SWARA – Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, segala sesuatunya sudah mulai beralih pada digitalisasi. Hampir setiap peranan menggunakan teknologi. Mau transfer uang, belajar, bertransaksi, segalanya sudah menggunakan kemampuan digital. Bahkan, dalam berbisnis pun sudah menggunakan teknologi digital.

 

Artikel Terkait: Ingin Memulai Usaha? Baca Ini!

  1. Ramalan, 5 Shio Paling Hoki Memulai Bisnis di Tahun Babi Tanah
  2. 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online
  3. 7 Cara Memulai Bisnis Sendiri Menurut Para Ahli

 

Untuk itu, sudah saatnya kamu menggunakan teknologi digital dalam menjalankan bisnis. Agar bisnismu sukses, tentu ada kiat jitu dalam menggunakan teknologi. Kebetulan beberapa hari ini saya membaca artikel di moneysmart.id. Nah, coba ikuti cara menggunakan tekologi di era digital agar bisnismu sukses.

 

1. Memanfatkan kecanggihan teknologi

Era digital ditandai dengan adanya teknologi yang semakin canggih. Sangat sia-sia jika nggak kamu manfaatkan dengan baik untuk berbisnis. Pasalnya, para kompetitor sudah menggunakan teknologi untuk mempermudahkan bisnisnya. Kalau kamu belum menggunakannya, ibarat bayi, kompetitor sudah berlari tapi kamu masih berlatih merangkak.

 

2. Berikan pelayanan terbaik

Keberadaan digital dalam bisnis bisa mempermudah dalam memberikan pelayanan. Sebagai contoh, perusahaan start up yang bergerak dalam bidang e-commerce. Dalam memberikan respons terhadap calon pembeli, mereka jadi lebih cepat dan mudah. Jarak dengan pembeli pun seakan nggak ada lagi.

 

3. Gunakan aplikasi untuk mempermudah bisnismu

Ada banyak aplikasi yang ada dan bisa menunjang bisnismu. Kalaupun aplikasi yang ada di Playstore belum ada yang bisa mendukungmu, kamu bisa membayar orang yang ahli dalam bidangnya untuk membuatkannya. Sebagai contoh, dalam melakukan pengajuan pinjaman, Tunaiku menggunakan aplikasi Tunaiku.

 

Artikel Terkait: Kelebihan yang Dimiliki Tunaiku

  1. 5 Tahap Cara Pengajuan Pinjaman di Tunaiku
  2. Bagaimana Syarat Top Up Tunaiku, Sih?
  3. Sederhana dan Praktis, Tunaiku Tawarkan Pinjaman dan Hanya Bermodalkan KTP, Bagaimana?

 

4. Manfaatkan media sosial

Menurut saya, media sosial sangatlah wajib kamu gunakan jika ingin menjamah pasar lebih luas. Kamu bisa menggunakan Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Pemasaran di media sosial sendiri murah bakan nggak dikenakan biaya. Sangat rugi bukan bila nggak dimanfaatkan, kan?

 

5. Gunakan digital marketing

Kamu juga bisa memanfaatkan digital marketing dalam memasarkan bisnismu. Untuk itu, kamu bisa menyewa jasa agency dalam penggunaannya.

 

6. Mobile friendly

Namanya juga sudah era digital, ya. Kamu pun harus menggunakan tampilan mobile friendly dalam pemasaran bisnis. Hal ini bisa memancing perhatian dan minat orang lebih banyak.

 

7. Tunjukkan inovasi

Inovasi memang menjadi pembeda antara produkmu dengan kompeititor. Jangan melupakan poin ini. Berikan inovasi yang membuat orang lebih tertarik pada bisnismu. Selanjutnya, tunjukkan inovasimu menggunakan kecanggihan teknologi.

 

Itu dia beberapa tips agar bisnismu sukses. Bagaimana, sudah mulai tergerak memanfaatkan teknologi? Atau justru saat ini kamu sudah menggunakannya?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

Tunaiku