Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Bagaimana caranya beli barang berkualitas harga murah? Harga dan kualitas adalah dua faktor utama dalam setiap keputusan untuk membeli barang.

 

Dalam situasi umum, harga berkebalikan dengan kualitas. Jadi, barang dengan harga murah seringnya memiliki kualitas yang tidak terlalu baik.

 

Begitupun, barang berkualitas biasanya dihargai mahal. Jadi, mana yang perlu diperhatikan lebih dulu, kualitas atau harga?

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara, klik Banner untuk Mencoba!

 

Pentingnya Punya Barang Berkualitas

 

beli barang murah
Source: Unsplash

 

Penting bagi kamu untuk memiliki barang berkualitas yang sesuai dengan harganya.

 

Alasan utama kamu harus lebih memilih barang berkualitas adalah karena barang berkualitas akan lebih tahan lama. Barang dengan kualitas buruk namun murah seringkali menguras dompet karena dibuat dengan bahan baku standar saja.

 

Misalnya, membeli kursi kerja hidrolik baru dengan harga Rp200 ribu biasanya memiliki kekurangan tertentu misalnya bantalannya yang kurang empuk, posisinya yang tidak pas, sandaran tangan yang terlalu tinggi atau rendah dan sebagainya.

 

Dengan pertimbangan tersebut, bukankah lebih baik untuk membeli kursi kerja hidrolik baru dengan harga yang sedikit lebih mahal namun puas saat memakainya dalam kurun waktu lama?

 

Barang berkualitas juga memiliki kelebihan tersendiri seperti fitur yang lebih banyak untuk barang elektronik dan tidak mudah rusak atau luntur untuk pakaian dan aksesoris.

 

Jadi, lebih baik kamu membeli kursi kerja hidrolik seharga Rp1 juta dengan spek yang prima dan dapat bertahan lebih dari lima tahun, dibanding membeli barang yang sama dengan harga Rp200 ribu tapi speknya minim dan umur di bawah lima tahun.

 

Baca juga: 5 Strategi dan Pertimbangan Beli Barang Mahal dengan Penghasilan Pas-pasan

 

Tips Beli Barang Berkualitas Harga Murah

 

beli barang murah berkualitas
Source: Unplash

 

Begitupun, di antara harga dan kualitas, sebenarnya tidak ada yang perlu kamu korbankan, kok. Sebenarnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat beli barang berkualitas dengan harga murah.

 

Agar tidak ceroboh dalam membeli barang, perlu dilakukan lebih banyak riset dan pengaturan keuangan sederhana.

 

Strategi beli barang berkualitas harga murah adalah sebagai berikut:

 

1. Membeli dari marketplace terpercaya

 

Semua orang kini dapat berbelanja online dengan mudah meski tidak punya rekening bank berkat opsi cash on delivery (COD).

 

Beberapa marketplace juga memberikan simbol untuk menandai toko yang sudah terkurasi produknya berkualitas seperti official store, mall, star dan sebagainya yang bisa jadi pilihan kamu berbelanja.

 

Baca juga: Cuan Terus! 5 Resolusi Keuangan di Tahun Kelinci yang Harus Diterapkan

 

2. Menyortir barang bekas pakai

 

Ada banyak sekali toko fisik maupun daring yang menjual barang bekas pakai namun berkualitas. Mungkin kamu pernah mendengar istilah thrifting atau membeli pakaian dan aksesoris bekas impor yang berkualitas.

 

Jangan ragu untuk sesekali menyortir barang bekas pakai yang memang bisa dipakai dalam jangka waktu lama dengan harga murah.

 

3. Memperhatikan review pelanggan

 

Saat berbelanja daring, banyak orang yang meninggalkan review dari barang yang dibelinya di platform marketplace dan media sosial baik dalam bentuk rating, tulisan, foto ataupun video.

 

Pastikan review dari barang yang ingin kamu beli baik agar tidak menyesal saat membeli barangnya kelak.

 

4. Membandingkan harga

 

Kalau sudah tahu barang yang ingin dibeli, kamu juga perlu riset perbandingan harga barang tersebut di berbagai platform baik marketplace, e-commerce dan media sosial dengan fitur shopping.

 

Beberapa toko terkadang memberikan potongan harga yang lebih besar pada saat platform karena sedang dalam masa promosi yang bisa kamu manfaatkan.

 

Baca juga: Mengatur Uang Gaji UMR dengan Piramida Perencanaan Keuangan

 

5. Gunakan layanan jasa titipan (jastip)

 

Jika kamu merasa lebih aman dan murah membeli barang dari luar negeri dibandingkan di dalam negeri, maka kamu bisa memanfaatkan fasilitas jastip yang tersebar di media sosial.

 

Misalnya, membeli pakaian atau tas dari Bangkok, Thailand bisa jadi jauh lebih murah dan berkualitas dengan hanya membayarkan jasa misalnya Rp20 ribu per piece.

 

6. Manfaatkan gratis ongkos kirim

 

Salah satu kelebihan berbelanja di beberapa platform online adalah bebas ongkos kirim dengan metode pembayaran atau pembelian minimal tertentu.

 

Kamu bahkan sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas ini untuk pembelian barang yang berat seperti lemari, tempat tidur, meja, barang elektronik rumah tangga agar tidak memakan biaya lagi.

 

7. Menunggu waktu ‘flash sale’

 

Dalam beberapa platform ada jam tertentu dimana produk tertentu di toko tersebut akan mendapatkan potongan harga. Biasanya, momen ini terjadi saat campaigndouble date’ seperti 2 Februari, 3 Maret atau hari raya besar seperti Lebaran dan tahun baru.

 

Beberapa toko juga sering menawarkan flash sale rutin melalui fitur streaming live atau website toko langsung yang bisa jadi opsi mendapatkan barang dengan harga murah.

 

8. Cek opsi cashback

 

Cashback bisa saja kamu dapatkan dengan mengecek metode pembayaran atau minimal pembelian tertentu di beberapa platform yang menyediakan opsi tersebut.

 

Dalam beberapa situasi, pemberitahuan bisa kamu dapatkan melalui push notification handphone dari akun bank digital, marketplace atau iklan billboard dan website langsung.

 

9. Memanfaatkan kode voucher

 

Untuk mendapatkan kode voucher, kamu harus rajin membuka website atau media sosial agar mendapatkan informasi tentang promo yang sedang berlangsung.

 

Kode voucher ini adalah karakter unik yang biasanya dibagikan hanya untuk event khusus misalnya hari ulangtahun, festival besar, atau hadiah karena loyalitas dan pembelian barang sebelumnya pada harga tertentu.

 

10. Membeli langsung dari distributor atau pabrikannya

 

Tips terakhir beli barang berkualitas harga murah adalah membeli langsung dari pemasok pertamanya seperti langsung dari pabrik atau distributor pertama.

 

Dengan begitu, harga yang kamu dapatkan adalah yang termurah jika dibandingkan dengan retail yang menjualnya.

 

Untuk kebutuhan mendesak, kamu bisa beli barang berkualitas harga murah dengan memanfaatkan fasilitas pinjaman dari Tunaiku.

 

Tunaiku adalah platform pinjaman online tanpa jaminan yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mendaftar dan verifikasi data menggunakan KTP.

 

Baca juga: Mengatur Uang Gaji UMR dengan Piramida Perencanaan Keuangan

 

Kamu juga bisa mendapatkan kredit hingga Rp20 juta dengan tenor pinjaman sampai 20 bulan. Jadi, jangan ragu lagi ya untuk membeli barang berkualitas harga murah.