa berupa teman, saudara, dan sebagainya.

 

Perbanyaklah mengikuti berbagai kegiatan atau event untuk menambah kenalan baru untuk kebutuhan usahamu.

 

Jangan pernah ragu atau malu bahkan malas untuk mengembangkan networking. Mulai berani menyapa orang lain, bertukar kartu nama, dan sebagainya.

 

Tunaiku sebagai tambahan modal

 

Jika kamu membutuhkan tambahan modal untuk membangun usaha sampinganmu jangan pernah ragu untuk mengajukan pinjaman di Tunaiku. Tunaiku adalah platform pinjaman digital yang diawasi oleh OJK dan berada di bawah naungan Amar Bank.

 

Kamu bisa mengajukan pinjaman hanya bermodalkan KTP. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan limit pinjaman hingga 20 juta dengan tenor fleksibel 20 bulan. Tak hanya itu, kamu juga bisa mempercepat pembayaranmu tanpa harus menunggu hingga tenor selesai.

 

Itulah 13 contoh ide usaha sampingan yang bisa kamu coba. Dengan melakukan bisnis di atas, kamu bisa dapatkan penghasilan tambahan dengan mudah. Selamat mencoba!