Beranda > Karier Sukses > 5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

PAULUS RISANGPaulus Risang
5 Hal yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Onlinewatermark

TUNAIKU.COM – Berbisnis adalah salah satu pilihan yang baik dalam perjalanan suksesmu. Tidak mudah memang, membangun sebuah bisnis, karena harus berani mengambil risiko dan mengikuti perkembangan zaman. Namun, asalkan kamu tekun dan update dengan ilmu-ilmu berbisnis, rasanya tak perlu takut untuk memulai bisnismu sekarang. Saat ini bisnis yang sedang melejit dan berkembang adalah bisnis online. Selain nggak perlu menyewa tempat, bisnis online juga lebih mudah menjangkau berbagai kalangan dengan luas.

 

Walau menjankalaun, tapi agar bisnismu bisa berjalan lebih lancar lagi, kamu harus tahu seluk-beluk dalam memulai bisnis online. Berikut ini, setidaknya ada lima hal yang harus kamu perhatikan sebelum memulai bisnis online.

 

1. Jual barang sesuai dengan target market

Buat kamu yang baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis, mungkin kamu belum tahu produk apa yang akan kamu jual. Ada dua pilihan yang bisa kamu jadikan alternatif untuk menentukan produk apa yang ingin kamu jual. Pertama, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan produk apa yang paling laris saat ini, atau kamu bisa mencarinya dengan bantuan fitur Google Analytics dengan mencari kata kunci apa yang banyak dicari orang untuk dibeli. Kamu bisa mencoba meriset melalui marketplace terkenal dengan cara mengurutkan produk apa yang paling laris dibeli. Setelah itu kamu bisa menjual produk tersebut dengan memberikan sedikit perbedaan unik agar produkmu bisa lebih diperhatikan oleh calon pembeli.

 

Kamu nggak perlu gengsi kalau ternyata produk kecantikan adalah produk yang tepat dijual, meskipun kamu adalah laki-laki. Bisnis bukan tentang gengsi, tetapi bagaimana produkmu bisa laku dan mendapatkan banyak keuntungan.

 

Alternatif kedua adalah kamu bisa menjual produk yang memang kamu sukai, misalnya kamu suka banget dengan sepatu maka menjual sepatu adalah pilihan yang tepat. Kamu menyukai sepatu, tentunya kamu sudah berpengalaman dan paham dengan berbagai jenis sepatu.

 

Artikel Terkait: Kiat Merintis Bisnis Online

  1. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan
  2. Bagi Ibu Rumah Tangga yang Ingin Mulai Bisnis Online Shop, Pahami 5 Hal Ini Dulu Ya!
  3. Pilih 5 Produk Ini Untuk Dijual Secara Online, Laku Keras dan Raup Banyak Keuntungan!

 

2. Produksi sendiri atau menjadi reseller?

Setelah mendapatkan produk yang ingin kamu jual, kamu bisa menentukan apakah kamu mampu memproduksi sendiri barang yang kamu ingin jual. Kalau belum mampu, sebaiknya kamu menjadi reseller terlebih dahulu. Kamu bisa membeli barang untuk dijadikan stock di rumah, atau kamu juga bisa memanfaatkan metode drop shipper. Metode drop shipper lebih mudah karena barang yang pelangganmu pesan langsung dikirimkan oleh penjual yang sudah bekerjasama denganmu, sehingga kamu nggak perlu mikirin stock barang dan gudang untuk menempatkan barangnya. Agar kamu tahu product knowledge barang yang ingin kamu dropship, sebaiknya kamu membeli dulu beberapa sample barang untuk dipelajari.

 

3. Persiapkan media untuk berjualan online

Ada banyak media atau platform yang bisa kamu gunakan untuk memasang barang dagangan kamu secara online. Salah satu yang paling efektif adalah website karena bisa menampung katalog produk dengan rapi dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap brand yang sedang dibangun. Selain itu, di website kamu nggak perlu repot mencatat orderan karena sudah ada fitur untuk pesan otomatis bagi pembeli.

 

Sosial media seperti Instagram dan Facebook juga efektif untuk meningkatkan brand awareness dan interaksi dengan calon pelanggan. Alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan adalah marketplace gratis seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

 

4. Konten merupakan hal yang paling penting

Dalam berbisnis online, kamu harus berlomba-lomba menarik perhatian calon pelanggan dengan konten yang menarik. Konten di sini bisa berupa foto produk yang menarik, gambar banner yang menarik, hingga copywriting yang membuat orang tertarik membeli produkmu yang ada di website, sosial media, atau marketplace.

 

Kamu bisa pelajari hal itu dan menerapkannya karena saat ini sudah banyak sekali aplikasi dan tools penunjang dalam menciptakan konten. Kalau kesulitan, jangan ragu untuk menyewa jasa atau membuka lowongan freelance untuk membantumu membuat konten yang menarik.

 

Artikel Terkait: Pinjaman Online untuk Modal Usaha

  1. Sederhana dan Praktis, Tunaiku Tawarkan Pinjaman dan Hanya Bermodalkan KTP, Bagaimana?
  2. 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Meminjam Uang Online dengan Modal KTP
  3. 5 Jenis Usaha yang Bisa Dapat Modal Tambahan Lewat Pinjaman Tunai Cepat Tanpa Survei

 

5. Jangan lupa untuk follow up pelanggan kamu

Bisnis online punya keterbatasan, yaitu nggak bisa bertatap muka langsung dengan pembeli sehingga ikatan batin antara penjual dan pembeli akan sangat kurang. Untuk menyiasatinya, kamu harus melakukan follow up ke calon pelanggan kamu, misalnya saat ada calon pelanggan yang baru bertanya-tanya tapi belum membeli produk, kamu bisa kembali menanyakan kepada calon pelanggan itu setelah beberapa saat untuk mengingatkannya kembali terhadap produkmu. Kamu juga wajib menjawab setiap chat atau komentar di sosial media bisnis yang menanyakan tentang produk, karena mereka bisa menjadi pelanggan setia dan memutuskan untuk membeli produkmu karena keramahan dan respon yang baik.

 

Tunaiku

Tunaiku

 

Kamu bisa memberikan kejutan seperti ucapan ulang tahun atau hadiah kecil kepada pelanggan setia. Meski nilainya kecil, tapi akan sangat berpengaruh terhadap bisnis barumu karena pelanggan itu akan merasa sangat dihargai dan akan selalu membeli produk di tempatmu tanpa pikir panjang.

 

Itulah lima hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun bisnis online. Semoga bisnis online kamu lancar ya!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett