Beranda > Karier Sukses > Yuk, Kenalan dengan Tokoh yang Sukses Meniti Karir di luar Jalur Studi

Yuk, Kenalan dengan Tokoh yang Sukses Meniti Karir di luar Jalur Studi

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Yuk, Kenalan dengan Tokoh yang Sukses Meniti Karir di luar Jalur Studiwatermark

TUNAIKU.COM – Meniti karir memang susah – susah gampang. Ada yang berhasil sukses menjalani karir sesuai passion dan minatnya ada juga yang malah sukses diluar bidang yang dipelajarinya. Sebenarnya sukses nggaknya saat meniti karir tergantung diri kita sendiri. Apakah bisa bersaingan di dunia kerja yang penuh tuntutan ini dan juga bisa terus mengembangkan kemampuan – kemampuan hard skill maupun soft skill agar nggak tergerus dalam persaingan.

Beberapa orang yang sukses berkarir di luar bidangnya seringkali menjadi inspirasi banyak orang untuk terus bertumbuh dan berkembang seperti dirinya termasuk 3 tokoh inspiratif yang dihadirkan oleh My America Surabaya dan TEDx ini.

Ketiganya diundang sebagai narasumber untuk memberikan inspirasi kisah sukses mereka berkarir diluar background dan bidang yang mereka pelajari. Nah, siapa sajakah tokoh tersebut dan bagaimana kisah ketiganya? Berikut ulasannya.

1. Edwin Yanee (TFG)

Tokoh yang satu ini adalah Edwin Yanee yaitu owner dari TFG atau Taylor Fine Goods. TFG sendiri adalah platform yang menjual aksesoris dan tas – tas dengan desain yang menarik dan bahan yang berkualitas. Edwin sendiri nggak punya background pebisnis. Pada mulanya ia adalah seorang lulusan desain interior yang memiliki hobi fotografi. Lalu ia kemudian memulai bisnis fotografi selama kurang lebih 6 tahun. Sayangnya dulu, fotografi belum setrend saat ini sehingga cukup kesulitan untuk bertahan dalam bisnis fotografi tersebut.

Setelah minat bisnis fotografinya menurun Edwin beralih ke bisnis aksesoris fotografi seperti tali dan tas kamera. Awalnya ia merasakan sulitnya mendapatkan aksesoris fotografi yang bagus namun dengan harga yang murah sehingga ia berpikir untuk membuat brandnya sendiri.

Meski di tahun pertama ia kurang berhasil karena gagal menjual satu produkpun, kemudian di tahun berikutnya TFG mulai dikenal pasar dan hingga kini menjadi brand tas yang cukup diminati masyarakat.

 

Artikel Terkait: Tips Sukse Berbisnis Kuliner

  1. Tertarik Usaha Kuliner, Ini 6 Cara Jitu Memulainya
  2. 7 Kesalahan dalam Bisnis Kuliner Ini Bisa Bikin Usaha Bangkrut
  3. Perjalanan Sukses Diah Arvianti, Pemilik Brand Diah Cookies Terkenal di Surabaya

2. Raka Bagus Founder Mie Gluten Free

Selain Edwin sosok yang satu ini juga berkarir di luar dari bidangnya. Yaitu Raka Bagus owner dari Mie Gluten Free. Meski ia dulunya belajar di Fakultas Hukum di Muenster ia juga menekuni dunia bisnis desain grafis hingga akhirnya memilih bisnis kuliner seperti sekarang ini. Saat memulai bisnis pertamanya ia mengajak teman – temannya untuk bersama – sama membuat bisnis creative agency sayangnya harus kandas di tengah jalan karena satu dan lain hal.

Kemudian setelah gagal dengan bisnis pertamanya ia mendapat inspirasi dari Jerman negara tempat ia menuntut ilmu. Jerman memang terkenal dengan panganannya yang kaya akan gizi dan nutrisi. Lalu ia pun berinisiatif membuat makanan yang bisa meningkatkan nilai bahan dasarnya namun tetap menghasilkan produk panganan yang kaya nutrisi dan gizi.

Tercetuslah bisnis Ladang Lima yang berhasil menggantikan bahan dasar makanan dari tepung terigu menjadi tepung singkong. Beberapa produk Ladang Lima yang cukup terkenal adalah Mie Gluten Free yang nggak hanya sehat namun juga lezat.

CTABARU4

Mobile Site CTA

3. Teofilus Hartono Co – Founder Mr. Suprek

Berkarir diluar bidang yang dipelajari sebelumnya juga dialami oleh Teo seorang co – founder Mr Suprek. Sebagai seorang lulusan Teknik Mesin Universitas Gajah Mada (UGM) Teo bermimpi dapat bekerja di Perusahaan Schlumberger Uni Emirat Arab.

Meski telah berhasil bekerja di perusahaan impiannya, Teo dianggap kurang berpengalaman sehingga harus dikuliahkan kembali oleh perusahaan. Setelah lulus Teo kemudian bekerja di Qatar lalu dipindah ke Australia hingga akhirnya mendapatkan PHK di tahun 2016.

Sepulang dari Schlumberger, Teo kemudian bergabung dengan MR Suprek yang sudah berdiri sejak 2015. Sayanganya Mr Suprek yang saat itu sudah memiliki 2 cabang kurang mendapat hati tempat di hari masyarakat dengan bukti penjualan yang nggak memenuhi target. Dari kurang lakunya Mr Suprek itu kemudian Teo mulai melakukan banyajk promosi dari promosi online hingga ikut di beberapa pameran. Kini, moto dari Mr Suprek sendiri bisa sejajar dengan resaturant cepat saji seperti MCD dan KFC di tahun 2025.

 

Artikel terkait: Sukses Sesuai Passion, Ikuti Tips Berikut

  1. 5 Tips Sukses A la Rene Suhardono, Yuk Intip dan Buktikan!
  2. 6 Karakter Ini Dapat Membuatmu Sukses dalam Berinvestasi, Apa Saja?
  3. Seringlah Bergaul dengan Jenis Orang Seperti Ini Kalau Mau Sukses

 

Nah itu dia kisah sukses 3 sosok yang berkarir diluar bidangnya. Meskipun becakground pendidikan dan minat mereka sangat berbeda dengan bisnis yang sedang mereka jalani kini, ketiganya membuktikan kalau sukses berkaris bisa dari mana saja.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett