Kehadiran sosial media membentuk kebiasaan baru, termasuk bisa jadi celah untuk mendapatkan uang tambahan. Setelah Instagram sempat mendominasi, sekarang Tiktok juga mulai dilirik. Popularitas Tiktok yang semakin bertambah tentunya membuka kesempatan baru untuk mendapatkan uang tambahan, lho. Tak heran, banyak yang mencari bagaimana cara dapat uang dari Tiktok.

 

Enggak sekadar berkreasi, kamu juga bisa mencari pemasukan tambahan lewat konten-konten yang kamu hasilkan. Tiktok sangat cocok untuk kamu yang suka membuat konten video. Serunya, kamu enggak harus jago video editing untuk bisa eksis di Tiktok. Tertarik?  Yuk, intip 5 cara dapat uang dari Tiktok sebagai pendapatan tambahan berikut ini.

 

Jika kamu ingin kembangkan bisnis tapi sulit menentukan besaran modalnya, kamu bisa gunakan Kalkulator Finansial dari Swara agar mudah menghitung besaran modal dengan akurat. Dapatkan juga rekomendasi artikel terkait. Coba di sini.

 

Cara dapat uang dari Tiktok

 

Yuk, manfaatkan akun Tiktok untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa melakukan cara-cara mudah berikut:

 

1. Menjual barang

 

Cara pertama untuk dapat uang dari Tiktok yaitu dengan menjual barang atau jasa. Kamu bisa melakukan riset pasar kecil-kecilan untuk tahu apa yang disukai followers-mu?

 

Dengan tahu apa yang dibutuhkan, kamu bisa menyediakan barang atau jasa tersebut. Misalnya kamu jago Bahasa Inggris. Kamu bisa menawarkan jasa review esai atau tugas Bahasa Inggris. Tentunya diikuti dengan konten edukasi yang membuat orang-orang follow kamu untuk belajar Bahasa Inggris.

 

Contoh lainnya, kamu jago gambar. Kamu bisa membuat konten yang menunjukkan gambar buatanmu sebagai portofolio dan membuka komisi bagi orang yang ingin membeli gambar atau minta dibikinin gambar khusus.

 

2. Mendapatkan gift saat Live

 

Kamu bisa dapat uang dari Tiktok dengan cara melakukan siarang langsung, sehingga bisa mendapatkan virtual gift dari followers. Virtual gift ini nantinya bisa ditukar lewat cara pembayaran yang berlaku.

 

Biar hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, live di waktu yang tepat yaitu di saat followers sedang banyak yang online. Kamu juga bisa membuat konten pengumuman sebelumnya agar banyak yang menonton saat live.

 

Selanjutnya, live dalam waktu yang lama sehingga kesempatan untuk mengumpulkan virtual gift semakin banyak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan hashtag tertentu untuk menarik orang-orang agar menonton.

 

3. Freelance admin Tiktok

 

Popularitas Tiktok juga menghadirkan profesi baru, lho. Kamu bisa menjadikan hobi membuat konten Tiktok sebagai profesi, misalnya menjadi Tiktok creator.

 

Banyak brand yang ingin menjangkau audiens lewat Tiktok tapi enggak punya source untuk membuat konten. Nah, kamu bisa banget freelance sebagai admin Tiktok.

 

Kalau kamu eksis di Tiktok, kamu bisa menjadikan video yang pernah kamu buat sebagai portofolio. Jangan lupa tulis nama akun Tiktok kamu dalam CV. Kapan lagi bisa berkarya tapi juga menghasilkan uang, kan?

 

4. Mendirikan agency influencer Tiktok

 

Ada banyak Tiktok creator di luar sana, tapi enggak semuanya paham tentang manajerial. Jika kamu mengerti dan punya wawasan di bidang manajerial, bisa banget nih mendirikan agensi yang membawahi para Tiktok creator.

 

Agensi ini juga akan membantu para creator untuk mendapatkan sponsor dan endorse. Kamu bisa memotong komisi, misalnya 10% untuk setiap job atau endorsement.

 

5. Konten sponsorship

 

Salah satu cara yang sering dilakukan oleh para content creator untuk mendapatkan cuan adalah lewat sponsorship atau endorsement. Di Tiktok, kamu juga bisa membuat konten sponsorship ini.

 

Namun, kamu harus berhati-hati dalam memilih produk untuk di-endorse. Pastikan produk tersebut sah secara legal dan aman digunakan. Jangan sampai kamu mempromosikan skincare abal-abal, sekalipun diiming-imingi bayaran dalam jumlah besar.

 

Jika kamu sudah punya branding dan followers yang banyak, sponsor akan datang dengan sendirinya, lho.

 

Baca juga:

10 Peluang Bisnis Digital yang Gampang Datangkan Cuan

Belajar Mengelola Keuangan Bisnis Kuliner untuk Mencapai Kesuksesan

13 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah Dijalankan

 

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan uang dari TIktok

 

 

Cara dapat uang dari Tiktok enggak susah, lho. Yuk, lakukan tiga langkah mudah ini.

 

1. Bikin konten yang menarik

 

Kamu bisa FYP meski followers-mu masih sedikit. Intinya ada pada jenis konten yang dibuat. Pastikan kamu membuat konten yang menarik.

 

Enggak melulu harus mengikuti tren atau memakai lagu yang sedang trending demi FYP, tapi enggak sesuai dengan konteks yang dihasilkan. Kamu bisa membuat perencanaan konten seperti apa yang kamu inginkan.

 

Pastikan, konten tersebut sesuai dengan kebutuhanmu karena juga penting untuk proses branding. Kalau kamu suka dance, tentunya video dance cover akan membuatmu unik dan menarik untuk dibuat.

 

2. Mendapatkan followers sebanyak-banyaknya

 

Enggak bisa dipungkiri kalau jumlah followers berpengaruh terhadap pendapatan dari TikTok. Kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai target saat baru mulai aktif di TikTok. Kamu perlu punya minimal 10.000 followers untuk memonetisasi akun.

 

Cara mudah mendapatkan followers adalah dengan konsisten berkarya. Dengan selalu menghasilkan karya, maka akunmu akan semakin dikenal. Followers pun akan berdatangan karena kangen ingin melihat konten baru yang kamu buat.

 

Kamu bisa membuat konten yang sesuai dengan tren tanpa melupakan ciri khas. Misalnya lagi ramai suatu lagu, kamu bisa menjadikannya sebagai backsound di video masak. Jangan ragu untuk eksplorasi jenis konten yang bisa menarik perhatian followers baru, ya.

 

Setelah mendapat followers, jangan lupa untuk menjalin hubungan dengan para followers. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka sehingga terkesan akrab dan mereka enggak akan unfollow kamu. Misalnya dengan membalas komentar, stitch komentar, dan lainnya.

 

3. Melakukan branding

 

Branding berhubungan dengan poin nomor dua. Dengan branding yang bagus, akan mendatangkan followers baru. Branding ini erat kaitannya dengan jati dirimu.

 

Misalnya, kamu punya branding sebagai FoodTok, maka mereka yang suka konten berbau makanan akan mengikuti akunmu untuk mendapatkan informasi terbaru tentang resep atau tempat makan hidden gem.

 

Cara mudah melakukan branding yaitu dengan konsisten menghasilkan karya yang sesuai. Kamu bisa memikirkan jenis konten seperti apa yang akan kamu buat, dan bisa dihasilkan dalam waktu lama.

 

Misalnya, kamu concern terhadap mental health. Kamu pun membahas soal mental health dalam akun TikTok. Kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai branding sehingga orang-orang akan mengingat akunmu sebagai sumber bahasan mengenai mental health.

 

Cara lainnya dengan memberikan konten yang segar. Enggak masalah kok membahas satu tema, tapi kamu bisa memikirkan approach berbeda. Misalnya dalam format interview sehingga lebih menarik, sesekali berkolaborasi dengan creator lain, dan sebagainya.

 

Ada banyak kesempatan terbuka jika kamu konsisten berkarya di Tiktok. Yuk, mulai pikirkan konten yang bagus dan bermanfaat karena itu salah satu cara dapat uang dari Tiktok, dan bisa kamu lakukan sambil terus berkreasi. Selamat mencoba!