SWARA KAMU – Virus Corona pastinya sudah kita kenal. Virus yang berasal dari Wuhan, yang disebabkan oleh kelelawar. Setiap hari terus bertambah jumlah orang yang positif corona. Virus ini adalah suatu infeksi yang menyerang sistem pernafasan yang disebabkan oleh virus covid-19. Virus ini mengakibatkan penderitanya mengalami sesak nafas, pneumonia akut hingga kematian. Akibat pandemi yang sudah menyebar ke 156 negara itu, banyak sekolah-sekolah telah diliburkan, dan menggunakan online learning.

 

Online learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan teknologi informasi dalam proses belajar serta mengajar. Menggunakan online learning, adalah untuk melindungi para siswa dari penyebaran virus covid-19, dan membangun rasa percaya diri dan kemandirian murid. Tetapi bersekolah di rumah adalah hal yang tidak mudah dilakukan. Rumah yang biasanya adalah tempat bersama keluarga, bersenang-senang bersama keluarga dan istirahat dari bekerja atau bersekolah. Corona mengubah cara hidup kita, termasuk bersekolah bagi murid, sekarang semuanya harus bersekolah dirumah walau terkadang susah.

 

Presiden Jokowi akhirnya mengeluarkan pernyatan resmi terkait penanganan wabah corona atau covid-19 yang mewabah di dunia khususnya Indonesia. “Membuat kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiswa,” kata Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, disiarkan langsung lewat akun YouTube resmi Sekretariat Presiden, Minggu (15/3/2020). Sudah hampir semua sekolah menggunakan belajar di rumah secara online. 

 

Tugas sekarang diberikan harian sesuai dengan jadwal dan jam-jam yang sudah ditentukan. Siswa belajar secara mandiri kemudian mengerjakan tugas-tugas yang kemudian dikumpulan pada hari yang ditentukan, dan begitu setiap hari.

 

Sekarang hampir semua bertemu secara online menggunakan aplikasi Google Classroom, Zoom, Meet atau lainnya. Aplikasi ini dapat membuat guru untuk melihat kehadiran dan keaktifan siswa untuk siswapun bisa menanyakan, belajar dengan guru dan siswa lain di dalam kelas online. Seperti contohnya ada seorang anak smp, awalnya ia sangat senang karena akan belajar dirumah. “Saya dan teman-teman saya sangat senang belajar dirumah” katanya. Tetapi lama kelamaan tugas semakin banyak, beberapa ada yang menumpuk, dan membosankan.

 

Sekolah dirumah atau online learning ini membuat anak anak jadi bosan, sekarang anak-anak hanya mengerjakan tugas lalu mengulang hal itu  setiap harinya. Disini saya mau memberi 3 tips supaya tidak bosan belajar dirumah, yang pertama adalah dengan mendengarkan lagu. mendengarkan lagu. Mendengarkan lagu saat belajar dapat mengurangi stress kita saat belajar, lagu meningkatkan mood bahagia dopamin sambil menurunkan hormon kortisol sehingga kita bisa bahagia dan tidak bosan saat belajar.

 

Yang kedua adalah dengan menyiapkan makanan ringan,  membuat kita  tidak cepat mengantuk, mengunyah cukup juga membuat tetap fokus. Camilan yang bisa kalian konsumsi adalah buah-buahan, kacang-kacangan, dark chocolate, keju, dan yogurt. Yang terakhir adalah dengan belajar dengan melihat pemandangan luar supaya tidak bosan, mungkin kita bisa ke teras kita dan belajar disana melihat orang-orang jalan atau mungkin melihat taman sehingga kita dapat belajar dengan semangat.

 

Covid-19 masih terus bertambah jumlahnya sehingga kita semua harus belajar dirumah. Jadi marilah kita tetap rajin, semangat untuk belajar dirumah dan tidak bepergian untuk sementara sehingga Covid-19 ini bisa cepat selesai dan kita bisa bersekolah seperti biasa. Memang sangat membosankan belajar dirumah tetapi marilah kita coba untuk mengerti dan kalian bisa belajar menggunakan tips diatas, yautu dengan mendengarkan musik, membawa camilan, dan bekerja di tempat yang nyaman contohnya di halaman rumah atau teras rumah. Dengan begitu bisa membuat kita lebih semangat, terinpirasi, dan melakukan hal-hal berguna bagi sekitar. Mari kita semua mengambil positifnya juga, dengan online learning kita bisa hemat bensin, waktu dengan keluarga, kita bisa peduli dengan orang lain, ayo kita semua tetap aman, sehat, dan tentunya semangat yaa.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis. 

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!