Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Bisakah kita kuliah S2 dengan biaya sendiri? Jika kamu memang benar-benar bertekad kuat untuk kuliah S2, hal ini bisa diwujudkan, lho! 

 

Namun, sebelumnya kamu harus baca tips di bawah ini supaya semakin mantap untuk melanjutkan S2 dengan biaya sendiri!

 

Niat ingin melanjutkan pendidikan S2 dengan biaya sendiri? Yuk, mulai atur alokasi keuanganmu agar tidak boros dengan Senyumku. Cek di sini.

 

1. Niat, pikirkan positif dan negatifnya dari awal

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar kuliah S2, kamu harus paham akan banyak hal yang harus kamu korbankan seperti waktu untuk bersosialisasi, uang, hingga resign dari pekerjaan jika kamu kuliah di negara lain. 

 

Pahami dampak positif dan negatif dari keputusanmu, jangan sampai kamu salah mengambil langkah. Saat kamu sudah mantap, baru deh cari-cari kampus yang bagus!

 

2. Pilih jurusan S2 yang kamu minati

Pertanyaan “Aku lanjut S2 di jurusan apa ya?” adalah hal yang lumrah. Sebisa mungkin, lanjutkan S2 dengan jurusan yang linier dengan jurusan di bangku S1. 

 

Kalau tidak linier, tidak masalah. Kamu tetap bisa melanjutkan kuliah dengan mengikuti program matrikulasi alias pengantar dulu. 

 

Pertimbangkan juga akreditasi kampus, lokasi, peluang penelitian, dan profil pengajar sebelum kamu memilih kampus tertentu ya!

 

Artikel terkait: S2 ke Korea Selatan, Ini Syarat dan Pilihan Beasiswanya

 

3. Mencari beasiswa agar bisa kuliah S2 dengan biaya sendiri

Berbagai beasiswa disediakan oleh banyak pihak. Pemerintah Indonesia memiliki program beasiswa LPDP yang menanggung biaya hidup dan juga biaya pendidikan.

 

Masih banyak opsi beasiswa yang bisa kamu coba, misalnya Fulbright bila kamu ingin kuliah di Amerika, atau Chevening untuk kuliah di Inggris. Kamu tinggal mencari pekerjaan sampingan untuk mendukung kebutuhan sehari-harimu. 

 

4. Bekerja dulu, baru kuliah

Tidak masalah kok kalau kamu memutuskan untuk bekerja 1-2 tahun sebelum melanjutkan kuliah. Namun ingat, tujuan utamamu bekerja adalah untuk melanjutkan S2 dengan biaya sendiri. 

 

Jangan biasakan untuk memiliki gaya hidup konsumtif ya. Alokasikan nominal tertentu untuk ditabung supaya melanjutkan studi S2 bukan angan-angan lagi.

 

5. Bekerja freelance untuk menunjang biaya kuliah

Zaman sudah maju, walaupun kamu kuliah di luar kota atau luar negeri, kamu bisa mencari pekerjaan yang bersifat freelance

 

Jika kamu jeli, banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia dan bisa dikerjakan di waktu luang sehingga tidak mengganggu kuliahmu. Selamat mencari pekerjaan sampingan!

 

Kamu sudah bisa mendapatkan tambahan dana untuk biaya kuliah? Awas boncos terus, kamu bisa simpan uang kamu di Senyumku, ada suku bunga yang menarik loh! Cek saja di sini.

 

6. Perhatikan buku yang kamu beli 

Sebaiknya hindari membeli buku yang dijual langsung di toko buku kampus, karena biasanya harganya lebih mahal.

 

Coba cek ke perpustakaan atau cek apakah kamu bisa mengakses bukunya secara online terlebih dahulu sebelum membelinya. Kamu juga dapat meminjam buku dari alumni di jurusan yang sama, mereka pasti akan senang membantumu!  

 

Artikel terkait: Masuk Semester Baru, Begini Cara Persiapkan Biaya untuk Kebutuhan Pendidikan

 

7. Batasi pengeluaran makanan dan bersenang-senang

Tanpa disadari, biasanya makanan adalah salah satu sumber pengeluaran terbesar. Agar dapat kuliah S2 dengan biaya sendiri, kamu harus belajar untuk membatasi pengeluaran dari sekarang. 

 

Cobalah beli bahan-bahan dan masak di rumah atau kosan, dengan begitu kamu tidak akan terlalu sering makan di restoran atau membeli makanan secara online

 

8. Buat rekening terpisah untuk tabungan S2

Nah, setelah kamu belajar berhemat, jangan lupa untuk membuat rekening terpisah untuk menabung. Kamu bisa memisahkan beberapa persen dari gaji bulanan dan penghasilan dari pekerjaan sampinganmu di satu tabungan. Dengan begini kamu jadi lebih fokus dalam menyimpan uang untuk kuliah S2.

 

 

9. Usahakan lulus tepat waktu

Ingatlah kembali, kamu memakai uang pribadi untuk membayar kuliah S2. Kamu pasti tidak mau kan, kalau pengeluaranmu membengkak karena terlambat lulus? Kamu akan rugi waktu, dan juga finansial. Semangat belajar agar cepat lulus, ya! 

 

Artikel terkait: Biaya Les Online Tidak Murah, Penuhi dengan Cara Ini

 

10. Ajukan pinjaman 

Sudah memilih kampus yang jurusannya sesuai keinginanmu? Berbagai cara sudah kamu tempuh namun ternyata belum membuahkan hasil? Kamu bisa mencoba mengajukan pinjaman

 

Jika kamu membutuhkan dana cepat dengan prosedur yang tidak ribet, kamu bisa mengajukan pinjaman melalui Tunaiku. Lewat aplikasi Tunaiku, kamu dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan. Hanya dengan KTP, kamu akan mendapatkan kredit tanpa agunan hingga Rp20.000.000!

 

Tidak perlu khawatir, Tunaiku juga terjamin keamanannya, karena fintech ini merupakan produk dari Amar Bank yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sejak 2014.

 

Melalui Tunaiku, impianmu untuk bisa melanjutkan studi S2 bisa tercapai! Pilihlah pinjaman yang memiliki tenor dan bunga sesuai dengan kebutuhanmu. Yuk, ajukan pinjaman melalui aplikasi Tunaiku supaya kamu bisa S2 dengan biaya sendiri!

 

Wujudkan impianmu untuk melanjutkan studi S2. Mulai lah rajin menabung di Senyumku untuk persiapan pendidikanmu. Cek selengkapnya di sini.